Sabtu, 27 Februari 2021

KH. MIDHANSYAH

 

Tuan Guru KH. Midhansyah adalah salah seorang ulama dari Alabio, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Diantara kalam beliau:

“Allah Subhanahu wa ta’ala itu memilih seorang wali-Nya atau sebagai wali Allah itu adalah orang yang dikehendaki oleh Allah. Dan para wali-wali Allah itu ada yang masyhur dan ada yang mastur. Artinya ada yang dikenal dan ada yang tidak dikenal. Kenapa ada wali-wali Allah yang tidak dikenal? (adalah) agar kita berhati-hati, hendaklah kita kepada siapapun harus Husnu dzan, sangka baik. Kalau-kalau seseorang itu adalah wali, karena wali itu ada yang diketahui dan ada yang kada diketahui oleh kita”.

“Para wali-wali Allah itu adalah membawa, memakai, mengamalkan ilmu-ilmu rahasia. Orang menghampirkan diri kepda Allah itu adalah daripada-Nya kepada-Nya, artinya dari Allah jua kepada Allah. Bertaqarrub, berhampir kepada Allah adalah daripada Allah jua, karena kita kada kawa bahampir lawan Allah kalau tidak daripada (karena) Allah jua”.

“Para wali-wali Allah itu adalah membawa, memakai, mengamalkan ilmu rahasia ketuhanan. Artinya ilmu keimanan kepada Allah. (dimana) kita ini baiman sabarataan sudah lawan Allah, cuman kebanyakkan masih baiman lawan nama, baiman lawan ngaran. Allah itu adalah isim tafdhil, nama kemuliaan, nama keagungan. Jadi kalau Allah itu nama, tapi mustahil nama itu kadada nang ampun nama. Mustahil. Jadi setiap nama itu psti ada nang ampun nama. Kita sudah salawasan baiman lawan ngaran kalau kada kita pelajari, kita tuntut. Inilah yang diisyaratkan dibawa oleh Nabi Shallallhu ‘alaihi wasallam ketika masih di Mekkah kurang lebih 13 tahun. (yaitu) hanya menanamkan keimanan, menanamkan ketauhidan, melepaskan daripada kesyirikan. Kita baiman lawan Allah, beriman dengan yang bernama Allah, berarti lepas kita dari syirik. Tapi kalau kita beriman dengan nama, beriman lawan ngaran haja, mungkin masih ada syirik khafi didalam bathin kita”.

“Kata Nabi : mula-mula agama itu mengenal Allah. Tidak dikatakan beragama kalau seseorang itu tidak kenal Allah, kada pinandu lawan Allah. Kalau kita beribadah kada pinandu lawan Allah, maka kada sah baibadah kalau kada kena lawan yang disembah. Allah yang mana ? (yaitu) Allah yang “Laisa kamitslihi syai’un”. Nang yang bernama Allah itu coba buka ayat al-Qur’an, nang bernama Allah itu terdapat didalam ayat Kursi. Diiisitu ada dipadahakan : “Allahu la ilaha illa huwal hayyul qayyum”, Allah ta’ala itu tidak ada Tuhan melainkan Dia yang hidup lagi berdiri sendiri. Dan inilah yang diisyaratkan dalam al-Qur’an : “wa fi anfusikum afala tubshiruun” (QS. Az Zariyat : 21), “dan didalam diri kamu itu apakah tidak kamu kenal, apakah kamu tidak pinandu?” (bahwa) nang hidup dalam diri kamu itu adalah Aku, jar Allah Ta’ala”.

“Ilmu yang paling dimuliakan oleh Allah adalah ilmu rahasia ketuhanan. Lihat hadits Nabi yang mengatakan : Innallaha la yandzuru ila suwarikum, wa la ila ahshabikum, wa lakin yandzuru ila qulubikum, Allah ta’ala kada memandang kepada jisim, kada memandang penampilan, kada memandang rupa (dsb), tetapi yang dipandang adalah hatimu, bathinmu. Nah jadi ilmu bathin ini yang paling mulia. Lihat kata Allah didalam al-Qur’an : “Wa lal akhiratu khairul laka minal ulaa” , akhirat lebih mulia daripada duni, maksudnya bathin lebih baik dari zahir. Jadi kada sempurna yang zahir apabila tidak mengetahui yang bathin”.

“Andakannya syariat didalam batang tubuh. Nang digawi batang tubuh ini namanya syari’at. Ada yang mengatakan syariat itu ya sembahyang. Sembahyang itu gawian syariat, gawian batang tubuh. Thariqat itu pang? Thariqat itu andakannya dihati. Hakikat andakannya pada Allah. Ma’rifat andakannya pada sirr, pada rahasia diri kita. Jadi amun kaya itu, asalnya daripada sirr batampai banyata pada roh, bazahir kepada hati, bazahir kepada batang tubuh lalu batamu dengan nang digawi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar