Minggu, 30 Juli 2017

Syekh KH AHMAD MARZUKI bin H.SULAIMAN



Syekh KH. Ahmad Marzuki bin H. Sulaiman Wali al-Banjari, lahir tahun 1907 di Desa Cakru Panangkalaan, Amuntai. Berlatar belakang pendidikan dunia pesantren, yaitu Pondok Pesantren “Rasyidiyah” Amuntai. Beliau sempat pula menimba ilmu di tanah suci Mekkah al-Mukarramah.


Sepulang dari belajar di Mekkah beliau hijrah ke Desa Handil Malang Tambak Sirang Baru Gambut pada sekitar September 1965.
Beliau adalah juriat keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, dengan silsilah sebagai berikut : Syekh KH. Ahmad Marzuki bin Syekh H. Sulaiman Wali bin Syekh H. Muhammad Nasir (Taniran) bin Syekh H. Muhammad Thaib (Datu Taniran) bin Syekh H. Muhammad As’ad bin Hj. Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.
Di daerah Handil Malang beliau tidak membuka majelis secara tetap, namun tetap membuka diri untuk masyarakat yang ingin belajar agama terutama ilmu tauhid. Beliau berpulang kerahmatullah pada malam selasa, 21 Septeember 1997 M 1997 M (bertepatan dengan 18 Jumadil Akhir 1418 H). Makam beliau di Handil Malang Kabupaten Banjar.

2 komentar: