Jumat, 01 September 2017

ABDURRAHMAN SHIDDIQ (WALI KADAP)




Abdurrahman Shiddiq (Wali Kadap) pada masanya dikenal sebagai seorang yang mempunyai ilmu ma’rifat. Guru utama beliau adalah KH. Muhammad Nur Tangkisung, Kabupaten Tanah Laut. Diceritakan bahwasanya dalam pengembaraan beliau mengaji ilmu, beliau bertolak menimba ilmu dari Jingah Rabit, Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara ke Tangkisong, Kabupaten Tanah Laut yang berjarak tidak kurang dari 250 km dengan hanya menggunakan sepeda, tetapi beliau selalu datang tepat sebelum pengajian dimulai.

Beliau mempunyai istri yang bernama Syarifah Aminah Bahasyim. Banyak orang yang berguru kepada beliau, tidak saja dari wilayah lingkungan sekitar, tapi ada juga dari daerah lain termasuk dari pulau jawa.

Berpulang ke rahmatullah pada tahun  2009 M (1430 H). Makam beliau terletak di muka rumah beliau sendiri, yaitu di daerah Pasar Selasa Desa Jingah Rabit, Alabio, Amuntai, Kalimantan Selatan.


Diantara kalam beliau:

“A’udzu billahiminasy syaithannir rajim, Bismillahir rahmaanir rahiim/ Said Datu Adam asal mulanya menimbulkan umat dalam dunia/ gentian 2 Idris namanya, Adam terbekal manusianya/ yang ke 3 juga Nuh ngarannya,  4 Hud  5 Shaleh ngarannya/ 6 Ibrahim menimbul makkah dalam dunia, zariyah melahirkan anak Ismail ngarannya, diadat qurban setiap tahun dalam dunia/ 7 luth gantinya 8 Ismail iritannya/  9 Ishaq rasanya 10 Ya’qub sama petir suaranya/ 11 Yusuf paling bungas dalam dunia, menjadi pangeran diri asalnya/12 Ayyub korengan (penyakitan) jua asalnya, 13 syu’aib jangan salah hitungannya/ 14 Musa memusuhi labatnya, 15 harun galut jua ummatnya/16 Zulkifli belum banyak ummatnya, 17 Daud paling harat mangaji dalam dunia, sekalian burung mehadiri hebat pandangarnya/ 18 Sulaiman paling sugih dalam dunia, kita sugih sakit Alhamdulillah jua rasanya/19 Ilyas paling hebat kelahinya, bagalasak kada karuan dua benua/ 21Yunus sambil basuk ummatnya, 22 Zakaria mati bagayat dikayu asalnya/23 Yahya sekalian Nabi yang  ……/24 Isa sembahyang 50 waktu lewat biasa menurut riwayat sezaman Nabi Isa/25 Muhammad supaya ingat dunia selamat akhirat selamat// La ilaha illallah Muhammadar Rasulullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar