Minggu, 26 Mei 2019

Ustadz H. AHMAD SARBINI, Lc



Ustadz H. Ahmad Sarbini, Lc., bin Abdul Basit. Lahir di Amuntai, 7 Maret 1989 M (bertepatan dengan 29 Rajab 1409 H) adalah alumni Fakultas Syari’ah Islamiyah pada Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir. Sekarang menjadi pendidik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai.

Diantara kalam beliau:

“Ada beberapa tempat dalam shalat yang kita sangat dianjurkan untuk berdo’a. Pertama, setelah takbiratul ihram. Do’a napa nang kit abaca yaitu do’a iftitah. Kedua, jika melewati atau membaca ayat yang memngandung rahmat. Do’anya : Allahumma inni as’aluka rahmatan  min ‘indik. (atau) dalam hati boleh jua : Ya Allah, limpahkanlah kepadaku rahmat yang ada di dalam ayat ini/ ini. Seperti ketika dibacakan ayat yang mengandung do’a (Rabbana hablana….) maka paling kada mengucap amin. Ketiga, yaitu ketika kita melewati ayat yang mengandung azab. Maka kita harus berlindung kepada Allah dengan do’a ini : Allahumma inni ‘audzubika min adzabi, (atau) Ya Allah, hindarkanlah aku, peliharalah aku, jauhkanlah aku dari azab yang ada di ayat ini/itu. Keempat, ketika ruku’. Kelima, ketika I’tidal. Keenam, ketika sujud. Ketujuh ketika duduk antara 2 sujud, dan kedelapan yaitu tasyahud akhir. Jadi di 8 tempat ini kita dianjurkan untuk berdo’a”.

“Kenapa Nabi itu melajari kita dan juga sidin mendahulukan berlindung dari azab Jahannam ? Kada azab kubur nang didahuluakan,  kada fitnah atau ujian hidup dan mati yang didahuluakan, kada fitnah Dajjal. Tetapi yang didahulukan nabi adalah azab Jahannam, karena azab jahannam adalah merupakan puncak kebinasaan yang tidak ada kebinasaan yang lebih besar darinya”.

“Hidup ini sabarataannya adalah ujian. Nang nyaman ujian, nang pahit ujian, nang banyak baduit ujian, nang kada panduitan ujian jua, nang sehat ujian, nang garing ujian, nang tuha ujian, nang anum ujian. Karena demikian sudah tersebut dalam al-Qur’an : “dan akan Kami uji kalian baik dengan kebaikan ataupun keburukan”. Jadi tagantung kita ja lagi basikap. Bilanya nyaman di dunia ini kita bawa bersyukur, apabilanya pahit dibawa bersabar. Kartena kaya itulah jalan-jalannya hidup. Mun kita kada basabar, iya nang kaya ini jua kaadaannya, malah kada jadi pahala akhirnya”

“Diantara amalan untuk kita mati tu diharapakan dalam keadaan husnul khatimah, nang paling utama adalah dengan menjaga sembahyang 5 waktu. Ini amalan nang paling harat. Kemudian, dengan melazimkan membaca : Ya hayyu ya Qayyum, la ilaha ila anta. Antara azan subuh dan iqamat sebanyak 40 kali. Kemudian amalan lainnya adalah dengan membaca wirid Hifdzul Iman”.

“Banyak sebab-sebab yang menjadikan bibinian itu dimasukkan ke dalam neraka. Kebanyakkan penghuni neraka tu adalah memang daripada kaum wanita. Kenapa ? Jar Nabi karena kufurnya mereka (wanita) kepada Allah. Napa waahai Rasulullah? Dijawab oleh Nabi : mereka itu  kufur, tidak berterima kasih terhadap nikmat mendapatkan suami/laki. Jadi bu ai : mendapatkan laki tu suatu nikmat dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Dibandingkan dengan bibinian nang kada sing lakian. Jadi bagi bibinian nang sudah ba isian laki, syukuri baisian laki apapun keadaannya. Na’udzubillah, ini ada bibinian nang baucap : “Aku manyasal banar kawin lawan abahnya nang ada nih, napa hidup sakit nang kaya ini tarun, kadada perkembangan. Nyaman kawin lawan mantanku nang dahulu ha, sugih inya wayahini baisian motor rumah sing ganalan”. Maka ucapan nang kaya ini adalah kufur, kada mensyukuri lawan nikmat lakinya nang wayahini. Dan juga, mereka kufur terhadap kebaikan yang diberikan oleh suami”.

“Salah satu tanda keikhlasan dan ketawadhu’ an seseorang kepada Allah adalah (mau) mengucapkan salam kepada orang yang tidak (belum) dikenal”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar