Rabu, 22 Mei 2019

Ustadz GAZALI RAHMAN




Ustadz Gazali Rahman adalah Da’i muda tinggal di Desa Palampitan Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Diantara kalam beliau:

“Setiap rukun Islam, seperti sembahyang, puasa, zakat itu semua berhubungan dengan ilmu fiqih. Kemudian, barangsiapa mengerjakan puasa dengan “imaanan” mempunyai iman, dan iman ini berhubungan dengan tauhid. Serta “wahtisaban” yaitu ikhlas semata-mata karena Allah, dan ikhlas ini bidang tasawuf. Jadi apabila orang ba amal, apa-apa saja seperti sembahyang kah, puasakah, naik hajikah, bananapakah bila nang 3 ini ada (ilmu fiqihnya, tauhidnya dan tasawuf) maka amal itu akan diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan amal itu akan diberikan ganjaran pahala oleh Allah Subhanahu wa ta’ala”

“Arti “Sunnat” itu dalam ilmu fiqih ialah bila mengerjakan diberi pahala, bila tidak dikerjakan tidak dikenai dosa. Cuma jangan difahami inggan (samapai) disitu haja. Napa jar : amun digawi bapahala, kada digawi kada jua badosa. Bila inggan situ haja mamahaminya kaena koler manggawi nang sunnat

“Apapun gawian yang sunnat itu datangnya dari Nabi kita. Jadi kalau seseorang yang ingin “mutaba’ah” (mengikuti) lawan Nabi seyogianya jangan sampai meninggalkan yang sunnat apalagi sampai meremehkan. Orang yang suka meremehkan gawian nang sunnat, akibatnya kaena pacang maninggalkan yang wajib”

“Yang paling rendah martabat iman adalah iman taqlid. Apa itu iman taqlid, yaitu kita mendengar khabar, mendengar cerita dari kitab, dari guru-guru kita bahwa anu itu mempunyai sifat kaya ini kaya ini, lalu kita yakin bahwa Tuhan itu ada, ada dijelaskan dalam kitab-kitab kita yang dijelaskan oleh guru kita orang-orang bahari itu, maka kita percaya dengan dalil-dalil yang dipaparkan tersebut, maka berimanlah kita, Cuma iman kita umpat di kitab karena kabar dari ulama. Hal seperti inipun sudah termasuk beriman Cuma kurang sempurna, Cuma itu lepas sudah kita dari kada beriman, karena kita sudah taqlid, sudah percaya, sudah ikut kepada ulama-ulama kita yang menuliskannya dalam kitab-kitab tauhid”

“Bila ada orang mamandir, “kita jika mati 2 jar nang pacang dibawa”. Sakalinya napa, amal baik lawan amal jahat, jar. Iya am sudah. Orang amal jahat tu janagan di bawa, amal jahat tu tinggal ja di dunia ini (dibawa bertobat, pen), amun mambawa amal jahat ka mati, iya itu nang dipukuli malaikat (mendapat azab). Jadi amal jahat tu janagan dibawa, nang dibawa tu amal shaleh”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar