Senin, 30 Oktober 2023

Guru H. Hasbullah



Guru H. Hasbullah adalah Pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah “Darul Hikmah” Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Diantara kalam beliau:

“Barangsiapa yang gembira, senang, suka dengan datangnya Ramadhan, maka Allah haramkan akan awaknya (dirinya) daripada api neraka. Inilah hadits yang berkaitan dengan kelebihan bulan suci ramadhan. Kita yang senang, kita yang suka, kita yang gembira dengan datangnya bulan Ramadhan maka Allah berikan kelebihan bagi diri kita yaitu dilepaskan, diselamatkan dari api neraka. Senang disini maksudnya adalah senangnya kita (ada kesempatan dapat) meningkatkan amal ibadah di bulan ramadhan, gembira kita (punya kesempatan dapat) meningkatkan, melebihkan urusan ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala”.

“Yang ngarannya wali itu mereka tidak pernah takut, dan tidak pernah mereka berduka cita. Itulah tanda-tanda seorang wali, yang pertama, mereka tidak pernah takut pada apapun, kedua, dan tidak pernah mereka sedih terhadap apapun. Jadi orang wali tu dua, pertama, tidak pernah takut, kedua, hatinya kada gelisah dan sedih”.

“Rasulullah mengatakan yang ngarannya wali itu cirinya 2 (dua), yaitu Allah kada menciptakan seorang wali itu kecuali di awaknya (pada dirinya) itu ada 2, yaitu baik suaranya, (dimana) orang wali-wali itu baik-baik suaranya; kedua, seorang wali itu secara zahir orangnya bungas rupanya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar