Senin, 10 April 2017

SYEKH KH. MUHAMMAD KHALID

Syekh Muhammad Chalid bin Abdurrahman  adalah orang tua dari KH. Hamdan Khalid.  Beliau lahir di Desa Padang Basar, Kecamatan Amuntai Utara diperkirakan lahir tahun tahun 1858 M (1276 H).

Syekh Muhammad Chalid adalah seorang ulama besar dan pernah mengajar di Masjidil Haram selama 12 tahun. Sebelum berangkat ke mekkah untuk berkhidmat menuntut ilmu, masa remaja beliau pergunakan untuk berguru dengan beberapa ulama di Nagara (HSS), diantaranya dengan Tuan Guru Muhammad Said. Hampir sepuluh tahun beliau tinggal dan belajar agama di Nagara.

Pada sekitar tahun 1889 beliau berangkat ke Makkah al-Mukarramah untuk memperdalam ilmu agama. Masa antara tahun 1886 – 1889 beliau pulang ke Padang Basar dan mengajarkan ilmu yang telah didapatkan, dan pada tahun keberangkatan beliau ke tanah suci, beliau sempat membuka pengajian di Malaysia selama kurang lebih setengah tahun.

Di Tanah suci Mekkah beliau berguru dengan Sayyid Abbas al-Maliki, Sayyid Umar Syatha, Syaikh Zein al-Yamani, Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. Dan atas rujukan dari guru-guru beliau tersebut, mengusulkan kepada penguasa Mekkah pada masa itu, yaitu Syarif Husin untuk meminta beliau mengajar di Masjidil haram. Hal ini membuktikan bahwasanya tingkat keilmuan beliau cukup tinggi.

Pada sekitar tahun 1909 beliau pulang ke kampung halaman di Desa Padang Basar. Pada tahun yang sama, beliau kemudian menikah dengan seorang wanita di Desa Tangga Ulin. Di desa tangga ulin ini, beliau membuka majelis pengajian yang banyak dihadiri oleh masyarakat setempat dan luar kampung. Majelis pengajian tersebut berlangsung lebih dari 10 tahun.

Pada tahun 1920 beliau kembali pergi ke Makkah untuk berhaji bersama istri dan salah seorang anak lelaki beliau, yaitu Ahmad Makky. Mengetahui akan kedatangan, guru-guru beliau sewaktu di Makkah kembali meminta beliau untuk mengajar di Masjidil Haram. Hal tersebut berlangsung selama kurang lebih lima tahun (1920- 1925). Tahun 1925 beliau memutuskan untuk kembali ke kampung halaman istri di tangga ulin, karena pada masa itu terjadi situasi politik yang tidak kondusif di negeri Makkah.

Pada tahun 1932 kembali beliau membawa keluarga merantau keberbagai tempat di Indonesia seperti ke Kuala Tungkal Jambi (Sumatera), samarinda bahkan sampai ke malaysia. Dimana singgah beliau gunakan untuk mengembangkan dakwah. Sehingga beliau pernah mengajar di Istana Raja Perak, dan di istana Kesultanan Kutai Kertanegara. Petualangan dan ziarah dakwah beliau ketempat yang jauh terhenti ketika beliau memutuskan untuk kembali ke Amuntai pada tahun 1938, dan kembali membuka majelis pengajian yang sempat vakum.

 

Beliau ada meninggalkan beberapa risalah, diantaranya: “Risalah Tafrid al-Mutafarriqin” (1929 M), “Lubbah al-Kalimah al-Thayyibah” (1931 M) dan “Risalah ‘Aqidah al-Iman” (1934 M). Dalam ranah tasawuf  ada 2 risalah yang beliau karang, yaitu “Risalah Tafakkur” (1939 M) dan “Risalah Nur Min as-Sama’ (1940 M). Sedangkan dalam ranah fiqih, beliau ada menulis beberapa risalah, yaitu “Risalah Tanqiyyah an-Nuwah” (1931), “Risalah al-Faidhah al-Ilahiyah bagi Isqath ash-shalah” (tentang bahilah) tahun 1935 M dan Risalah haji, Risalah Lujnah al-Zahbiyah li Bara’ah al-Hadhiyah” (1939 M). 

Meninggal 11 Zulqaidah 1382 H (6 April 1963 M) dalam usia kurang lebih 105 tahun, makam beliau berada di Kubah Tangga Ulin Amuntai.



Diantara kalam beliau:

“Jaga-jagalah hakikat orang-orang awam kebanyakkan manusia hendaklah hendaklah di pertengahan, jangan terlalu tinggi menjadi bohong (sombong) dan jangan terlalu rendah menjadi dicela  jatuh syirik yang khafi”.

“Yang rendah atau bawahan waktu beramal berharap akan pahala dan takut akan siksa. Yang pertengahan yaitu menjunjung dan membesarkan suruhan Allah dan rasul serta berlepas daripada dayanya dan upanyanya. Yang di atas sama sekali tiada lain ingatan hatinya dan pandangan hanya memperbuat pada hakiki maka hanya yaitu Allah”. (Dipetik dari kitab ”Risalah Tafakkur” karangan  Muhammad Chalid, diterbitkan oleh H. Asy’ari Sulaiman tahun 1975 M/ 1395 H)

3 komentar: