Sabtu, 23 Juni 2018

KH. MUHAMMAD RAMLI (H. WALAD)


KH. Muhammad Ramli (H. Walad) merupakan anak dari Tuan Guru KH. Ahmad (Sungai Banar) dengan seorang Ibu berkebangsaan Turki. KH. Muhammad Ramli lahir di Mekkah. Tahun 1936 pulang ke tanah air dan menikah dengan seorang wanita di Birayang, yang kemudian melahirkan KH. Ahmad Makki.


Ada diceritakan bahwa awal keaktifan beliau dalam dunia dakwah bermula ketika ada seseorang minta diantar kesebuah kompleks pemakaman, yang kemudian diketahui adalah makam 9 orang syuhada. Sejak itulah dia berhenti menjadi sopir dan membulatkan tekad untuk mengaji agama.
Beliau pernah menjadi tentara dengan jabatan Kepala Departemen Kehakiman di markas Besar ALRI Devisi IV Pertahanan Kalimantan. Tapi tahun 1950 berhenti jadi tentara dan kemudian kembali aktif mengajar agama (dakwah) dari kampung ke kampung.
Dalam perjalanan pulang setelah berhaji, beliau meninggal di Surabaya dalam usia 80 tahun. Beliau dimakamkan disamping makam orang tuanya KH. Ahmad di Sungai Banar.
Sebelum meninggal beliau sempat menulis sebuah kitab/risalah yang berjudul “Aqaidul Iman” merupakan uraian singkat mengenai sifat 20.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar