Sabtu, 19 September 2020

KH. HASYIM bin H. JAHRI

 

KH. Hasyim bin H. Jahri, lahir di Desa Panyiuran, Amuntai, tahun 1915, Pendidikan dasar beliau belajar di madrasah yang ada di desa Panyiuran. Ketika remaja beliau mengaji duduk dengan beberapa tuan guru, diantaranya KH. Mayasin dari Desa pasungkan, Negara (HSS), dan KH. Abdul Wahab.

Setelah itu beliau memperdalam ilmu agama ke Mekkah al-Mukarramah. Diantara teman-teman seperjuangan yang juga belajar di Mekkah antara lain : KH. Basri Lampur (Alabio), KH. Mahfudz (Ponpes Ibnu Amin, Pamangkih), KH. Ahmad (pengarang kitab Tafshilul Mubtadi, Libaru Barabai), KH. Salman Mulia dan KH. Salman Jalil (Martapura), KH. Abdul Wahab (Tembilahan Riau).

Sepulang dari Mekkah, beliau aktif berdakwah dengan membuka majelis pengajian kitab-kitab secara halaqah . Kemudian tahun 1967 bersama dengan teman seperguruan sewaktu di Mekkah, yaitu KH. Ahmad Negara membuka majelis yang lebih besar, dimana santri yang datang ada dari daerah Alabio, Pamangkih, Kasarangan, Durian Gantang, Danau Panggang, Bitin, dan sebagainya.

Dalam keoarganisasian beliau oernah menjadi Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Hulu Sungai Utara. Beliau berpulang ke rahmatullah pada tahun 1974.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar