Sabtu, 19 September 2020

KH. MUHAMMAD SYAMSURI


KH. Muhammad Syamsuri bin H. Muhammad Saleh, lahir di Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Rabu, 17 Mei 1922 M (bertepatan dengan 20 Ramadhan 1340 H).

Pendidikan dasar yang pertama beliau timba di madrasah Ibtidaiyah di kampung halaman. Kemudian setelah dirasa cukup bekal/ dasar pendidikan keagamaan, pada tahun 1974 beliau diberangkatkan oleh orang tua ke Mekkah untuk belajar dengan ulama-ulama di Mesjidil Haram. Beliau menimba berbagai dimensi keilmuan tidak kurang dari lima tahun, hingga kembali ke tanah air pada tahun 1979.

Sekembali dari berguru langsung di pusat keilmuan Islam, beliau tetap semangat didalam muthala’ah kitab-kitab secara mandiri (autodidak). Hal tersebut beloau lakukan untuk menjadi bahan rujukan, penambah wawasan dalam melakukan dakwah.

Aktifitas keseharian beliau, disamping menjadi pedagang keliling adalah membuka majelis pengajian dibeberapa tempat, diantaranya di daerah kebun bunga, kelayan, jambu burung, dan lain-lain.

Berpulang ke rahmatullah pada hari Minggu,18 Juni 2000 M (bertepatan dengan 16 Rabiul Awwal 1421 H) di makamkan di Babirik, kabupaten Hulu Sungai Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar