Rabu, 07 Juni 2023

Guru SYAMSUDDIN

 


Guru Syamsuddin (Guru Teluk) adalah salah seorang da’i ilallah yang sekarang menjadi pendidik di Pondok Pesantren “Darul Aman” Desa Pajukungan, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Diantara kalam beliau:

“Andai kita hadir ditempat orang baca manaqib para wali, tetapi hati kita ragu (dengan) orang tersebut, apakah bujur wali-kah atau kada-kah sidin. Nah yang seperti ini kada mendapat rahmat Allah Ta’ala. (karena) syarat untuk mendapat barokah karamah wali itu, syaratnya, (yaitu)pertama, hati kita yakin, kedua, jangan i’tiraj dihati kita lawan gawian wali yersebut yang walaupun pada zahirnya (sang wali itu) ada melakukan sesuatu yang kada patut menurut syariat. Jangan diprotes. Mun (jika) handak takunakan (tanyakan) saja. Kenapa? Itu bisa memnutus barokah tadi”.

“Banyak kekasih-kekasih Allah itu maqamnya sudah mencapai “Baqa billah”. Apa itu “Baqa billah” ? Maqam baqa billah itu adalah maqamnya auliya Allah. Sedangkan dalamjenjang pelajaran tauhid ada pelajaran maqam Fana fillah dan maqam Baqa billah. Maqam Fana fillah itu kan Tuhan semata, yang seperti ini belum sempurna. Sedangkan yang sempurna adalah Baqa billah, (yaitu) ada makhluk. (sebab) Pada mulanya Allah sendirian, lalu kata Allah, Aku ingin dikenal bahwa Aku ini harat (Perkasa), maka Ku ciptakanlah makhluk. Maka awal makhlujk yang tercipta adalah “Nur Muhammad”. Jadi maqam Baqa Billah itu sempurna. Ada syariatnya ada hakikatnya. Adapun pada maqam fana fillah itu hanya semata Allah, Tuhan ha tarus”.

“Makna “qutub” dalam kewalian itu adalah “Man jama’a bainal ilmi wal ‘amali wal balwa”. Yaitu orang yang menghimpun antara ilmu, amal dan segala cobaan. Kan orang yang berpangkat Qutub itu ilmunya lengkap, amalnya juga lengkap, cobaan yang diberikan Tuhan juga lengkap. Serba lengkap. Adapun kita ini, ilmunya kurang, amalnya kurang, lalu rancak “kutup-kutupan”.

“Syariat itu adalah hukum-hukum Allah, aturan-aturan agama. Jadi ilmu semuanya. Jadi ilmu apa saja yang dipelajari nilainya syariat, (seperti) fiqih, tauhid, mantiq, balaghah dan napakah lagi (apa saja) itu syariat ngarannya. Kaena ilmu yang sudah kita fahami, kita yakini lalu kita pakai, kita amalkan, (maka) ma-amalakan ilmu tadi disebut “Thariqat” ngarannya. Tahu cara sembahyang, digawinya (dikerjakannya), tahu cara ini, digawi. Ini thariqat ngarannya. Sedangkan hakikatnya mana? Ketika kita ma-amalakan ilmu, seperti berdzikir, wiridan, ibadah dan lain-lain = ketika ba-ibadah ba-amal itu =  kita sadar bahwa diri kita ini “La haula wala quwwata illa billah”, kada kawa pang kita ini (dalam) ba-amal mun kada karena Allah. Jadi kawa (bisa) nya kita semata-mnata billah, dengan Allah. Ini hakikat. Hakikat itu artinya nang manggawi sabujurnya, yaitu Allah Ta’ala. Sedangkan kita ini ke- dzahiran-nya haja dari kenampakan gawian Tuhan, mun sabujurannya (hakikatnya) adalah gawian (pekerjaan) Allah Subhanahu wa ta’ala”.

“Istiqamah itu zahir manggawi ibadah, hatinya ma’rifat”.

“Apabila ingin mendapat ridha dari Allah, ingin sejahtera di hari kemudian nanti, maka hendaklah Rasulullah kita jadikan contoh teladan hidup kita sehari-hari”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar