Senin, 18 Desember 2023

KH. MUHAMMAD SALEH

 


KH. Muhammad Saleh bin KH. Abdussamad, lahir di Desa Murung Panti, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Perjalanan hidup beliau diantaranya adalah memperdalam ilmu agama di kota suci Makkah al-Mukarramah selama kurang lebih 16 tahun. Dimulai semenjak beliau pergi ke Mekkah bersama kakek beliau pada tahun 1902. Dan pada tahun 1918, saat masih berkecamuk perang dunia ke-2, dengan menumpang kapal Inggris beliau kembali ke tanah kelahiran.

Dengan bekal pengetahuan agama yang dimiliki, kemudian beliau mendakwahkan agama kepada masyarakat, terutama dalam pengajaran fiqih. Banyak para tuan guru yang berguru dengan beliau, diantaranya Tuan Guru H. Muslim (desa Rantau Bujur), KH. Muhammad Rasyid (desa Pajukungan) sering berkonsultasi dan bermudzakarah tentang berbagai permasalahan agama.

Dalam menjalani kehidupan, beliau berpedoman kepada dua prinsip, yaitu melakukan Kasybus syakhsiyah (berusaha kreatif) untuk dunia, dan ‘amalul istiqamah untuk kehidupan akhirat. Sehingga dengan itu, selain mengajar ilmu agama, beliau juga menjadi agen kitab, menjadi penyalur dari penerbit Maktabah albabi, Mesir, untuk disalurkan ke Nagara, Alabio, Kelua, Barabai, dan sebagainya.

Beliau berpulang kerahmatullah pada tahun 1956. Di antara keturunan beliau yang menjadi ulama besar di Banjarmasin, adalah cucu beliau sendiri yaitu KH. Abdussyukur al-Hamidy.

1 komentar: