Kamis, 02 November 2017

Drs.H. AHMAD BAHRUNI,M.AP




Drs. H. Ahmad  Bahruni, M.AP lahir di Amuntai, Minggu, 12 Agustus 1962 M (bertepatan dengan 11 Rabiul Awwal 1382 H). Pendidikan yang pernah di tempuh SDN “Garuda” Amuntai  (1975), MTs dan MAN di Banjarmasin, serta S-1 di IAIN Antasari Jurusan PPI (1989).
Beliau pernah menduduki jabatan sebagai Kasi Pekapontren kantor Kemenag Kabupaten Barito Selatan Propinsi Kalteng (2008),  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur Propinsi Kalteng (2008 – 2013), serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Propinsi Kalteng (2013 - 2018 ).

Diantara kalam beliau:

“Kita lebih baik membenahi hal-hal yang mendasar untuk kepentingan dan kesempurnaan ibadah terlebih dahulu, dari pada (memikirkan) terlalu jauh hal yang bukan porsi kita”.

“Ada 4 (empat) tiang agar ukhuwah Islamiyah tetap tegak dan kokoh. Pertama, ta’aruf yaitu rasa ingin mengenal orang lain dengan maksud memperbanyak persaudaraan. Kedua, ta’fahum yaitu saling memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketiga, ta’awun yaitu saling tolong menolong antar ummat beragama karena Allah. Keempat, takaful, yaitu saling bersatu dalam suka maupun duka serta bersama-sama menyelesaikan segala permasalahan dengan rasa kasih sayang dan saling menghargai pendapat yang berbeda”.

“Mewujudkan persaudaraan sesama ummat Islam dalam arti sebenar-benarnya merupakan kewajiban setiap muslim dimanapun dia berada. Setidaknya ada 5 (lima) hal yang harus kita lakukan, yaitu sesama ummat Islam harus menutup aib saudara seimannya, jangan malah membuaka aib dan saling mencari-cari kesalahan. Kemudian, saling memaafkan, berusaha melepaskan kesulitan sesama umat Islam, saling membantu dan tidak membiarkan saudaranya dalam kesusahan, serta kita harus berbaik sangka dan senantiasa mendo’akan kebaikan bagi saudara kita sesama muslim”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar