Senin, 10 April 2017

SYEKH MUHAMMAD INDRA bin ABDULLAH




Syaikh Indra Maulana atau Muhammad Indra bin Abdullah lahir di Sungai Banar,  Amuntai, 1892 M (1313 H). Beliau pernah berguru dengan Syaikh Ahmad bin Abdul Qadir (Sungai Banar, Amuntai) selama 29 tahun.  Tahun 1940 hijrah ke Anjir, dan setelah itu beliau juga berguru dengan ulama-ulama lain, terutama dengan syaikh Mufti Jamaluddin al-Banjari di Banjarmasin.
Syaikh Indra disamping mengajarkan ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, ilmu nahwu dan sharaf, beliau juga mengajarkan ilmu thariqah, terutama tarekat Syadzaliyah.


Ketawadhu’an dan kezuhudan, tergambar dalam kehidupan keseharian beliau, sebagaimana tersebut dalam manaqib :
(“Adapun Syaikh Muhammad Indra bin Abdullah itu, menurut dalam sepengetahuan kami, beliau itu adalah orang yang benar-benar ahli, tekun beribadah dan disiplin waktu. Apabila sampai waktu shalat maka setengah jam, atau paling lambat lima belas menit sebelumnya beliau sudah siap ditempat sujudnya. Sehingga tak pernah melalaikan waktu, walau bagaimanapun sibuknya semuanya akan ditinggalkan demi untuk menegakkan perintah Allah.
Dan beliau itu suka melazimkan shalat sunnah seperti shalat tarawih, shalat Isyraq, dhuha, shalat tahajud, dan amalan-amalan lainnya. Apabila selesai shalat maghrib beliau tidak akan berangkat dari tempat sujudnya sehingga sampai waktu Isya.
Dan apabila jam empat subuh, beliau sudah berada ditempat, berzikir menyebut kalimat LaIlaha Illallah. Sehingga sampai waktu subuh. Dan hampir setiap malam beliau selalu menangis pada waktu berzikir. Pernah ditanya oleh anak-anak dan istrinya. Mengapa sampiyan apabila berzikir selalu menangis ? Beliau menjawab, Aku sangat takut kepada Tuhanku.
Demikian ini sesuai dengan apa yang ia lakukan di dalam kehidupannya sehari-hari. Yakni beliau tak pernah melakukan pekerjaan yang tiada disukai oleh Allah. Sehingga yang makruhpun ia tinggalkan apalagi yang diharamkan. Beliau menangis apabila mendengar suara musik-musik seperti seruni, seruling, orkes dan sebagainya. Dan beliau tidak pernah memakai celana walaupun pergi kemana saja”.)

Beliau telah berpulang ke rahmatullah pada tahun 1996 M dalam usia kurang lebih 104 tahun.

Diantara kalam/ wasiat beliau:

“Wahai anakku, jangan engkau putuskan tali silaturrahmi. Dan jangan dibiarkan mereka mendapat kesusahan. Hendaknya saling tolong menolong sehingga rukun dan damai”. (dipetik dari “Risalah manaqib Syaikh Muhammad Indra” oleh al-Ustadz Muhammad Jamhur bin Muhammad Indra)

4 komentar:

  1. Syaikh Muhammad Indera lahir tahun 1313 Hijriah bertepatan 1892 Masehi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami mengutipnya berdasarkan Risalah Manaqib Syaikh Muhammad Indra yang dibuat oleh al-Ustadz Muhammad Jamhur bin Syaikh Muhammad Indra.
      Lihat https://www.kapuas.info/2012/11/risalah-manaqib-syaikh-muhammad-indra.html

      Hapus
  2. Harap dibenarkan tahun lahir nya beliau.
    Beliau wafat umur 104 tahun
    Lahir tahun 1892 wafat 1996.

    Kami selaku dzurriyah telah menelaah dan menghitung mempertimbangkan ternyata beliau lahir 1905 itu khotho'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Bila demikian keadaannya, penulis ruju' mengikuti pendapat/ data yang benar. Syukran.

      Hapus