Kamis, 22 Maret 2018

KH. GUSTI IMANSYAH (GURU MURAD)



KH. Gusti Imansyah (Guru Murad) bin Gusti Muhammad Dari, lahir di Desa Sungai Namang, kecamatan Danau Panggang, Amuntai, Rabu, 5 Juni 1929 M (bertepatan dengan 26 Zulhijjah 1347 H),


Semasa kecil menempuh pendidikan di Normal Islam Amuntai. Setelah itu mondok di Ponpes “Darussalam” Martapura (selama kurun waktu 1940 – 1950).
Di aantara guru-guru beliau sewaktu menimba ilmu di darussalam, adalah KH. Seman Mulia, KH. Anang Sya’rani Arief, KH. Husin Qadri, KH. Abdul kadir hasan, KH. Salim ma’ruf, dan lain-lain.
Selepas menimba ilmu di tahun 1950, beliau diberi kepercayaan untuk turut mengajar di Ponpes “Darussalam” tersebut sampai akhir hayat beliau.
Selama 25 tahun mengajar di Darussalam, banyak murid-murid beliau yang kemudian menjadi ulama dan tokoh masyarakat, diantaranya: KH. Muhammad Syukeri Unus dari Harus Amuntai (Pimpinan MT Sabilal Anwar dan MT al-Mubarak Martapura), KH. Jarkasi Nasri dari Amuntai (Pimpinan MT Hidayatus shibyan), KH. Ahmad Supian Alabio (Ketua Syuriah NU Kalimantan Selatan), KH. Asmuni/Guru Danau (Pengasuh  Ponpes “Darul Aman” Danau Panggang Amuntai, KH. Nurhan Gurdan (Sungai Namang Danau Panggang), KH. Zainuddin Astani (Danau Panggang), dll.
Di samping mengajar di pondok, beliau juga membuka pengajian di rumah beliau di kompleks Pasayangan, adapun yang diajarkan adalah Kitab “Nashaih ad-Diniyyah” dan “Tadzkirah al-Qurthuby”.  Beliau juga membuka majelis di langgat “At-Taubah”, serta pada tahun 1965-1970 mengisi majelis pengajian di Mesjid jami’ “al-Karomah” Martapura, menggantikan guru beliau KH. Husin Qadri (pengarang kitab “Senjata Mukmin”).
Terdapat beberapa kelebihan yang dianugerahkan Allah kepada beliau, yang disaksikan langsung oleh keluarga dan orang lain, diantaranya beliau diberi tahu oleh Allah mengenai seseorang yang hendak berbuat jahat seperti berdusta dan lainnya. Kedua, ketika hampir wafatnya beliau memberitahukan kepada keluarga mengenai hari dan jam kematian beliau. Ketiga, ada beberapa orang yang melihat kubur beliau mengeluarkan cahaya yang menerangi kuburan beliau dan kuburan lain didekatnya. Keempat, beliau adalah termasuk orang yang diberi anugerah bertemu danmelihat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam Yaghazatan wa manaman atau saat jaga (bangun) dan didalam tidur (mimpi). (Ponpes Hidayatullah Taman Hudaya. Blogspot.com)
Beliau berpulang ke rahmatullah pada hari Senin, 24 Muharram 1396 H atau bertepatan dengan tanggal 26 januari 1976 M (dalam usia 47 tahun), dimakamkan di Desa Pasayangan Berdekatan dengan makam kakek beliau Pangeran Abdurrahman bin Sultan Adam al-Watsiqubillah.


Diantara wasiat beliau:

1.     Rajin menuntut ilmu dan menghormati ulama baik yang muda maupun yang tua
2.     Mengamalkan membaca al-Qur’an setiap hari
3.     Mengamalkan puasa sunnah
4.     Membantu kaum fakir, miskin dan anak yatim
5.     Menghormati tamu
6.   Mendo’akan kebaikan kepada orang lain meskipun irang tersebut memusuhi kita
7.     Menyayangi anak kecil
8.     Menghubungkan tali silaturrahmi
9.     Mengamalkan bersedekah sesuai dengan kemampuan
10.    Mengisi waktu antara maghrib dan isya dengan dzikir dan amal shaleh lainnya.
(Dipetik dari Manaqib KH. Gusti Imansyah (Guru Murad), Ponpes Hidayatullah Taman Hudaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar