Senin, 10 April 2017

KH. MUHAMMAD QURTUBI bin KHALID



KH. Muhammad Qurtubi bin Khalid lahir di Desa Panyiuran, Amuntai tahun 1918 M (1337 H). Beliau menimba ilmu syari’at dan Hakikat terutama dari Syaikh Kasyful Anwar Firdaus asal Banua Hanyar Alabio (+/- 15 tahun). Guru-guru beliau lainnya dalam bidang balaghah, mantiq, tasawuf, tafsir dan hadits adalah KH. Abdul Hamid (Guru Tarus), Guru Jaferi, dan KH. Asmaran. Ilmu Nahwu, sharof, fikih dan tafsir beliau belajar kepada KH. Mansyur di Pasar Selasa. Sedangkan dengan KH. Muhammad Ardhi, KH. Gurdan, KH. Husen (ketiganya dari desa Ilir Mesjid) beliau belajar ilmu tauhid dan tasawuf.

Beliaulah yang pertama memperkenalkan Thariqah al-Junaidiyah al-Baghdadiyah secara utuh kepada masyarakat Indonesia dalam Mu’tamar Jama’ah Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah Indonesia tahun 2000 M, yang sebelumnya hanya diakui sebagai faham aliran tasawuf al-Junaidi saja.

Beliau banyak berjasa dalam pengembangan Thariqat al-Junaidi sehingga menjadi thariqat yang diakui. Akhirnya pada tahun 2000 (1377 H) thariqat ini diterima dan bergabung dengan al-Jam’iyah al ahli at thariqah al mu’tabarah an Nahdliyah Indonesia (Jatman) pada kongres ke IX di Kota Pekalongan Jawa Tengah tahun 2000 M (1377 H) dan terdaftar dengan nomor urut ke-45.

Pada tahun 1997 beliau hijrah ke Kota Palangkaraya untuk berdakwah dan mengembangkan thariqat al-Junaidiyah. Beliau meninggal pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2002 M atau 6 Rabiul Awwal 1423 H, dimakamkan di samping Pesantren “Tahfidzul Qur’an “ dan masjid ”Raudhatul Jannah” di Jalan Sorong, Kereng Bengkirai, Palangkaraya.

2 komentar:

  1. Yg Pengen Tau Guru Dari Guru Qurtubi Nih Bukan Nya Gw boong yah Jdi Guru Dari Guru Qurtubi Adalah Bapak Dari Papah Aku. Aku Bukan Nya Sombong Yah Atau Aku Bohong!.😊

    BalasHapus
  2. Artix kita sepupu 2 kali..aq cucu x almarhum kai masdar khalid... 085360502333 no wa aq

    BalasHapus