Jumat, 30 Maret 2018

KH. BASRUDDIN


KH. Basruddin lahir di Amuntai tahun 1934 M (1353 H), adalah seorang ulama yang mengasuh sekaligus mengajar di Majelis Taklim “Miftahus Salam”, Desa Mantarim Kecamatan Anjir Pasar, kabupaten Barito Kuala. Beliau berpendidikan SD Islam selama 3 tahun, setelah itu mengaji kitab kuning dengan beberapa ulama.
Beliau berguru dengan beberapa tuan guru, di antaranya dengan M. Ramli (Tafsir), H.M. Amri (Hadits), H. Thantawi Z dan HM Syarwani (Akhlaq), H. Abdul Ghaffar (Tasawuf), dll.
Tahun 1965 beliau mulai pindah ke Desa Sungai Muhur Kecamatan Anjir Pasar. Mengajar di SD Sungai Muhur (1968), dan menjai pembina di MI Sungai Muhur (1973). Kemudian baru tahun 1980, beliau pindah ke Desa mantarim dan membuka MT “Miftahus Salam”, dan juga memprakarsai berdirinya mesjid didesa tersebut.
Setelah pensiun tahun 1988, beliau kemudian lebih aktif mengisi pengajian di beberapa Majelis taklim, diantaranya di MT Miftahul Huda Desa Waringin, MT Riyadlus Shalihin di Handil Ubak, dan MT Tanbihul Ghafilin di Desa Sungai Muhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar