Kamis, 22 Maret 2018

KH. UMAIRAH BAQIR



KH. Umairah Baqir bin KH. Muhammad Baqir Marzuki bin KH. Ahmad al-Marzuqi (Guru Marzuki) bin al-Mirsad bin Hasnun bin Khatib Sa’ad bin Abdurrahman bin al-Sultan al mulaqab bin laqsana Malayang (seorang sultan Melayu di Negeri Pattani Thailand Selatan). Kakek beliau, KH. Ahmad Marzuqi termasuk “The six teacher’s (enam pendekar) karena merupakan guru dari para ulama betawi dari akhir abad ke-19 hingga awal dan pertengahan abad ke-20.


KH. Umairah baqir lahir di Jakarta, Selasa, 17 Februari 1942 M (bertepatan dengan 30 Muharram 1361 H). Tahun 1960 beliau diajak oleh KH.Idham Khalid untuk mondok di Ponpes Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amunai.
Sewaktu mondok beliau termasuk santri yang aktif berorganisasi. Bahkan, sebelumnya, sewaktu mondok di Ponpes “al-Munawwir” Krapyak, Yogyakarta, beliau telah hafal 20 juz al-Qur’an. Keadaan tersebt, menjadikan beliau selalu ditunjuk untuk urusan “qira’atul Qur’an”, atau mewakili siswa untuk memberikan sambutan.
Tamat dari Ponpes “Rasyidiyah Khalidiyah” Amuntai, beliau melanjutkan ke IAIN “Antasari” Amuntai pada Fakultas Ushuluddin.
Selanjutnya, KH. Umairah Baqir mempersunting putri dari KH. Muhammad Khalid. Dengan demikian, beliau menjadi ipar dari KH. Idham Khalid.
Bakat berdakwah telah beliau miliki karena lahir dari keturunan ulama besar. Hal tersebut beliau manfaatkan dengan baik, hingga pada masanya beliau aktif memberikan pengajian-pengajian di beberapa Majelis Takli serta menjadi khatib di Mesjid Raya Amuntai.
Bakat politik beliau asah ketika terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara dan kemudian menjadi anggota DPRD Propinsi Kalimantan Selatan. Disamping bakat berdakwah dan berpolitik, beliau juga senang menggeluti dunia sastra. Dan pada tahun 1970, beliau turut menyertakan puisi dalam buku kumpulan puisi berjudul “Antologi Puisi Sepuluh Penyair Hulu Sungai Utara” bersama Amir Husaini Zamzam, dan lai-lain.

Diantara kalam beliau:

"Seandainya pohon rambutan kita tanam didalam mesjid Raya (Amuntai, pen.) ini, tentunya dia tidak akan tumbuh dan berkembang secara normal, karena tidak ada cahaya kehidupan. Demikian pula halnya dengan hati, bila tidak disinari dengan keimanan maka dia tidak akan tumbuh" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar