Kamis, 10 Agustus 2023

Ustadz Amrullah Khairan

 

 


Ustadz Amrullah Khairan adalah Pengasuh Pondok Pesantren “An-Nuur” Desa Simpang Tiga, Kecamatan  Amuntai Selatan.

Diantara kalam beliau:

“Merutinkan atau mengulang-ulang khatam (al-Qur’an) adalah sebaik-baik amal yang paling disukai Allah Subhanahu wa ta’ala”

“Diantara keutamaan al-Qur’an, membaca al-Qur’an, bahwasamnya al-Qur’an itu akan memberi syafaat kepada orang yang membacanya. Jadi al-Qur’an itu dipastikan memberi syafaat. Kalau Nabi kita juga pasti memberi syafaat. Yang lain (selain itu) kalau memang ada nash langsung daripada Allah, akan memberi syafaat. Kalau secaraumum kita kada kawa memastikan kawakah kita memberi syafaat kepada orang lain, kada tahu kita. Tapi kalau al-Qur’an pasti memberi syafaat, kada kawa kada karena sudah di nashkan. Tapi kepada siapa al-Qur’an itu memberi syafaat? Tentunya bukan kepada sembarang orang. Al-Qur’an akan memberi syafaat kepada orang yang dekat kepada dia, yaitu Qarihi, orang yang membacanya”

“Makna Qari’ disini bermacam-macam, 1) orang yang benar bagus bacaannya dan dia selalu mengamalkan membacanya, 2) orang yang hafal dan terus dijaganya hafalannya, iya juga jua, 3) orang yang walaupun kada hafal tapi dia mempelajari isi kandungan al-Qur’an, sehingga mengerti, termasuk qari ja jua. (Maka) qari’ – qari’ seperti ini dipastikan akan mendapat syafaat al-Qur’an”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar