Jumat, 02 Februari 2024

KH. KURSANI bin MASRI

 


KH. Kursani bin Masri, lahir di Desa Panyiuran, Kecamatan Amuntai Selatan, 27 Desember 1927 (bertepatan dengan 2 Rajab 1346 H). Pada masa muda beliau pernah menjadi tenyata dan turut berjuang melawan penjajah.

Beliau adalah seorang ulama yang banyak mempunyai guru. Di antara guru-guru beliau dalam memperdalam ilmu tauhid dan fiqih adalah Tuan Guru Tahir (Desa Panyiuran, Amuntai) tahun 1943, Tuan Guru H. Badaruddin, Qadhi di banjarmasin tahun 1941-1947, Tuan Guru H. Tarmiji Abbas, ahli hadits Banjarmasin tahun 1949 -, Tuan Guru Khatib Syarbini (1949), dan Tuan Guru  H. Masdar di Balimau Kandangan (1965).

Adapun dalam bidang Tasawuf, beliau berguru dengan Tuan Guru Tabi’i di Muara Tapus Amuntai tahun 1965, Tuan Guru Ahmad Kusasi dan Tuan Guru Gusti Abdussamad di Baanjarmasin tahun 1967, Tuan Guru bahrani (Kai Wali) di Barikin, Tuan Guru Bahtiar Saman dan Tuan Guru Birhasani di Banjarmasin tahun 1968, Tuan Guru Suriani di Gambut tahun 1971. Pada tahun 1973 beliau berguru dengan Tuan Guru H. Syahrum Teluk Dalam, Banjarmasin, Tuan Guru H. Rafi’i, Kebun Bunga dan Tuan Guru Busra Teluk Tiram, Banjarmasin, dan pada tahun 1976 beliau berguru dengan Tuan Guru Syekh Muhammad Qurthubi bin Khalid, Desa panyiuran Amuntai.

Sedangkan dalam ilmu syariaat dan ilmu hakikat, beliau saling berguru dengan para ulama dan habaib diantaranya dengan Habib Salim Mangkatib (Basirih), Habib Abubakar al-Habsyi (Basirih), Habib Yasin Pelaihari, Muallim Abdussyukur Teluk Tiram, Tuan Guru Ahmad Pamakuan, Sungai Tabuk. Tuan Guru Ahmad Pamakuan inilah yang menyuruh beliau hijrah ke Bengaris, Palangkaraya, dekat bandara. Beliau juga berguru dengan Tuan Guru Asmaran dan Tuan Guru Gazali di Muara Tapus.  Dan lain-lain.

Berpulang ke rahmatullah di Rumah Sakit “Sari Mulia” Banjarmasin, Jum’at, 15 November 2013 (bertepatan 10 Muharram `1435 H) dalam usia 85 tahun. Di makamkan di Alkah Tarekat al-Junaidiyah di Bengaris, Kelurahan Tanjung Pinang, Kalimantan Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar