Jumat, 02 Februari 2024

KH. MUHAMMAD ARSYAD

 


KH. Muhammad Arsyad bin H. Hasyim,  lahir di Alabio. Beliau adalah Wakil Pengasuh Pondok Pesantren “Ibnul Amin” Pamangkih, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Beliau adalah teman seangkatan dengan KH. Muhammad Arni Anshari (Babirik Amuntai), pendiri Majelis Taklim Attazkiah. Telah berpulabng ke rahmatullah pada bulan Rajab 1438 H (2017 M). Dimakamkan di kompleks Ponsok Pesantren “Ibnul Amin” Pamangkih.

Diantara kalam beliau:

“Kalau hamba itu kesibukannya urusan yang kada bamanfaat, itu tanda oramng nang kada di hiranakan (dipedulikan) oleh Tuhan. (artinya) Tuhan berpaling dari orang itu”

“Bila awak (tubuh) sakitan, razaki kada tapi mau naik, ba=ibadat kuler (malas), itu artinya kita kabanyakkan pandir (berbicara) nang kada ba-manfaat. Kurangi pandir, bagus tu rajaki. Kurangi pandir, nyaman tu awak, lunak hati”.

 “Nabi menyuruh supaya kita ini bersifat tawadhu’, jangan batinggian, jangan merasa punya krlrbihan daripada yang lain. Kenapa? Supaya jangan menganiaya seseorang atas orang atas orang lain”

“Merasa wani (berani), merasa kuat, merasa banyak baharta, maka itu akan menindas, menganiaya kepada yang lain. Sedangkan orang yang melakukan aniaya kepada yang lain dengan kezaliman tanpa hak, nah itu diancam oleh Allah dengan azab yang sangat pedih, jadi itu berarti dosa besar”.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. admin.. olehkah saya silaturrahmi ke tempat anda. Saya tinggal di kota banjarmasin.

    BalasHapus