Prof. Dr. KH. A. Fahmy Arief, M.A. lahir di Desa Telaga Silaba,
Amuntai Selatan, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Rabu, 13 Mei
1953 M (bertepatan dengan 28 Sya'ban 1372 H). Ayahnya, Tuan Guru Haji Muhammad Arief, dikenal sebagai seorang ahli ilmu
hukum waris.
Telah berpulang ke rahmatullah pada hari Senin, 9 September 2024 (bertepatan dengan 5 Rabiul Awwal 1446 H) pada pukul 17.00 wita di Tarim, Hadramaud, (pukul 12.00 waktu Yaman. Insya Allah di makamkan di Tarim.
Jenjang pendidikan dasar
ia jalani di Sekolah Rakyat Negeri, Telaga Silaba. Sementara pada jenjang
tsanawiyah dan aliyah, ia masuk Ponpes Rasyidiyyah Khalidiyyah (Rakha) di kota
Amuntai.
Tahun 1973, ia berangkat
ke Yogyakarta. Di Kota Gudeg ini, ia mengambil kuliah Jurusan Sastra dan Bahasa
Arab, pada Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Melanjutkan aktivitasnya
di Rakha dulu sebagai anggota IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) Cabang
Amuntai, ketika kuliah di IAIN Yogyakarta, ia bergabung dengan PMII (Pergerakan
Mahasiswa Islam Indonesia) Rayon Fakultas Adab. Setahun kemudian, yaitu tahun
1974, ia terpilih sebagai ketuanya.
Di samping aktif di PMII,
ia juga aktif di dunia jurnalistik mahasiswa. Bermula sebagai pemimpin redaksi
Majalah Dinding Ibnul Muqaffa’, terbitan Senat Mahasiswa Fakultas Adab IAIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setelah itu dia ditarik ke majalah Arena, terbitan
Dewan Mahasiswa IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kariernya sampai ke jabatan
puncak, yaitu sebagai pemimpin umum Majalah Bulanan Mahasiswa Arena.
Selanjutnya, ia juga sempat menjabat wakil ketua IPMI (Ikatan Pers Mahasiswa
Indonesia) Cabang Yogyakarta selama dua periode.
Mei 1979, ia berhasil menyelesaikan studinya di kampus IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Masa studi di almamaternya itu ia jalani kurang lebih selama enam tahun. Selama hampir enam tahun itu, tak pernah sekali pun ia pulang ke Banjar. Jadi, selama studi di Yogyakarta, dia menjalani ibadah puasa Ramadhan, bahkan berhari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha, selama lima kali berturut-turut di sana.
Mei 1979, ia berhasil menyelesaikan studinya di kampus IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Masa studi di almamaternya itu ia jalani kurang lebih selama enam tahun. Selama hampir enam tahun itu, tak pernah sekali pun ia pulang ke Banjar. Jadi, selama studi di Yogyakarta, dia menjalani ibadah puasa Ramadhan, bahkan berhari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha, selama lima kali berturut-turut di sana.
Sekembalinya di kampung
halamannya, tahun 1979, ia menikah dengan Hj. Ismawaty, putri Tuan Guru Haji
Abdul Karim bin Haji Nafiah. Mertuanya, Tuan Guru, yang hafal Al-Qur’an, pernah
belajar agama di Makkah selama sepuluh tahun. Kini ia ini telah dikaruniai
empat anak dan dua orang cucu. Mulai tahun 1985, selama dua periode
berturut-turut, ia menjabat wakil ketua PW GP Ansor Kalimantan Selatan.
Keterlibatannya dalam
organisasi komunitas NU itu terus berlanjut. Tahun 1995 sampai sekarang, ia
aktif di PW NU Kalimantan Selatan. Jabatan yang pernah diembannya mulai dari
katib syuriah, wakil ketua Tanfidziyah, dan kini sebagai mustasyar.
Pada tahun 2000-2004, ia
terpilih sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia kota Banjarmasin. Selama empat
tahun memimpin MUI kota Banjarmasin itulah dia banyak bergaul dan bertukar
pikiran dengan kalangan habaib, baik yang ada di kota Banjarmasin maupun yang
ada di luar kota Banjarmasin.
Di masa kepemimpinannya, para ulama dan habaib, dalam rangka saling menambah wawasan, ia ajak mengunjungi lembaga pendidikan Islam di Surabaya, pabrik sarung terkenal BHS di Gresik, Badan Amil Zakat DKI Jakarta, teropong bintang Boscha di Bandung, berziarah ke makam-makam Walisanga di Pulau Jawa, dan berbagai seminar lokal. Pada waktu itu, hubungan dan kerja sama dengan pihak Muspida Pemerintah Kota Banjarmasin teramat baik.
Di masa kepemimpinannya, para ulama dan habaib, dalam rangka saling menambah wawasan, ia ajak mengunjungi lembaga pendidikan Islam di Surabaya, pabrik sarung terkenal BHS di Gresik, Badan Amil Zakat DKI Jakarta, teropong bintang Boscha di Bandung, berziarah ke makam-makam Walisanga di Pulau Jawa, dan berbagai seminar lokal. Pada waktu itu, hubungan dan kerja sama dengan pihak Muspida Pemerintah Kota Banjarmasin teramat baik.
Tahun 1999, ketika ia
menjabat pembantu rektor I IAIN Antasari Banjarmasin, bersama rektornya, Prof.
Drs. H.M. Asywadie Syukur, Lc., dia mendirikan Program Pascasarjana IAIN
Antasari Banjarmasin. Menurutnya, waktu itu banyak kalangan yang pesimistis,
menyangsikan keberhasilan pendirian program pascasarjana tersebut. Namun ia nekat membawa rombongan petinggi IAIN itu ke
Departemen Agama RI dan memimpin langsung presentasi proposal pendirian Program
Pascasarjana IAIN Antasari, di hadapan Tim Penilai, yang dipimpin oleh Prof.
Dr. H. Komaruddin Hidayat, M.A., yang saat itu menjabat direktur Perguruan
Tinggi Islam Departemen Agama RI. Tim Penilai saat itu terdiri dari para guru
besar IAIN Syarif Hidayatullah, Universitas Indonesia, Departemen Pendidikan
Nasional, dan Universitas Negeri Jakarta.
Ia menyelesaikan pendidikan program masternya di IAIN
Alauddin Makassar, tahun 1994. Di kota ini, ia belajar ilmu tafsir kepada Pof.
Dr. H. Abdul Muin Salim, M.A., dan ilmu hadits kepada Prof. Dr. H. M. Syuhudi
Ismail, M.A.
Adapun program doktoralnya ia dapatkan dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tahun 1997. Di antara gurunya di sini adalah Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, M.A., dan Prof Dr. H. Said Agil Al-Munawwar, M.A. Pada tanggal 24 Mei 1997 telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pemikiran Politik dalam Tafsir Fathul Qadir. Dalam penulisan disertasinya, ia dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munawwir Syadzali, M.A., menteri agama.
Adapun program doktoralnya ia dapatkan dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tahun 1997. Di antara gurunya di sini adalah Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, M.A., dan Prof Dr. H. Said Agil Al-Munawwar, M.A. Pada tanggal 24 Mei 1997 telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pemikiran Politik dalam Tafsir Fathul Qadir. Dalam penulisan disertasinya, ia dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munawwir Syadzali, M.A., menteri agama.
Tepat pada hari ulang
tahunnya yang ke-48, ia pun dikukuhkan sebagai guru besar dalam ilmu balaghah
pada Rapat Senat Terbuka IAIN Antasari Banjarmasin, yang dipimpin oleh Rektor
IAIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M.A. Pidato pengukuhan
ia sampaikan dalam bahasa Arab dengan judul Isti’mal al-Majaz fi al-Lughah
al-‘Arabiyyah.
Oktober 2004, ia dilantik oleh
Menteri Agama, Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al-Munawwar, M.A., sebagai ketua
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Samarinda, Kalimantan Timur.
Gebrakan pertama yang dia
lakukan ialah memberikan rekomendasi kepada tujuh orang dosen STAIN Samarinda
untuk melanjutkan studi ke program doktoral. Ia juga melakukan beberapa kali
pertemuan bersama Panitia Anggaran DPRD Provinsi Kalimantan Timur untuk
mempersiapkan Kampus Dua STAIN Samarinda di wilayah Samarinda Seberang, serta
pertemuan dengan pihak Kementerian Perumahan Rakyat untuk membangun Asrama
Mahasiswa STAIN Samarinda. Ia juga mengajukan Proposal Alih Status dari STAIN Samarinda
menjadi IAIN Samarinda kepada Menteri Agama Dr. H. Mohammad Maftuh Basyuni.
Pertengahan 2005, dalam
kesempatan Musyawarah Daerah Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Timur,
ia pun ditetapkan sebagai penasihat pengurus MUI Provinsi Kalimantan Timur
periode 2005-2010.
Semestinya jabatan ketua STAIN
Samarinda itu berlaku sampai bulan Oktober 2008. Akan tetapi pada Agustus 2006
ia dilantik oleh Gubernur H. Rudy Ariffin sebagai kepala Kanwil Kemenag
Provinsi Kalimantan Selatan, yang kemudian ia jalani sampai Agustus 2010.
Kini, Prof.
Fahmy kembali ke almamaternya, IAIN Antasari Banjarmasin, dan memberi kuliah
Ilmu Ma’ani, Ilmu Bayan, dan Ilmu Badi’. Ia juga memberi kuliah Ulum al-Qur’an
dan Tafsir Maudhu’i pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin.
Terhitung mulai tanggal Oktober 2007, ia berpangkat Pembina Utama dengan
Golongan IV/e. Artinya, ia termasuk guru besar senior di lingkungan IAIN
Antasari Banjarmasin
Diantara kalam beliau:
“Al-Ikhlas
–dalam bahasa Indonesia – mengarah kepada pemurnian aqidah. Aqidah itu sama
dengan i’tiqad, i’tiqad sama dengan keyakinan, keyakinan sama dengan
kepercayaan, kepercayaan sama dengan keimanan. Jadi “al-Ikhlas” maksudnya
memurnikan keimanan, keyakinan, i’tiqad, kepercayaan”.
”Kalau juz
itu bagian, 30 juz (maka) surat itu artinya tema atau pesan, jadi ada 114 tema pesan. Jadi kalau ayat
bagaimana? 6666 ayat, ada yang mengatakan kurang dari itu, atau lebih,
tergantung dari mana dia start untuk menghitungnya. Yang penting ayat itu dalam
konteks al-Qur’an adalah sub-sub tema, jadi al-Qur’an itu mengandung 6666
sub-sub tema kecil”.
“Bacalah
al-Qur’an dengan perlahan, sebab kalau cepat akan ada yang terlewat. Apa yang
terlewat? Maknanya, filosofinya, penghayatan kita lewat”.
“Syarat mutlak yang
harus kita lakukan sebelum kita berdzikir, kita harus melaksanakan yang fardhu
dahulu misalnya shalat lima waktu. Tidak ada gunanya berdzikir kalau ternyata
shalat kita tinggalkan. Kedua, zikir harus dilaksanakan dengan hati yang bersih dan
khusyu’, tanpa ada perasaan ujub, riya’ dan penyakit hati lainnya. Kita
terfokus pada Allah”
“Surah al-Fiil
secara garis besar mengandung makna teori jurnalistik yang paling indah dan
sempurna. Dimana dalam surah tersebut, khususnya ayat 3 – 5 mengandung khabar dari Allah tentang serangan
balatentara bergajah (Abrahah, pen) ke kota Mekkah dimasa menjelang kelahiran
Baginda Rasulullah. Maka (hanya dalam) 3 ayat yang pendek itu telah menjelaskan
dengan tuntas sebuah peristiwa besar yang sangat bersejarah dengan bahasa yang
mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit. Kaitan dengan hal tersebut, (maka)
unsur berita yang sempurna (mengandung) what, who, where, when dan How,
gamblang diuraikan dengan bahasa yang singkat, padat, jelas. Inilah unsur-unsur
bagian sebuah berita”.
“(dalam
peristiwa Isra Mi’raj), rute perjalanan Isra Mi’raj dimulai dari hal yang
bersifat horizontal, dari masjidil Haram ke masjid al-Aqsa, baru kemudian
bersifat vertikal, dari masjid al-Aqsa ke Sidratul Muntaha, maka ketika kita
bekerja hendaknya dipetakan terlebih dahulu pekerjaan kita sampai dimana
pencapaiannya lalu dievaluasi”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar