Selasa, 08 Agustus 2017

KH. ZAINUDDIN ASTANI


KH. Zainuddin Astani bin Ardi bin Shaleh bin Yasin, lahir di Danau Panggang, Amuntai, Minggu, 31 Mei 1942 M (bertepatan dengan 15 Jumadil Awal 1361 H). Beliau adalah Pendiri Pondok Pesantren “Darul Hikmah” Danau Panggang, dan Pimpinan/pengasuh Pondok Pesantren “Nurussalam” Danau Panggang.

Setelah tamat Sekolah Rakyat (SR) di kampung halaman (1951), kemudian melanjutkan ke Persatuan Madrasah  Islam Indonesia (PMII) tahun 1952-1955. Setelah lulus madrasah ibtidayah beliau dengan keinginan sendiri menimba ilmu agama di kampung-kampung sampai ke daerah Barabai. Dan baru tahun 1959 beliau pergi ke kota intan Martapura untuk menimba ilmu di Madrasah Ta’limul Aulad (sekarang menjadi Pondok Pesantren Darussalam Martapura).

Tahun 1966 pulang ke kampung halaman dan diminta untuk mengajar di Madrasah Tsamaratul Janniah, Danau Panggang dan Ihya Ulumuddin, Desa Sungai Namang. Untuk lebih banyak mendidik santri, beliau juga membangun Madrasah Mu’allimin bertepat di Jalan Sukaramai Desa Danau Panggang.

Beliau pernah menempuh pelatihan dakwah di Ittihadul Muballighin yang didirikan oleh KH. Gusti Imansyah (Guru Murad) orang Desa Sungai Namang, Danau Panggung, yang mengajar di Ponpes “Darussalam” Martapura.

Guru-guru beliau diantaranya adalah Syekh Saman Mulia, Ali Pandi Desa Sungai Luang, H. Muhammad Syahdan Kandangan, KH. Asnawi, KH. Abdul Hamid, KH. Jahri, KH. Gurdan, KH. Zainuddin Manarap, KH. Husin Qadri, KH. Anang Sya’rani Arif, KH. Abdul Qadir Hasan, KH. Salim Ma’ruf, KH. Royani., KH. Abdussyukur, KH. Husin Dahlan, KH. Gusti Imansyah (Guru Murad), dan lain-lain.

Berpulang ke rahmatullah sekitar pukul 09.00 wita pada hari Jum’at, 9 Agustus 2019 M (bertepatan dengan 8 Zulhijjah 1440 H).

Diantara kalam beliau:

“Manakala inya (seseorang) baniat hendak membantu orang nang dalam kasusahan, nah itu kriteria nang paling bagus, (dimana) supaya baniat untuk mengasih sayangi orang Islam, (maka) itupun sudah dicatat daripada kebaikan”.

“Jadi handaknya kita bujur-bujur bayakin, jangan babayangan ragu-ragu. Ujar Tuhan : “apa saja nang malata dimuka bumi ini, Tuhan nang manjamin rezekinya” (Qs. Hud : 6). Tapi menurut hukum syara’ supaya kita disuruh ba-usaha, bukannya bagana (tidak bekerja/ berusaha) kada harapan”

“Apabila engkau beramal ibadah niscaya engkau mendapatkan perlindungan”.

“Hendaknya banyak-banyak dzikir kepada Allah. Jadi lidah ini zikir lisan (dengan mengata) : La ilaaha ilallah. Sebab Ujar Tuhan zikir itu menenteramkan hati (Lihat Qur’an Surah ar-Ra’d ayat 28). Jadi kalau orang yang ingat lawan Allah Ta’ala (itu) hatinya tenteram, penyabar, penyukur”.

“Bahimat akan dunia meruntuh akan kehidupan akhirat. Artinya amun kita bahimat lawan dunia akhiratnya jadi lupa. Jadi kita ini, sugih disuruh jua tapi niatnya untuk apa. Jadi dunia ini perlu jua”.

“Orang yang menyetok (menimbun, pen) barang, itu kena laknat Allah. Arti laknat itu jauh dari rahmat-Nya. Jadi apabila orang itu kena laknat Allah, artinya jauh dari rahmat, kasih sayang Tuhan itu kadada manarik (mendapatkan, pen)”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar