Rabu, 11 Juli 2018

SYEKH SULAIMAN WALI al-BANJARI





Syekh Sulaiman wali al-Banjari adalah keturunan dari Hj. Syarifah putri dari Syekh Arsyad al-Banjari. Lahir pada hari Senin, 22 Juni 1863 M (bertepatan dengan 5 Muharram 1280 H). Nasab lengkapnya sebagai berikut :  Syekh Sulaiman wali bin Muhammad Nasir (Taniran) bin Muhammad Thaib (Datu Taniran) bin Muhammad As’ad  bin Hj. Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.
Syekh Sulaiman mempunyai 4 orang anak, yaitu H. Ahmad Hadari, Hj. Galuh, Hasbullah dan H. Ahmad Marzuki. Cucu Sulaiman Wali, atau anak dari Syekh KH. Ahmad Marzuki yaitu Tuan Guru H. Zainal Hakim sekarang tinggal di Handil Malang Desa Tambak Sirang Baru Kabupaten Banjar dan aktif berdakwah.
Syekh H. Sulaiman Wali al-Banjari berpulang ke rahmatullah pada malam Selasa, 5 Mei 1926 M (bertepatan dengan 21 Syawal 1344 H). Makan beliau di Cakru, berseberangan dengan Desa Panangkalaan, kecamatan Amuntai Utara.

1 komentar:

  1. Makam beliau berada di desa cakru RT. 3 berseberangan sungai dengan desa panangkalaan.. Itu saja tambahan dari saya.. Terimakasih telah membuat artikel ini.. Jazakallahu khairon katsiron.. Wassalam

    BalasHapus