Jumat, 15 April 2022

USTADZ NASHIRUDDIN NAFSI

 

Ustadz Nashiruddin Nafsi, S.Pd.I bin Hasan, lahir di Desa Datu Kuning, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Jum’at, 7 September 1979 (bertepatan dengan 16 Syawal 1399  H). Berlatar belakang pendidikan pondok pesantren. Sekarang menjadi pendidik di Pondok Pesantren “Ar-Raudhah” Desa Pasar Senin, Amuntai.

Diantara kalam beliau:

“Ilmu faraidh termasuk ilmu yang paling mulia, dan bahkan tingkat bahayanyapun paling tinggi. Maksudnya, kalau orang dalam pembagian warisan tidak berdasarkan faraidh berarti dia tidak mengikuti ajaran Islam. Paling tinggi kedudukannya dan juga paling besar ganjarannya. Oleh karena itu, pentingnya bahkan sampai-sampai Allah sendiri menentukan takarannya.”

“Pembagian warisan itu sudah ada tercantum dalam al-qur’an takaran-takarannya atau ukuran-ukurannya, kadar-kadar yang bisa didapatkan oleh ahli waris. Kada kawa (tidak dapat) ahli waris itu membagi warisan sekehendak. Dia (telah) diterangkan jatah warisan yang didapat oleh setiap ahli waris dijabarkan dalam beberapa ayat yang jelas. Karena harta dan pembagiannya merupakan sumber ketamakan manusia. Harta itu biasanya kalo ditinggalkan “berabut”, sebagian besar dari harta warisan adalah untuk pria dan wanita, dan besar kecilnya pun mereka  lemah padanya dan kuat terhadap nasabnya. Sehingga tidak terdapat kesempatan itu untuk berpendapat atau berbicara dengan hawa nafsu. Jadi kada kawa misalnya, taparak kaluarganya atau nangini (yang ini) talapah atau tuhuk jar manggaduh mama/ abah (orang tua) jadi banyak dapatnya, kada kawa. Atau misalnya, nangini paling disayang keluarga jadi tabanyak jar, kada kawa jua.”

“Warisan itu terjadi ketika seseorang sudah mati. Ini perbedaan antara wasiat dan warisan. Jadi kalau warisan/ faraidh terjadi bisa dibagi ketika seseorang sudah meninggal. Kalau misalnya belum meninggal dibagi, itu bukan faraidh, itu bukan warisan tapi merupakan pemberian. Tentang ini ada kesalahfahaman, ini parah. Faraidh itu terjadi ketika ada yang meninggal, yaitu yakin sudah akan kematian si waris. Kalau masih hidup yang di waris itu  kada terjadi faraidh. Kalau misal dia beramanat atau berwasiat : “Bila aku mati (maka) hartaku semuanya akan kuwakafkan ke mesjid, atau kuwakafkan ke pesantren”. Kemudian meninggal sidin, maka itu hukumnya termasuk wasiat. Walaupun sidin berwasiat : “Kuberikan hartaku sepenuhnya ke peantren bila aku mati”. Kenyataannya, apabila sidin mati (maka) itu kada boleh dibariakan sabarataannya, karena hukum wasiat hanya boleh dilaksanakan 1/3, sedangkan yang 2/3 nya tetap merupakan hak waris. Itulah wasiat”.

“Atau misalnya, “bila aku mati, hartaku ini sabarataannya dibariakan lawan anak panuhanya atau anak pambungsunya. Kenapa? Karena inya nang paling kusayangi, karena inya nang paling taat bakti lawan aku, sedangkan dangsanak-dangsanaknya nang lain kada boleh di bari-i, karena inya durhaka lawan aku”. Lalu mati yang berwasiat tadi, maka jatah yang diberi wasiat  itu hanya boleh 1/3, (sedangkan) 2/3 nya tetap hak ahli waris sekalipun anaknya nakal, atau anaknya durhaka, tetap dia berhak mendapatkan warisan. Jadi wasiat hanya boleh dilaksanakan 1/3”.

“Dan banyak lagi terjadi dimasyarakat, misalnya, sebelum aku mati jar harta ini kubagi saja ha badahulu. Kenapa? Karena aku tahu bilanya aku mati kaena pacangan barabut, kada tahu lagi di faraidh. Pokoknya bila aku mati kadada lagi baharta, kubariakan sewaktu hidup sudah, dibagi rata dengan ahli warisku. Maka ketika ia sudah mati, berarti dia berada dalam keadaan miskin, kadada baharta lagi. Kenapa? Karena walaupun ia sugih tetapi hartanya sewaktu hidup sudah dibariakan lawan ahli waris, berarti ketika meninggal kadada lagi berharta, maka kadada terjadi hukum faraidh. Ini bagi orang yang “mensiati” (menyiasati) agar harta tabagi rata. Tapi kalau sudah meninggal, dan harta masih ada, maka harta yang tersisa setelah wafat itulah yang diberikan kepada hak waris”.

“(adanya) faraidh ini menentang atau mengubah kebiasaan zaman jahiliyyah, (dimana) pada zaman jahiliyyah itu membagikan harta hanya untuk orang dewasa. Jadi kalau abahnya mati, maka anak-anak nang tuha haja nang dapat warisan tanpa memberi kepada anak-anak nang halus. Dan juga pada zaman jahiliyyh merka hanya bisa membagikan harta untuk laki-laki sedangkan bibinian kadada mendapat warisan. Itu zaman jahiliyyah  (dulu). Berbeda dengan jahiliyyah zaman kini (sekarang), dimana wayahini membagikan jatah harta kepada para wanita, khusus bibinian haja pulang, (dengan anggapan) bahwasanya bibinian itu identiknya (yaitu) paling disayangi, paling kada baharta jar, kada baisi paninggalan, atau kada bisa bagawi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar