Senin, 09 Januari 2023

KH. MUHRI ABDULLAH ZEIN


KH. Muhri Abdullah Zein bin Bulkini lahir di Babirik, kabupaten Hulu Sungai Utara pada Januari 1946. Beliau adalah pendidiri Yayasan Majelis dan Madrasah “Subulussalam” Babirik. Berlatar belakang pendidikan SR Babirik 6 tahun dan Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGSLP) di Alabio. Setelah itu untuk tingkatan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melanjutkan ke Pondok Pesantren “Darussalam” Martapura.

Tuan guru-tuan guru yang sempat mengajar beliau sewaktu di Martapura, diantaranya KH. Sholeh, KH. Rafi’i, KH. Zaini, KH. Ramli, KH. Husin Dahlan, KH. Salman Yusuf, KH. Salim Ma’ruf, KH. Abdussyukur, KH> Sya’rani rif, KH. Badaruddin, KH. Husin Kaderi, dan lain-lain.

Pada tahun 1965 beliau pergi ke tanah suci untuk berhaji sekaligus memperdalam ilmu agama. Di Mekkah sempat berguru dan mengikuti majelis Syekh Yasin al-Fadani (Musnid ad-Dunya).

Sekembali dari tanah suci, beliau dengan beberapa tokoh masyarakat mendirikan sekolah madrasah ibtidaiyah, yang kemudian pada tahun 1968 dikembangkan membajadi Madrasah Tsanawiyah. Kemudian di tahun 1969 membangun gedung baru yang diberi nama Madrasah Tsanawiyah “Subulussalam” Babirik.

Beliau telah berpulang ke rahmatullah bulan Mei 2010, yang bertepatan dengan bulan Jumadil Akhir 1433 H.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar