Minggu, 02 April 2023

Guru SUPIAN HS

 


Guru Supian HS adalah Khadimul Majelis “Nurul Ilmi” Desa Ambahai, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Beliau pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren “Darussalam” Martapura (1998).

Diantara kalam beliau:

“Khatamun Nubuwwah itu ada mempunyai kekhususan, sebagaimana disebutkan oleh Imam Tirmidzi, (bahwa) “siapa yang sudah selesai berwudhu, kemudian ia memandang akan “khatamun Nubuwwah” diwaktu pagi, maka Allah akan menjaga dirinya dari marabahaya sampai sore.” (yang tulisannya : Allahu wahdahu la syarikalahu, Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, tawajjahtu haisu syi’ta fainnaka manshur). Mestinya kita ada mempunyai tulisan itu di dalam rumah. Demikian juga, “siapa yang memandang akan khatamun Nubuwwah di waktu maghrib, maka Allah akan menjaga dirinya sampai ke waktu subuh. Jadi, baisukan (pagi) kita pandang, kamarian (sore) kita pandang, maka Allah akan menjaga diri kita dari marabahaya”.

“Bahkan seterusnya, dalam suatu riwayat menyebutkan, siapa yang memandang akan khatamun nubuwwah dalam setahun (itu Cuma) sekali, dan jika pada tahun itu ia diwafatkan, maka Allah wafatkan dia Husnul Khatimah. Maka mati dalamn keadaan Husnul Khatimah inilah yang kitainginkan, terutama orang-orang yang semacam kita ini, yang pendosa, yang paling kita inginkan adalah Husnul Khatimah. Setiap hari kita dicatat oleh malaikat ‘atid akan perbuatan dosa kita. Kada ba-istirahatan lagi malaikat ‘atid mencatat dosa-dosa kita. Kenapa? Karena kebanyakan tagawi dosa. Maka bagi kita yang pendosa ini patut banar meng-amaliahkan meskipun sekaliu dalam setahun (memandang khatamun nubuwwah, pen). Hadits itu mengatakan mati Husnul Khatimah, matinya dalam keadaan beriman. Dan siapa yang matinya dalam keadaan beriman, (maka) tempat kembalinya adalah sorga, meskipun ia didalam dunia melakukan dosa yang banyak. (misal) dari ujung kepala sampai ujung kaki diliputi dengan dosa, tapi matinya Husnul Khatimah, maka tempat kembalinya adalah sorga”.

“Orang-orang kafir itu disiksa selama-lamanya (dalam neraka), adapun orang mukmin dan orang muslim, itu tergantung sedikit banyaknyadosa yang ia lakukan sewaktu di dunia. Jadi, nang perlu banar kita minta adalah agar kita terhinbdar dari neraka jahannam daripada kita dimasukkan ke sorga. Minta sorga, bagus. Terhindar dari neraka jahannam, itu bagus. (Tapi) nang paling bagus diantara keduanya ini adalah agar kita terhindar dari neraka jahannam. Kalau terhindar dari neraka jahannam, pasti masuk sorga. Kalau kita minta sorga, belum tentu kita langsung masuk sorga, busiah, siapa tahu kita mampir dahuluke neraka”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar