Sabtu, 16 Mei 2020

Ustadz AHMAD JURKANI





Ustadz Ahmad Jurkani adalah salah seorang da’i dari Desa Teluk Baru, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Diantara kalam beliau:

“Orang yang shalat subuh berjama’ah itu hidupnya penuh dengan rezeki. Sesuai dengan hadits Rasulullah, sesuai dengan do’a Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. “Allahumma barikli ummati fii buquuriha”, ya Allah berkahilah umatku. Beberkah jadinya hidup kita”.

“Kita ini jangan sampai tertipu dengan orang yang katuju balayur (bangun kesiangan), artinya kada suah bangsul (tidak pernah terlihat) sembahyang subuh berjamaah, sepertiya umpat lalu haja, jangan tertipu kita dengan orang yang kada biasa sembahyang berjmaah, dimana gawiannya malandau, malayur, tetapi rezekinya lancar. Jangan tertipu kita dengan yang seperti ini. Ada luku lih, orang itu jar kada suah bajama’ah, tarawih kada suah talihat, sembahyang subuh bajamaah maginnya ai, tetapi inya sugih, sukses, jangan tertipu kita. Jangan mahiri-i nang kaya itu. Kaya apa mahiri-i? Ulun jar sembahyang subuh rutin berjama’ah tetapi rezeki tetap macet. Tetai nangitu jar bauntung urangnya balayur, kada suah bangsul ka langgar tapi sugih, sukses, jaya. Jangan tertipu. Kenapa jangan sampai tertipu kita? Kalau orang yang katuju balayur, nang kada tapi suah sembahyang berjamaah tetapi hidupnya sukses, itu hanya lanjuran daripada Allah Subhanahu wa ta’ala”.

“Lanjuran itu kalau bahasa kitanya adalah Tuhan tu kada baharung lagi, lihat tiring jar urang. Inya handak napakah nang digawinya, kada diharung lagi”.

“Kalau Tuhan menghendaki sayang lawan kita, ciri Tuhan cinta lawan kita, (yaitu) apabila kita katuju berbuat kebaikan, (maka) Tuhan katuju mencoba lawan kita”.

“Perbanyaklah membaca al-Qur’am, karena al-Qur’am yang kita baca itu nanti akan datang, ia akan babanda, padahal yang kita baca tadi (sewaktu didunia) hanya tulisannya, tetapi al-Qur’an yang kita baca itu akan datang kepada kita. Datangnya itu kapan? Yaitu pada yaumil qiyamah, pada hari kiamat. Dimana pada hari kiamat nanti keadaannya sangat dahsyat. Di hari kiamat itu, yauma yafirrul mar’u min akhiih, setiap orang tidak kenal lagi dengan saudaranya, lawan dangsanak kita kada pinandu lagi, tahuai kira-kira tapi keadaanya sibuk masing-masing mamikirakan diri saurang haja, lawan dangsanak diakhirat kada baharung, mun di dunia kawa batutulongan. Wa ummihii wa abiih, lawan kuitan pada hari kiamat kita kada pinandu lagi. Wa shaahibatihii wa baniih lawan kawan sejati, siapa kawan sejati laki (yaitu) bini, siapa kawan sejati bini (yaitu) laki. Dua laki bini kada bapinanduan lagi. Demikian juga lawan anakpun kadada nang pinandu lagi. Likulli –mri-im minhum yauma-idzin sya’nun yu'niih (lihat Qs. 'Abasa ayat 34-37) "masing-masing orang pada hari itu mempunyai urusan masing-masing yang menyibukkannya". Dan ketika kita dalam keadaan seperti itu. Lalu datang al-Qur’an tadi, yang kita baca, untuk apa inya datang? Yaitu untuk syafi’atan li shahibi, memberikan syafaat kepada orang yang sering membaca al-Qur’an”

“Kenapa ada tartibul aula? Kenapa penghuni rumah itu mendapatkan rahmat, kenapa rumah itu dipenuhi ketenangan, kenapa dirumah itu orang ma asi, mudah menerima nasehat. Itulah keistemewaan orang yang membaca al-Qur’an. Itu yang diberikan Allah. Di dunia sudah diberikan Allah keramat seperti itu. Kemudian itu ada pada orang yang katuju membaca al-Qur’an. Lebih-lebih lagi bagi para orang tua yang baisian anak yang hafal al-Qur’an, karena anak yang hafal al-Qur’an tadi syafi’an bi abawaihi , akan memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar