Senin, 23 Maret 2020

Tuan Guru MARZUKI




Tuan Guru Marzuki bin Madhan, lahir di Desa Lok Bangkai, Amuntai pada tahun 1912 M (1330 H), Berlatar belakang pendidikan dunia pesantren “Normal Islam” Amuntai. Waktu itu beliau seangkatan dengan KH. Idham Khalid. Setelah itu, beliau menimba ilmu ke Pondok Pesantren “Darussalam” Martapura.
Guru-guru beliau diantaranya adalah Syekh Kasyful Anwar, Syekh Ismail Khatib, KH. Zainal Ilmi, KH. Abdul Qadir Hasan, KH. Muhammad Thoha, dan lain-lain.
Adapun teman-teman beliau satu pondok sewaktu menuntut ilmu di Darussalam diantaranya adalah Syekh Salman Mulia, KH. Husin Qadri, KH. Syarwani Abdan, KH. Sya’rani Arief, dan KH. Salman Jalil.
Pada tahun 1976 beliau pernah mengadakan halaqah pengajian di Masjidil Haram, Makkah kepada Jamaah Haji Indonesia yang berdiam di kota Makkah ataupun yang mukim di Mekkah waktu itu. Setelah pulang dari Mekkah, beliau ada mengarang sebuah kitab yang diberi nama “Fathurrahman”, yang berisi bahasan tentang tauhid.
Tuan Guru Marzuki berpulang ke Reahmatullah pada Kamis malam, 18 Mei 1979 M (bertepatan dengan 21 Jumadil Akhir 1399 H) dan di makamkan di Desa Tatah Bahalang (Thaybah Raya) Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar.

Diantara kalam beliau:

“Jangan manggaduhi orang, jangan katuju adu asah. Urang yang iri kepadamu serahkan haja semua kepada Allah”

Kakanakan itu yang menjadikan bagus atau kada bagusnya yaitu abah mamanya. Jaga hati, lawan anak jangan disakiti, jangan marah, jaga muntung lawan anak jangan kasar, lemah lembut berkata-kata terhadap anak”.

“Murahkan hati, maniskan muka terhadap orang lain, baik melalui isyarat badan, atau melalui hati”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar