Jumat, 01 September 2017

H. RIF'AN SYAFRUDDIN, Lc.,MA



H. Rif’an Syafruddin, Lc., MA lahir di Amuntai, Sabtu,  22 Juli 1972 M (bertepatan dengan 10 Jumadil Akhir 1392 H). Beliau adalah anak dari KH. Ahmad Nabhan Rasyid bin Syekh Abdurrasyid (Pendiri Ponpes Rakha).
Masa kecil bersekolah di SDN Dharma Bakti Amuntai. Setelah menyelesaikan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah di Normal Islam Rakha, lalu melanjutkan ke Qism al-Takhassus al-Dieny Rakha Amuntai.Kemudian mendapat beasiswa untuk menimba ilmu di Universitas al-Azhar hingga mendapatkan gelar Lc.  Dan seterusnya melanjutkan studi pada program Pasca Sarjana di IAIN Antasari Banjarmasin.
Selepas dari menimba ilmu di al-Azhar beliau mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik di lingkungan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai. Karena dedikasinya dalam berbagai aktivitas pendidikan, social dan keagamaan, beliau pernah mendapat penghargaan seabagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional.
Tidak hanya mengajar di Ponpes Rakha Amuntai, beliau juga menjadi dosen termuda dan menjadi Asisten Ahli pada Fakultas Syari’ah IAIN Antasari Banjarmasin.
Dalam keorganisasian beliau aktif sebagai Ketua Nahdlatul Muta’alimin Rakha (1990/1991), dan menjadi Redaktur Bulletin  KMNU di Mesir. Ketua KMKM periode ……. Beliau juga menjabat sebagai Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai.

Diantara kalam beliau:

“Sabar dan syukur itu berdampingan. Orang nang kada sabar otomatis orang itu kada basyukur, orang yang kada basyukur, orang itu pasti kada sabar. Ada lagi maqam yang lebih tinggi yaitu redha, bila orang tua kawa redha berarti harat dah orang tu”.

“Ikhlas itu nyaman dipandir (dibicarakan) ngalih (sulit) digawi (dikerjakan). Sabar itu nyaman dipandir ngalih digawi. Qana’ah nyaman dipandir ngalih digawi. Maka dari itu, banyak-banyaklah kita beristighfar kepada Allah”.

Qana’ah itu adalah merasa cukup sekalipun dengan yang sedikit. Bukanlah orang yang kaya merasa cukup tetapi orang yang miskinpun kalau sidin merasa cukup maka yang sedemikian termasuk qana’ah juga. Dapat rezki Alhamdulillah, ini cukup sudah. Maka akan sia-sia diberi harta banyak tetapi merasa kada cukup. Diberi Tuhan banyak ada saja yang kurang, ada lagi-ada lagi yang kurangnya, kebanyakkan hajat. Maka orang yang miskin itu adalah orang yang paling banyak hajatnya. Orang yang kaya orang yang sedikit hajatnya (kebutuhannya)”.

“Kalau seseorang sudah merasa banyak bekal, orang itu akan tidak bersyukur kepada Allah, ini berbahaya”.

“Orang yang menyembah Allah dan mengharapkan rahmat-Nya ini berprasangka baik terhadap sesame. Karena semestinya kita ini berprasangka baik dengan orang lain dan berburuk sangka dengan diri sendiri. Misalnya, (ketika) kita berbuat baik, (maka) kita harus khawatir jangan-jangan kada ikhlas, kita curiga lawan diri kita : “kayaknya ini kada ikhlas” Kayaknya kita harus kaya (seperti) itu. Jangan (beranggapan) : “Bah aku baamal ikhlas banar, mun si anu tahuam”. Kadang-kadang kita ini tabalik. Berprasangka baik lawan diri saurang berprasangka buruk lawan orang lain. (akibatnya) lalu merasa diri lebih baik. Ini nang berbahaya. Merasa diri lebih baik dan menganggap orang lain kada baik”.

“Apabila banyak pandir (bicara) maka itu bukan dari tanda-tanda orang alim”

“Mun kada bailmu, kada alim lebih baik badiam. Apabila badiam ini orang kada tahu pada kada bailmu. Itu baiknya. Sebab apabila bapandir ketahuan orang inya bailmu atau sebaliknya katahuan pada kada pintar. Nah jar orang sakalinya sakali bapandir luput. Nah yang seperti ini lebih baik diam jadi kada katahuan pada kada pintar, pada jahil”

“Duduk dengan ulama akan membawa ilmu dan pengamalannya bertambah. Orang yang dekat dengan ulama atau mendekatkan diri dengan ulama, orang yang berilmu, artinya orang yang berilmu dan beramal. Karena tidak semua orang yang berilmu itu beramal. Tetapi amal ini ada 2 (dua), ada amal yang zahir dan ada amal yang bathin. Ada yang terlihat ada yang tersembunyi. Makanya kita kada kawa mengatakan : “sidin tu bailmu tapi kada baamal”. Kita kada tahu gawian sidin (seseorang) ketika saurangan napa. Mungkin sidin di tengah malam shalat, menangis, kadada nang tahunya. Itu artinya amal sir. Sirr itu bersifat rahasia. Makanya ketika kita ingin menilai seseorang itu, pertama nilai diri kita jangan gampang menilai orang lain”

“Jangan mencela mencaci maki orang yang sudah meninggal, karena caci maki itu kada sampai kepada si mayit, nang sampai tu kepada telinga keturunannya”

“Manusia ini pada dasarnya ada perasaan kikir. Sedikit banyaknya tu ada. Sekalipun orang itu dermawan ada kikirnya, tampak ada sifat pamalarnya. Mungkin sidin dermawan dalam hal ini, tapi kada dermawan dalam hal lain. Sulit menemukan orang yang dalam semua hal dermawan, kecuali sahabat Nabi yaitu Abdurrahman bin Auf dan Usman bin Affan. Sedangkan kita ini kadang-kadang dermawan lawan duit tapi kada dermawan lawan sisi, lawan ini kada, lawan itu kada. Nangini kawa ja digatuk tapi nangitu kada kawa digatuk. Jadi, mengurangi rasa kikir itu salah satu usaha untuk meningkatkan keimanan. Jadi keimanan itu bertahap, perlu latihan”

“Sadar diri tu napa maksudnya ? Kita tahu kita ini siapa. Pertama kadada nang perlu kita sombongkan. Kita sadar bahwa kadada apa-apanya kita ini. Kesugihan kada jua, ilmu kada jua, kadudukan kada jua. Napa nang disombongakan. Makanya kita harus sadar diri. Sekalipun kita punya jabatan, ada lagi yang lebih tinggi. Ada pambakal, tatinggi pada pambakal ada camat, tatinggi pada camat ada bupati, nang tinggi lagi gubernur, nang tinggi lagi presiden, nang tinggi lagi siapa…. Rakyat. Jadi presiden tu kada wani lawan rakyat. Kalau camat takutan lawan gubernur, gubernur takutan lawan presiden, maka presiden takutan lawan rakyat… takutan diganti. Maka itu tidak ada yang tinggi jabatannya, pasti ada lagi yang lebih tinggi, maka tidak ada yang patut kita sombongkan, kadada nang patut kita ungahakan. Kenapa ? Karena semuanya ada yang mengatasi”.

“Kita ziarah kemana-mana, ke tuan guru, ke wali-wali, ziarah kita itu baik. Tetapi, ingat mati itu adalah wajib. Jadi kahandaknya, apabila rancak (sering) ziarah ini semakin ingat akan mati. Artinya, semakin bertambah amalnya, semakin sedikit maksiatnya. Tagal tatap ha nangkaya itu (tapi tetap saja seperti itu),  ujung-ujungnya napa ? bajajalanan wara. Seperti ini ngarannya (ziarah, pen) nang kada mengambil ibrah apa-apa. Jadi semakin banyak berziarah, maka seyogianya orang tadi semakin ingat akan mati”

“Segala musibah betapapun beratnya kalau dia sadar, bahwa musibah itu pasti berakhir, jadi kadada musibah nang tarus manarus  sampai mati. Kadada. Sakit napakah, garing napakah, itu akan berakhir dengan matinya kita. Tapia da sakit yang tidak berakhir ketika kita mati, dibawa ke dalam kubur akhirnya sampai menghadap Allah, dibawa garing itu garing napa, (yaitu) garing di hati, penyakit hati, (seperti) ujub, sum’ah, takabbur, sombong, hasud. Itu kada bakal selamat, yang selamat menghadap Allah (adalah) : ila man atallaha bi qalbin salim, dengan hati yang sehat kada bapanyakit”.

“Aqal  seseorang  dikatakan sempurna  apabila  dia mengerjakan  sesuatu yang disukai oleh Allah SWT.”

“Bila seseorang meninggal pada  tempat yang baik, Insya  Allah dia meninggal dalam keadaan baik. Seseorang berada ditempat yang baik tidakmungkin tanpa tujuan. Dan ketika Allah mengilhamkan kepada seseorang untuk melangkahkan kaki ketempat-tempat yang baik, maka disitulah pengampunan Allah”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar