H. Rif’an Syafruddin, Lc., MA lahir di Amuntai, Sabtu, 22
Juli 1972 M (bertepatan dengan 10 Jumadil Akhir 1392 H). Beliau adalah anak dari KH. Ahmad
Nabhan Rasyid bin Syekh Abdurrasyid (Pendiri Ponpes Rakha).
Masa kecil bersekolah di SDN Dharma Bakti Amuntai. Setelah menyelesaikan
Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah di Normal Islam Rakha, lalu melanjutkan ke Qism
al-Takhassus al-Dieny Rakha Amuntai.Kemudian mendapat beasiswa untuk menimba
ilmu di Universitas al-Azhar hingga mendapatkan gelar Lc. Dan seterusnya melanjutkan studi pada program
Pasca Sarjana di IAIN Antasari Banjarmasin.
Selepas dari menimba ilmu di al-Azhar beliau mengabdikan diri sebagai
tenaga pendidik di lingkungan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha)
Amuntai. Karena dedikasinya dalam berbagai aktivitas pendidikan, social dan
keagamaan, beliau pernah mendapat penghargaan seabagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional.
Tidak hanya mengajar di Ponpes Rakha Amuntai, beliau juga menjadi dosen
termuda dan menjadi Asisten Ahli pada Fakultas Syari’ah IAIN Antasari
Banjarmasin.
Dalam keorganisasian beliau aktif sebagai Ketua Nahdlatul Muta’alimin
Rakha (1990/1991), dan menjadi Redaktur Bulletin KMNU di Mesir. Ketua KMKM periode ……. Beliau
juga menjabat sebagai Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah
Amuntai.
Diantara kalam
beliau:
“Sabar dan syukur itu berdampingan. Orang nang kada sabar otomatis orang
itu kada basyukur, orang yang kada basyukur, orang itu pasti kada sabar. Ada
lagi maqam yang lebih tinggi yaitu redha, bila orang tua kawa redha berarti
harat dah orang tu”.
“Ikhlas itu nyaman dipandir (dibicarakan) ngalih (sulit) digawi
(dikerjakan). Sabar itu nyaman dipandir ngalih digawi. Qana’ah nyaman dipandir
ngalih digawi. Maka dari itu, banyak-banyaklah kita beristighfar kepada Allah”.
“Qana’ah itu adalah merasa cukup sekalipun dengan yang sedikit.
Bukanlah orang yang kaya merasa cukup tetapi orang yang miskinpun kalau sidin
merasa cukup maka yang sedemikian termasuk qana’ah juga. Dapat rezki
Alhamdulillah, ini cukup sudah. Maka akan sia-sia diberi harta banyak tetapi
merasa kada cukup. Diberi Tuhan banyak ada saja yang kurang, ada lagi-ada lagi
yang kurangnya, kebanyakkan hajat. Maka orang yang miskin itu adalah orang yang
paling banyak hajatnya. Orang yang kaya orang yang sedikit hajatnya (kebutuhannya)”.
“Kalau seseorang sudah merasa banyak bekal, orang itu akan tidak
bersyukur kepada Allah, ini berbahaya”.
“Orang yang menyembah Allah dan mengharapkan rahmat-Nya ini berprasangka
baik terhadap sesame. Karena semestinya kita ini berprasangka baik dengan orang
lain dan berburuk sangka dengan diri sendiri. Misalnya, (ketika) kita berbuat baik, (maka) kita harus khawatir jangan-jangan kada
ikhlas, kita curiga lawan diri kita : “kayaknya ini kada ikhlas”
Kayaknya kita harus kaya (seperti) itu. Jangan (beranggapan) : “Bah aku baamal ikhlas banar, mun si anu tahuam”.
Kadang-kadang kita ini tabalik. Berprasangka baik lawan diri saurang
berprasangka buruk lawan orang lain. (akibatnya) lalu merasa diri lebih baik. Ini nang
berbahaya. Merasa diri lebih baik dan menganggap orang lain kada baik”.
“Apabila banyak pandir (bicara) maka itu bukan dari tanda-tanda
orang alim”
“Mun kada bailmu, kada alim lebih baik badiam. Apabila badiam ini orang
kada tahu pada kada bailmu. Itu baiknya. Sebab apabila bapandir ketahuan orang
inya bailmu atau sebaliknya katahuan pada kada pintar. Nah jar orang sakalinya
sakali bapandir luput. Nah yang seperti ini lebih baik diam jadi kada katahuan
pada kada pintar, pada jahil”
“Duduk dengan ulama akan membawa ilmu dan pengamalannya bertambah. Orang
yang dekat dengan ulama atau mendekatkan diri dengan ulama, orang yang berilmu,
artinya orang yang berilmu dan beramal. Karena tidak semua orang yang berilmu
itu beramal. Tetapi amal ini ada 2 (dua), ada amal yang zahir dan ada amal yang
bathin. Ada yang terlihat ada yang tersembunyi. Makanya kita kada kawa
mengatakan : “sidin tu bailmu tapi kada baamal”. Kita kada tahu gawian
sidin (seseorang) ketika saurangan napa. Mungkin sidin di tengah malam shalat,
menangis, kadada nang tahunya. Itu artinya amal sir. Sirr itu bersifat rahasia.
Makanya ketika kita ingin menilai seseorang itu, pertama nilai diri kita jangan
gampang menilai orang lain”
“Jangan mencela mencaci maki orang yang sudah meninggal, karena caci maki
itu kada sampai kepada si mayit, nang sampai tu kepada telinga keturunannya”
“Manusia ini pada dasarnya ada perasaan kikir. Sedikit banyaknya tu ada.
Sekalipun orang itu dermawan ada kikirnya, tampak ada sifat pamalarnya.
Mungkin sidin dermawan dalam hal ini, tapi kada dermawan dalam hal lain. Sulit
menemukan orang yang dalam semua hal dermawan, kecuali sahabat Nabi yaitu
Abdurrahman bin Auf dan Usman bin Affan. Sedangkan kita ini kadang-kadang
dermawan lawan duit tapi kada dermawan lawan sisi, lawan ini kada, lawan itu
kada. Nangini kawa ja digatuk tapi nangitu kada kawa digatuk. Jadi,
mengurangi rasa kikir itu salah satu usaha untuk meningkatkan keimanan. Jadi
keimanan itu bertahap, perlu latihan”
“Sadar diri tu napa maksudnya ? Kita tahu kita ini siapa. Pertama kadada
nang perlu kita sombongkan. Kita sadar bahwa kadada apa-apanya kita ini.
Kesugihan kada jua, ilmu kada jua, kadudukan kada jua. Napa nang disombongakan.
Makanya kita harus sadar diri. Sekalipun kita punya jabatan, ada lagi yang
lebih tinggi. Ada pambakal, tatinggi pada pambakal ada camat, tatinggi pada
camat ada bupati, nang tinggi lagi gubernur, nang tinggi lagi presiden, nang
tinggi lagi siapa…. Rakyat. Jadi presiden tu kada wani lawan rakyat. Kalau
camat takutan lawan gubernur, gubernur takutan lawan presiden, maka presiden
takutan lawan rakyat… takutan diganti. Maka itu tidak ada yang tinggi
jabatannya, pasti ada lagi yang lebih tinggi, maka tidak ada yang patut kita
sombongkan, kadada nang patut kita ungahakan. Kenapa ? Karena semuanya
ada yang mengatasi”.
“Kita ziarah kemana-mana, ke tuan guru, ke wali-wali, ziarah kita itu
baik. Tetapi, ingat mati itu adalah wajib. Jadi kahandaknya, apabila rancak
(sering) ziarah ini semakin ingat akan mati. Artinya, semakin bertambah
amalnya, semakin sedikit maksiatnya. Tagal tatap ha nangkaya itu (tapi
tetap saja seperti itu), ujung-ujungnya
napa ? bajajalanan wara. Seperti ini ngarannya (ziarah, pen) nang
kada mengambil ibrah apa-apa. Jadi semakin banyak berziarah, maka
seyogianya orang tadi semakin ingat akan mati”
“Segala musibah betapapun beratnya kalau dia sadar, bahwa musibah itu
pasti berakhir, jadi kadada musibah nang tarus manarus sampai mati. Kadada. Sakit napakah, garing
napakah, itu akan berakhir dengan matinya kita. Tapia da sakit yang tidak
berakhir ketika kita mati, dibawa ke dalam kubur akhirnya sampai menghadap
Allah, dibawa garing itu garing napa, (yaitu) garing di hati, penyakit hati,
(seperti) ujub, sum’ah, takabbur, sombong, hasud. Itu kada bakal selamat, yang
selamat menghadap Allah (adalah) : ila man atallaha bi qalbin salim, dengan
hati yang sehat kada bapanyakit”.
“Aqal seseorang dikatakan sempurna apabila dia mengerjakan sesuatu yang disukai oleh Allah SWT.”
“Bila seseorang meninggal pada tempat yang baik, Insya Allah dia meninggal dalam keadaan baik.
Seseorang berada ditempat yang baik tidakmungkin tanpa tujuan. Dan ketika Allah
mengilhamkan kepada seseorang untuk melangkahkan kaki ketempat-tempat yang
baik, maka disitulah pengampunan Allah”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar