Jumat, 01 September 2017

DR. H. BAHRUDDIN MUHAMMAD, SH, MH




DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH, lahir di Rantau Karau Alabio, Amuntai pada hari Kamis, 2 Mei 1957 M (bertepatan dengan 2 Syawal 1376 H). Pendidikan dasar beliau di Madrasah Ibtidaiyah Rantau Karau Alabio (1970), kemudian melanjutkan sekolah pada sebuah Madrasah Tsanawiyah di Banjarmasin (1976). Setelah itu kembali ke Amuntai dan bersekolah di Madrasah Aliyah Rantau Karau (1977).
Untuk mengambil gelar kesarjanaan, beliau pertama kali kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum, kemudian mengambil S-2 Hukum di Universitas Lambung mangkurat (2013), sedangkan gelar Doktor (S-3) beliau selesaikan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang (2013).
Jabatan yang pernah beliau emban diantaranya menjadi wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Manado (2008), kemudian Wakil Ketua PTA Palangkaraya (November 2008). Setelah itu beliau diangkat lagi menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara (2011) dan menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram (NTB) tahun 2015- , dan sekarang menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Diantara kalam beliau:

“Ada 3 macam golongan hakim dalam menyelesaikan perkara, yaitu: 1) Hakim yang tahu kebenaran dan memutuskan perkara dengan kebenaran yang dimiliki dan bertanggungjawab, 2) Hakim yang tahu kebenaran tetapi memutuskan perkara dengan hawa nafsu dan menyimpang dari kebenaran, 3) Hakim yang tidak mengetahui kebenaran dan memutus perkara dengan ketidaktahuannya atau kebodohannya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar