Jumat, 01 September 2017

DR. H. A. HASIB SALIM, M.AP



DR. H. A. Hasib Salim, M.AP lahir di Amuntai, Rabu, 17 Agustus 1960 M (bertepatan 23 Shafar 1380 H). Beliau adalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang berwawasan luas dalam ilmu manajemen dan keagamaan.

Sejak tahun 1987 telah mengabdi sebagai guru, diantaranya mengajar di SMP Negeri 4 Amuntai, juga pernah menjadi Kepala Sekolah. Jabatan yang pernah beliau emban diantaranya sebagai Kepala kantor Dinas Pendidikan (2005), kemudian  Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. HSU dan Kepala Balai Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) Rakha Amuntai.

Dalam organisasi social dan keagamaan, beliau pernah menjabat sebagai Ketua IPNU Amuntai, Ketua Nahdhatul Ulama (NU) Cabang Amuntai, Ketua Bidang Pendidikan Yayasan  Pondok  Pesantren “RAKHA” Amuntai. Beliau juga adalah dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu al-Qur’an (STIQ) Amuntai dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rakha Amuntai. Jabatan lainnya  adalah Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Ilmu al-Qur’an (STIQ) Amuntai.


Diantara kalam beliau:

“Anak itu (seseorang itu) karena ditempatkan di samping rumah atau kamarnya kiai, maka ia menjadi khadamnya kiai. Kalau menjadi khadam kiai, (bearti) tiap hari ketemu kiai, tiap hari bersama kiai, pastilah (akan jadi) kiai juga. Bicaranya tidak ada yang tidak baik, bicaranya selalu pendidikan, bicaranya selalu al-Qur’an hadits yang disampaikan, maka anak kiai yang mantan…. Itu (akhirnya) menjadi kiai benaran, karena dididik dan diubah oleh orang-orang di pondok”

“Jadilah anda seorang pemimpin, pemimpin di rumah tangga, pemimpin di masyarakat menjadi contoh, menjadi innovator, menjadi dinamisator dimasyarakat dan menjadi orang yang sangat bermanfaat yang keberadaannya menimbulkan kebaikan di masyarakat”

“Jangan kita turut menyebarkan sesuatu informasi atau masalah yang dapat menimbulkan masalah di masyarakat. Kita harus menjadi orang yang kritis terhadap masalah sehingga tidak mudah terpengaruh. Jadi tidak perlu menambah-nambahi komentar yang mendatangkan masalah”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar