Senin, 10 April 2017

KH. MUHAMMAD TSANI







KH. Muhammad Tsani bin H. Zuhri lahir di Alabio, Amuntai (ada riwayat mengatakan lahir di Pulau Pinang Malaysia) tahun 1918 M. Sejak muda beliau sudah berguru dengan sejumlah ulama-ulama alumnus Mekkah al-Mukarramah dan Cairo, Mesir yang ada di Alabio dan sekitarnya, di antaranya kepada tuan guru KH. Ahmad Nagara.
Beliau merupakan ulama yang tawadhu’, itu pula yang menjadikan masyarakat begitu menghormati dan memuliakannya, sehingga pada tahun 1974 tepatnya 9 Juni 1974 M (19 Rabiul Awwal 1394 H) beliau memprakarsai berdirinya Pondok Pesantren “al-Falah” di Landasan Ulin Banjarbaru. Sejak itulah beliau memimpin dan mengelola pondok sampai tahun 1986.
Aktiftas keseharian beliau, disamping berdagang, mengelola pondok, muballigh, juga menjadi pembimbing ibadah haji, sehingga hampir tiap musim haji beliau berangkat haji bersama jama’ah yang beliau bimbing, tercatat lebih dari 20 kali beliau menunaikan ibadah haji.
Beliau wafat pada malam senin 15 September 1986 M bertepatan dengan 11 Muharram 1407 H, dimakamkan di depan Kantor Ponpes “al-Falah” Putera.

Diantara kalam beliau:

Aku ini kada pang alim, tapi aku maamalakan napa nang kuketahui”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar