Senin, 10 April 2017

KH. ABDULLAH YUSUF





KH. Abdullah Yusuf, lahir di Panangkalaan, Amuntai, 1920 M (1338 H). Pernah sekolah arab selama 4 tahun di Banjar. Kemudian beliau berguru kepada  KH. Hanafi Gobet selama 21 tahun (1960-1981), Juga dengan KH. Qasthalani mempelajari ilmu alat, hadits dan tafsir. Beliau menjalankan aktivitas dakwah dengan berceramah dari langgar ke langgar dan beberapa majelis taklim terutama di Banjarmasin.



Sejak tahun 1959 beliau  menjadi penghulu di Antasan kecil Timur. Kemudian di tahun 1979 menjadi penghulu rangkap untuk wilayah Surgi Mufti dan Sungai Jingah. Pengalaman lainnya, beliau pernah menjadi penguru Majelis Syari’ah NU (1976-1980).

Diantara kalam beliau:

“Hidup ini digambarkan seumpama kapten kapal yang selalu diawasi kompas. Kalau kita selalu ingat Allah, maka Allah juga akan kasih terhadap kita”

“Kalau kita mati menyampaikan amanah mengajarkan ilmu, maka itu termasuk mati syahid. Didalam pengajian itu dibutuhkan pemahaman. Karena menggunakan akal ia termasuk jihad, yaitu untuk menyelamatkan manusia lewat pemahaman agama”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar