Senin, 10 April 2017

KH. JAPERI



KH. Japeri bin H. Umar bin H. Saefuddin, lahir di Alabio, Amuntai pada tahun 1875 M (1292 H). Beliau adalah pimpinan cabang Muhammadiyah Alabio yang pertama, memimpin pada tahun 1925-1932.
Sejak kecil beliau sudah belajar membaca kitab agama dengan para ulama di Alabio, kemudian ke Nagara (HSS), lalu ke Pamangkih (HST) dan juga ke Kelua.
Di usia 15 tahun pergi ke Makkah untuk berhaji sekaligus mukim selama 5 tahun untuk mengkaji ilmu agama. Tahun 1895 M beliau kembali ke Alabio (dalam usia 20 tahun) beliau sudah membuka pengajian untuk warga sekitar pada hari minggu, sednagkan pengajian khusus untuk kaum wanita diselenggarakan pada setiap hari senin. Sedangkan setiap hari selasa beliau memberikan pengajian ke luar alabio, yaitu ke kampung jarang Kuantan.
Dalam usia 32 tahun (1907) setelah 12 tahun mengajar, beliau diangkat menjadi khatib masjid jami’ Alabio yang dipegangnya sampai wafatnya.

Tahun 1908 diangkat menjadi anggota Road Agama dan pernah diminta untuk menjadi Mufti di Amuntai, tetapi beliau tolak karena merasa lebih suka menjadi orang swasta.
Pada tahun 1923 beliau berangkat ke Yogyakarta ditemani oleh H. Usman Amin, pengusaha asal Alabio yang tinggal di Surabaya, bermaksud untuk menemui KH. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Namun ternyata tidak sempat bertemu karena lebih dulu meninggal pada 23 Februari 1923. Tetapi selama di Yogya beliau memperhatikan visi dan misi Muhammadiyah dan berbagai aktivitasnya.
Setibanya di Alabio, April 1923, beliau langsung mengadakan musyawarah dengan para ulama di Alabio untuk menjajaki kemungkinan untuk mendirikan cabang Muhammadiyah di Alabio. Rencana tersebut kemudian terlaksana dengan berdirinya cabang Muhammadiyah yang pertama di Kalimantan, yaitu Muhammadiyah Cabang Alabio di tahun 1925.
Beliau meninggal pada 5 Juli 1932, bertepatan dengan 2 RabiulAwwal 1351 H dalam usia kurang lebih 57 tahun (61 tahun dalam hitungan Hijriah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar