Selasa, 11 April 2017

KH. HASBULLAH YASIN




KH.Hasbullah Yasin bin H. Muhammad Yasin lahir pada tahun 1900 M (1318 H) di Alabio, Amuntai. Pertama mendapat pendidikan di “Inlandsch School” Alabio. Tahun 1927 pergi berhaji sekaligus mukim untuk menimba ilmu pada “Ma’hadul Islamy Su’udy” Mekkah (1927-1930). Sepulang dari Mekkah (1930) beliau mendirikan “Wustha Mu’allimin Muhammadiyah” di Alabio. Beliau berguru dengan KH.Japeri pendiri Muhammadiyah Alabio dan KH. Abdurrasyid pendiri Arabische School (cikal bakal Rakha).

Pernah menjabat sebagai “Hombo Sidoin” (mengurusi masjid dan rumah-rumah ibadah). Ketua Urusan Yatim pada ”Jami’ah Islamiyah” (Borneo Kaikyo Kyokai) di Kandangan.
Pada 27 Oktober 1945 beliau ditangkap ketika akan shalat zuhur. Dan dalam perebutan senjata dengan Nica ia ditembak dan gugur sebagai syuhada dan dimakamkan di Sungai Pandan. Oleh Pemerintah RI pada tahun 1959 beliau ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan.

Diantara kalam beliau:

“Orang-orang yang menghalang-halangi perjuangan kemerdekaan adalah munafik dan kalau dia mati mayatnya “jangan diurus” .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar