Jumat, 02 November 2018

Kalam Habib Y


Y

(1) SYEKH YUSRI RUSYDI al-HASANI  :

 


·           Tanda bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala ridho kepada seseorang hambanya, hamba itu redha dengan segala apapun yang ditakdirkan baginya.

 

·           Hendaklah engkau mengambil sebuah ilmu dari para ulama, sebagaimana engkau mengambil sebuah saran kesehatan dari seorang dokter.

 

·           Yakinlah kamu ada dalam do’a dari para hujjaj.

 

·           Ketahuilah bahwa amal ibadah orang-orang shaleh diantara ummat Islam menjadi syafaat untuk ummat Islam yang berlaku tidak/ kurang baik.

 

·           Kita ini hidup ditengah begitu banyak bakteri yang kita hisap bersama udara. Kita konsumsi bersama makanan/ minuman kita, tapi kita tidak sakit karena Allah ta’ala menjaga kita dan memberi kita begitu banyak pasukan penjaga agar kita bisa bertahan hidup.

 

·           Sebagai seorang dokter aku tidak pernah memasukkan dettol kerumahku, juga tidak pernah membeli alkohol. Cukup dengan menggunakan air secukupnya. Apabila kamu berwudhu biasa mencuci tanganmu yang kamu lakukan 5 kali dalam sehari, maka kamu aman, apabila ditambah dengan sabun sebelum dan sesudah makan, maka hal itu lebih dari cukup. Karena air tidak membunuh kuman bakteri yang baik, sementara obat pembersih membunuh bakteri yang baik dan buruk sehingga tanganmu tanpa pasukanpenjaga. Ketahuilah bahwa semua organ tubuhmu dihuni bakteri sampai kotoran terdiri dari 70 % bakteri, 10 % sel mati dan 20 % adalah sisa makanan, ini menunjukkan bahwa kita dijaga Allah ta’ala dengan begitu banyak pasukan.


_____________

(2) HABIB  YUSUF  bin  ALWI  bin  HASAN AL BA’BUD  :

·            Membaca manaqib para wali saja kita mendapat rahmat, apalagi syair maulid alhabsyi (dan laian-lain) yang berisi sejarah perjalanan hidup Rasulullah saw.

·            Menjadi orang yang baik merupakan suatu rahmat yang tidak terkira.
______________


(3) HABIB YUSUF bin LUKMAN al-KAFF:


·           Penampilan hanya dapat menipu sesama manusia saja, namun Allah tidak dapat tertipu oleh penampilan jasad, karena Allah Maha Melihat dan nilai rohaniah dari hamba-Nya. Maka sebaik-baik amal adalah amal lahiriyah yang diteguhkan dengan niat rohaniyah.

·           Sedikitlah kalian berbicara, karena bila ada yang harus dijelaskan, maka mudahlah kalia untuk menambahkan kalimatnya. Dan janganlah kalian banyak dan berlebihan dalam bercakap, karena bila ada kekeliruan dalam cakap maka tidak akan dapat ditarik kembali. Dan banyak cakap akan mendatangkan kemudharatan dan dapat menimbulkan perselisihan yang tidak diperbolehkan dalam agama.

·           Rejeki adalah perkara wajib bagi Allah atas hamba-Nya. Sedangkan kewajiban hamba adalah beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala. Jadi tak perlu mengatur rejeli, karena yang demikian hak Allah Subhanahu wata’ala, bukan perkara kita dan kita tidak memiliki kuasa dengan ha tersebut. Cukuplah berikhtiar, dan setelahnya serahkan pada Allah Subhanahu wata’ala.

·           Kerugian harta sangatlah terasa, kerugian dalam iman tidak pernah terbaca, itulah yang terjadi pada pengikut dunia.

·           Jika hidup sederhana itu indah, kenapa bersusah payah jadi orang kaya. Bila terkesan memaksa, merdeka itu raja, ddiperbudak itu hina. Maka jangan rela diperbudak nafsu, walaupun itu menyakinkan anda akan menjadi raja, karena selamanya anda akan menjadi budak, meskipun anda duduk di singgasana.

·           Optimis bagian dari berprasangka baik kepada Allah Subhanahu wata’ala. Pesimis adalah salah satu prasangka buruk kepada Allah Subhanahu wata’ala.

·           Pencapaian keikhlasan dalam hati adalah lebih sulit daripada kepintaran dalam ilmu.

·           Jangan sakiti orang baik, jangan tipu orang baik, jangan curangi orang baik, jangan mengambil kesempatan dari orang baik, karena suatu saat kita akan merindukannya setelah kita tak lagi dipercaya olehnya.
___________________



(4) SYAIKH al-YA’QUBI al-HASANI :


·           Terdapat beberapa pintu ma’rifat yang disediakan bagi ummat Nabi Muhammad Shallallahu ‘aialhi wasalam, dan masih ada satu pintu yang masih kosong, yakni pintu tawadhu’.

·           Tidak baik memperlihatkan (memajang foto) istri dan anak-anak gadis kita kepada setiap tamu yang datang ke rumah.

_________________

(5) SYAIKH  YUSUF bin ISMAIL an-NABHANI

·            Kaum sayyid al-Ba’alawy oleh ummat Muhammad saw sepanjang zaman dan disemua negeri telah diakui bulat sebagai ahlulbait nubuwah yang sah,baikditilik dari sudut keturunan ataupun kekerabatan, dan mereka itu adalah orang-orang yang paling tinggi ilmu pengetahuan agamanya, paling banyak keutamaannya dan paling tinggi budi pekertinya.

·            Membiasakan memakai sandal yang menyerupai sandal Nabi saw. mendatangkan faedah berupa mimpi bertemu Nabi Saw, sebagaimana disebutkan oleh Ash-Shihab Ahmad al-Mugri didalam kitabnya Fath al-Muta’ali fi Madhi an-Ni’al yang isinya antara lain tentang keutamaan penyerupaaan sandal yang mulia (Nabi saw).

·            Barangsiapa ingin mimpi bertemu nabi saw dan lebih dari itu dalam keadaan terjaga sebagaimana dipahami dari perkataan sebagian orang bijak, hendaknya dia mengikuti segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Terus menerus mengikuti sunnahnya yang dibarengi dengan mencintainya dan merindukannya serta banyak mengingatnya, bershalawat atasnya, selalu membaca puji-pujian kenabian dan menghadirkan gambarannya yang mulia. Hal itu apabila dia pernah mimpi bertemu dengannya sebelumnya. Sedangkan apabila belum mimpi bertemu dengannya, hendaknya dia menampakkan seluruh sifat-sifat yang mulia dari nabi Saw. Dan apabila dia telah menziarahinya, hendaknya dia menghadirkan kamar ya yang mulia seakan-akan dia berdiri di depannya.
__________________

(6) HABIB YAHYA bin HAMID ASSEGAF (Lampung)


·            Para ulama itu, sehebat apapun ilmunya, sebanyak apapun penguasaan atas pengetahuan agama, mereka tetap  memiliki pembimbing rohani (mursyid) yang bisa menghantar ma’rifatullah.

·            Seorang ulama tidak disyaratkan memiliki charisma dan tidak pula diperintahkan mencari charisma. Hakikat charisma adalah konsistensi (istiqamah) itu sendiri, dan ulama melarang mencari karomah, namun memerintahkan agar mencari istiqamah.

·            Seorang ulama tidak boleh silau dengan dukungan ummat yang meluas, karena jika silau dukungan massa malah dapat menjadi hijab antara dirinya dengan Allah Subhanahu wa ta’ala.

·            Berthariqah itu tidak terpaku kepada amaliah wirid dan dzikir saja, namun  diharapkan dapat berkiprah atau dakwah bil hal (dakwah dengan tingkah laku) ditengah-tengah masyarakat.
__________________


(7) SIDI YUSUF MUHYIDDIN al-BAKHOUR al-HASANI
 

 

·            Sesiapa yang menyerahkan urusannya kepada Allah Swt (tawakkal) pada permulaan suluknya, maka Allah Swt akan memuliakanya di penghujung suluknya.

·            Sesiapa yang mana permulaannya membakar-bakar atau menyala-nyala maka penghujung nya akan terang benderang.

·            Kejujuran kepada Allah merupakan jalan yang paling hampir untuk menuju Allah Swt.

·            Kelalaian itu pintu bagi segala kesalahan dan nafsu itu pintu bagi segala kehinaan.
·            Seorang murid yang hakiki itu bukanlah yang menisbahkan kepada gurunya, tetapi murid yang hakiki itu ialah orang dinisbahkan akan gurunya kepadanya.
       ____________________



(8) HABIB YAHYA ASSEGAF (Situbondo):


·            Puncak keimanan adalah akhlak terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam. Tidak berarti ibadah yang kita lakukan jika kita tidak berakhlak.
___________________

(9) HABIB YAHYA ROSYAD (Grobogan):


·            Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan, pasalnya walaupun dikerjakan dengan riya’ tetap mendapatkan pahala minimal pahala menyenangkan orang lain.

·            Percuma orang yang bersedekah kalau tidak mendirikan shalat, sebab sedekah dan shalat itu satu paket. Orang sedekah ya harus shalat, orang shalat ya harus bersedekah.

·            Usaha nggak sedekah juga nggak. Pengennya jadi orang kaya, piye jal? Kalau pengin kaya maka bersedekahlah, jangan bersedekah menunggu kaya.

__________________  

(10) HABIB YAHYA bin ABDILLAH al-HABSYI:


·            Kalau antum mempunyai prinsip yang baik, maka prinsip tersebut hanrus antum jaga. Kalau antum tidak menjaga atau memegang prinsip antum terkait dengan urusan ibadah, terkait dengan urusan kebiasaan yang baik, terkait dengan urusan pendekatan kita kepoada Allah dan Rasulullah, maka antum akan mendapatkan kerugian.
________________


(11) SYARIF YUSUF al-ANGGAWI al-HASANI
         (Yusuf bin Ali bin Abdullah al-anggawi al-Hasani):


·         Tidak seorangpun punya kemampuan untuk melakukan sesuatu hal secara sempurna, tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan hal yang benar.

·         Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan melupakan kebaikan yang kamu beri, kesusahan orang lain yang kamu atasi dan mata yang hampir saja menangis lalu kamu buat bahagia. Hiduplah di atas prinsip jadilah orang baik meskipun kamu tidak diperlakukan dengan baik oleh orang lain.


(12)        HABIB YAHYA bin ALWY al-HADDAR
 

·       Hendaknya kita memperbanyak pertemuan atau berkumpul dengan majelis-majelisnya orang-orang shaleh, orang berilmu dan rajin beribadah untuk menambah nilai sebagai manusia yang bertaqwa, karena bertemu/ berkumpul dengan orang-orang besar dan beriman akan dapat membawa perubahan dalam kehidupan seseorang.

(13)        HABIB AHMAD YUNUS al-MUHDOR


 

·       Orang yang bershalawat itu ibarat orang yang keluar dari dalam lautan, dia masuk dalam keadaan kotor dan dia keluar dalam keadaan bersih.

 

·       Ketika engkau bersujud dihadapan Allah, maka engkau jangan angkat kembali dengan kesombongan, jangan engkau angkat kembali dengan takabbur, jangan engkau angkat kembali dengan iri hati dan kedengkian.

 

·       Seandainya orang yang mendapat Mahabbatullah itu aku belah, maka dia tidak akan merasa sakit sedikitpun.



(14)     YAHYA ASSEGAF (john sakava)

 


·       Sudah jelas, penculikan (terhadap, pen) saya adalah hanya sebagian kecil dari konspirasi politik tingkat tinggi. Jika saya tidak dekat dengan para petinggi dan jika istri saya tidak menghubungi mereka untuk diminta pertolongan, bisa saja saya berakhir seperti korban-korban penculikan lainnya yang tidak mungkin keluar dari penjara hidup-hidup. Seperti diancamkan sikolonel penculik itu kepada saya. Ada juga kemungkinan intelejin asing berada dibalik penculikan saya ini, mengingat kiprah keintelejinan saya di timur tengah. Terutama dalam operasi-operasi clandestine di Yaman Selatan yang membuat komunisme tanggal di wilayah itu (kutipan).



(15)     HABIB YUSUF bin HUSEIN bin ABUBAKAR ALAYDRUS


 

 

·       Orang-orang tua kita dulu biasanya membaca al-Qur’an sehabis maghrib, jadi habis maghrib jangan kemana-mana, duduk saja di rumah, atau disuatu tempat, di mesjid atau mushalla, kita bisa membuka al-Qur’an. Kalau tidak bisa selepas maghrib, maka bisa tengah malam baca al-Qur’an sebelum waktu subuh, sekitar jam 2 jam 3 kita baca al-Qur’an itu.

 

·       Kalau bisa kita keluarkan air mata kita (saat membaca, pen) Karena kalau kita baca al-Qur’an itu, Allah sudah memberikan ilmu kepada orang yang membaca al-Qur’an, Allah sedang membimbingnya untuk terus ingat kepada-Nya dan kalau kita shalat itu adalah ucapan kita untuk kita berdialog kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, sedangkan kalau baca al-Qur’an itu artinya Allah sedang berdialog kepada kita.

 

·       Mendekati orang-orang alim, mendekati orang-orang shaleh itu dapat membuat akal kita cerdas, hilang kebodohan.

 

(16)     HABIB YAHYA bin MUSTHOFA MAULA AIDID

           (Habib Yahya bin Musthofa bin Abdurrahman bin Zein Maula aiidid)

 


 

·       Kalau seseorang ingin mendapatkan maqam yang tinggi disisi Allah Subhanahu wa ta’ala, maka dia harus bangun malam betul-betul bersujud kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Maka dikatakan : Kalau kau ingin mendapatkan maqam yang mahmud, maqam yang tinggi, terpuji disisi Allah Subhanahu wa ta’ala, maka bertahajjudlah, bangun dimalam hari untuk shalat.

 

 

(17)     YAHYA bin ABU DZARRIN bin HUSEIN BASYAIBAN

 


 

·       Jika Allah adalah tempat mencari jalan keluar terhadap berbagai masalah, maka jangan khawatir.

 

 

 

(18) SYAIKH SAYYID YUSUF bin HASHIM bin AHMAD al-RIFA’I

 


 

·       I want to say that the celebration at Prophet’s birth (mawlid al-Nabbawwi al-Sharif) is a part of our love for the prophet. So if there is love there ia a celebration (al-Ihtifal), if there is no love there is no celebration and therefore those who deny celebrating (al-Ihtifal) their heart are empty of love (al-Mahabba) (Saya ingin mengatakan bahwa perayaan kelahiran Nabi (maulid al-Nabbawi al-Sharif) adalah bagian dari kecintaan kita kepada Nabi. Jadi kita ada cinta disana adalah sebuah perayaan (al-Ihtifal), jika tidak ada cinta tidak ada perayaan, dan oleh karena itu mereka yang menolak merayakan (al-Ihtifal) berarti hati mereka kosong dari cinta)

 

·       (People) claim here that the Arab world – the Arabs they are not celebrating the Prophet’s birth (al-Mawlid); they are saying this to you : From where have you brought the birth celebrations (al-Mawlid)? Arab people do not celebrate the birth (al-Mawlid). This is a big lie. This ia the biggest lie. It is a day of celebration in Kuwait, Bahrain, United Arab Emirates, Dubai, Jordan, Syria, Iraq, Egypt, Morocco, Tunisia, Indonesia and Malaysia in all the Muslim community (al-Umma) and other areas. I have proof of this. Anyone can go to the embassies of these countries here and ask them whether you celebrate the Prophet’s birth (al-Mawlid) or not. They would then tell him this fact and he can even get videos of the celebrations. (Orang-orang ada mengatakan bahwa di sini, bahwa dunia arab atau orang arab tidak merayakan kelahiran Nabi (al-Maulid), mereka mengatakan ini kepadamu. Orang arab tidak merayakan kelahiran (al-Maulid). Ini adalah kebohongan terbesar. Karena maulid ini dirayakan di Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab, Dubai, Yordania, Suriah, Iraq, Mesir, Maroko, Tunisia, Indonesia dan Malaysia. Disemua komunitas muslim (al-Umma) dan daerah lainnya. Saya punya buktinya. Siapapun dapat pergi ke kedutaan dinegara-negara ini dan bertany apakah anda merayakan hari kelahiran Nabi atau tidak. Mereka tentu akan memberitahukannya fakta ini dan dia bahkan bisa mendapatkan video perayaannya)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar