Jumat, 02 November 2018

Kalam Habib R



R

(1) HABIB  RIDHO  bin  ACHMAD  bin  YAHYA  



·            Gerak hati itulah yang dinilai oleh Allah, dan sekaligus merupakan cermin asli keikhlasan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan. Karena itu, dalam Islam niat mempunyai kedudukan sangat penting bagi terlaksananya suatu perbuatan. Sesuai dengan sabda Nabi Saw :  innamal a’malu binniyyat, nilai suatu amal tergantung dari niatnya.
__________________

(2) HABIB  RIZIEQ  SHIHAB  :


·            Dalam Islam, kekerasan merupakan cerminan 2 sikap.
Pertama, cerminan sikap tegas dan keteguhan prinsip.
Kedua, cerminan kekerasan sikap dan kebengisan hati.
Jadi ada 2 tipe kekerasan. Tipe yang pertama dibolehkan dalam Islam, bahkan Allah Swt memerintahkannya sementara tipe kekerasan  yang kedua ini yang dilarang.

·            Kita tahu, zionis israil dan amerika adalah teroris besar  dan agresor paling keji di dunia. Apa yang mereka perbuat sekarang terhadap penduduk sipil Lebanon dan Palestina ? Mereka membunuh secara kejam anak-anak dan wanita yang tidak berdosa, tapi herannya dunia tidak ada yang bergerak untuk menghambat, ummat Islam hanya mengimbau-imbau tanpa ada aksi konkret. Marilah kita bersatu bangkit dan berjihad untuk membela kehormatan kaum muslimin dan memberi pelajaran kepada para teroris itu.

·            Orang yang memeberi nasehat lembut saja ada resikonya. Nah resiko-rediko ini merupakan dinamika perjuangan. Kita mesti siap dicaci, difitnah, digunjingkan, dikucilkan, dibenci dan sebagainya. Ana melihat, seberat apapun tantangan itu, kalau kita nikmati sebagai ujian dari Allah, tidak ada yang berat. Kalau kita rela, sabar, tabah, semua akan terasa nikmat.

·            Ana melihat, kemungkinan aqidah adalah asysyaddul munkaran, seberat-beratnya kemungkaran. Bahkan lebih berat dari judi, perzinaan, atau miras. Kemungkaran aqidah itu adalah pemurtadan. Maka pemurtadan menjadi salah satu yang kita fokuskan untuk kita cegah.

·            Ada 3 pilar yang harus ditegakkan untuk memajukan ummat Islam yaitu memperkuat ukhuwah islamiyyah, mempererat persatuan bangsa dan memajukan pendidikan anak-anak ummat Islam.

·            Wahai kaum nahdliyin, musuhmu bukanhya muhammadiyah. Dan ummat muhammadiyah, musuhmu bukan orang NU. Orang jawa janagan memusuhi orang madura, dan orang madura jangan memusuhi saudara seagama kalian. Musuh kita adalah ketidakadilan, kezaliman, dan orang-orang yang hendak menggerogoti serta memecah belah ummat Islam.
____________________

(3)  HABIB  RAIS  RIDJOLI bin HASYIM bin THAHIR  BA’ALAWI  :


·            Syari’at adalah perkataan, tarikat adalah perbuatan, hakekat adalah keadaan, dan makrifat adalah modal. Keempatnya ini yang disebut syari’at muhaammad.

·            Rahasia manusia adalah Muhammad, rahasia Muhammad adalah Rabbi, Rahasia Rabbi adalah Allah Swt. Nah, disini kalau di urai, semua penjelasan ketuhanan itu sangat manusiawi.

·            Manusia dimuka bumi harus melakukan hal-hal yang manusiawi dan sesuai dengan fitrah kemanusiaan, Kejahatan dan perilaku negatif adalah sifat-sifat yang melawan kefitrahan, dan semua yang melawan sifat kefitrahan pasti tidak disukai.
“Maka hadapkanlah wajahmu dengan Lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (Qs. Ar-Ruum (30) : 30)
__________________


(4) HABIB RIF’AT bin KHALIL bin FARIS ad-DRIMLI:


·         Rasulullah itu sangat bijaksana. Selalu lemah lembut dan penuh kasih sayang sekalipun dengan orang-orang yang menyakitinya atau membencinya. Kekerasan yang terjadi saat ini, terutama dengan mengatasnamakan agama sesungguhnya dapat dihindari jika dalam diri ummat, khususnya para pimpinan terus menjaga kesantunan dan kelembutan hati.
________________

(5) HABIB RIDHO bin FUAD al-QADRI

 


 

 

·         Jangan pernah bersuka cita karena dipuji karena jikapun benar menambahkan ketakaburan dalam hatimu dan jatuh menghunjam derajatmu dihadapan Allah Subahanahu wa ta’ala, kalaupun pujian itu tidak benar berarti kamu rela kebohongan terpatri pada dirimu.

 

·         Jika kamu mencintai seseorang (maka) cintailah dia apa adanya bukan karena kamu ingin dia menjadi seperti yang kamu inginkan, karena sesungguhnya kamu mencintai cerminan diri kamu pada dirinya.

 

·         Orang yang kuat hatinya bukan mereka yang tidak pernah menangis, melainkan orang yang tetap tegar ketika banyak orang menyakitinya.

 

·         Datangilah sahabatmu disaat dia susah dan lenyaplah disaat dia bahagia, karena sesungguhnya kamulah yang diingat disaat dia sedang susah disaat kamu membantunya, jangan menghilang ketika engkau bahagia dan diwaktu kau susah seluruh orang tau... itu sama saja kau cap dahimu dengan kesombongan, takabur dan egois, tidak akan ada orang yang membantumu waktu susah jika sikap kita seperti itu.

 

·         Berfikirlah sebelum berbicara, karena dengan begitu, kamu akan mengurangi kesalahan ataupun masalah yang mungkin akan terjadi.

______________ 



(6) HABIB RIFKY ALAYDRUS:
(Abdullah Rifky alaydrus)


·       Dalam lapangan seringkali kita temukan bahwa persiapan, kekuatan dan bala tentara kebatilan itu lebih banyak, lebih canggih dan lebih kuat. Sementara dipihak kebenaran jumlahnya lebih sedikit dan kekuatannya lebih terbatas. Akan tetapi faktanya pihak kebenaran dengan segala keterbatasannya selalu meraih kemenangan.

·       Kejujuran dan keikhlasan dalam perjuangan harus terus dijaga dalm bingkai istiqamah. Tidak cukup sekali dua kali saja, tapi keikhlasan itu harus selalu dijaga dalam beramal dan berjuang hingga kemenangan itu tiba.

·       Setelah memulai perjuangan dengan penuh keikhlasan dan terus menjaga keikhlasan ini sepanjang kehidupan maka faktor selanjutnya adalah bersandar hanya pada kekuatan Allah Subhanahu wata’ala. Tidak berharap kepada bantuan atau kekuatan dari siapapun. Karena kemenangan itu hanya dari Allah Subhanahu wata’ala.

____________________  

(7) SAYYID RAIHAN al-QADRI
(Muhammad Raihan bin Said al-Qadri):

·           Sebelum memulai majelis maka jangan ada yang merokok, kecuali kalau sudah selesai acara, agar majelis kita lebih mendekatkan kepada Ridho Allah Subhanahu wa ta’ala.

·           Ada 3 makna pengertian tentang haul itu sendiri. Pertama, haul bermakna daya dan upaya sebagaimana kalimat La haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adhim. Kedua, haul berarti sekeliling sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur’an surah al-Isra (17) ayat 15. Ketiga, haul berarti setiap putaran satu tahun orang yang meninggal maka dikatakan haul.

________________ 

(8) HABIB RIFKY bin IDRUS al-HAMID:




*   Syukur itu dengan hati, dengan tunduk dan merasa tenang. Syukur itu dengan lisan, dengan memuji dan mengakui. Syukur itu dengan anggota badan, yaitu dengan taat dan patuh pada Allah.

·        Cinta adalah buah dari adab. Ketika kita benar-benar beradab dan berakhlak maka cinta sejati akan muncul sebagai buah dari adab.



Puasa menghiasi diri dengan keutamaan sifat sabar yang terhimpun dalam 3 bentuk sabar, yaitu sabar dalam ketaatan kepada Allah, sabar dalam menjauhi maksiat dan sabar menerima cobaan Allah.


·    Puasa merupakan bentuk ketaatan yang paling mulia dan suatu rahasia antara hamba dan tihannya. Puasa juga berfungsi sebagai puncak barometer dalam melaksanakan amanah.
_______________ 
(9)     SAYYID RIEZAL BIN SYEKH ABU BAKAR: 
·         Bahagia itu terletak pada syukur. Siapa pandai bersyukur maka ialah orang yang bahagia. Jika ia tidak pandai bersyukur, sekalipun dunia diberi, dia tidak akan pernah bahagia.
 ___________
 
(10)       HABIB RIFKI MUCHDOR ASSEGAF (Ustad Wakwaw):
 Siapapun yang memiliki ilmu lalu memanfaatkannya dan memberi manfaat pada orang lain, samalah seperti matahari yang menerangi dirinya dan orang lain sedang ia sendiri terus bersinar.
 
Bagaimana caranya agar keturunan kita menjadi anak yang shaleh/sholehah. Caranya gampang? Ikuti ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasalam, (dimana) sewaktu mengandung jangan makan makanan yang diharamkan oleh Allah, jangan ngomong yang kotor-kotor, tidak boleh bicara kasar/ keras sama suami dan lain-lain.
_____________


(11)         DR. ABDUL RAHMAH al-HABSYI :
 

· Seseorang yang berilmu itu pasti melahirkan rasa takut kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, dan hakikat ilmu yang bermanfaat itu adalah bilamana membuahkan perasaan takut kepada Allah. Sesuai dengan firman Allah : “Sesungguhnya yang takut kepada Allah hanyalah ulama”. Jadi, ilmu itu kandungannya adalah rasa takut yang mesti ada kepada semua orang yang mencari ilmu.

_________________

(12)         HABIB RIDHO al-HAMID
(Ahmad Ridho bin Faisal al-Hamid) :



· Pelaku maksiat punya anggapan bahwa maksiat itu indah dan merupakan puncak kebahagiaan. Mereka tidak tahu bahwa berbuat taat dan kumpul para auliya shalihin jauh lebih indah dan merupakan puncak kebahagiaaan di dunia sampai akherat.

·  Terkadang seorang auliya menahan kita untuk bertemu beliau, karena beliau lebih tahu maslahatnya untuk kita, agar kita selalu rindu dan husnudzan yang full.

_________________

(13)         HABIB ABDURRAHMAN al-JUFRI :
 

·Jangan mudahkan lisanmu mengeluh, ingat saja bahwa yang datang akan selalu indah, jika tidak diawal atau dipertengahan, maka ia akan indah di akhir.

· Ketampanan dan kecantikan wajah akan lapuk dimakan usia. Keindahan rupa memudar seiring masa. Tapi indahnya pekerti/ akhlak cantiknya akan tetap abadi.



(14)       HABIB REZA bin  MUHDHOR ASSEGAF :





·         Kita terlalu sibuk memikirkan sebagaimana mencari kehidupan yang baik sampai kita lupa memikirkan bagaimana mencari kematian yang baik.



·         Terkadang sebuah kritikan lebih dibutuhkan daripada sebuah sanjungan. Karena sebuah kritikan dapat membuat seseorang lebih berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tetapi, sanjungan yang berlebihan dapat membuat seseorang cenderung lebih berpuas diri tanpa ada rasa ingin mengoptimalkannya lagi.



·         Ketika seseorang mengetahui betapa luasnya agama ini, maka ia tidak akan begitu mudah menyalahkan, membid’ahkan atau bahkan mengkafirkan yang tidak satu pandangan dengan dirinya. Karena untuk melihat keluasan agama ini tidak akan bisa dilihat dengan satu pandangan saja tetapi juga harus dengan pandangan-pandangan yang lain.



·         Ketika kita hendak melakukan sesuatu dan Allah yang kita jadikan sebuah tujuan maka Allah akan memberikan kita sebuah bantuan.

·         Ketika engkau dinasehati tetapi engkau justru membenci atau bahkan memutuskan tali silaturrahim kepada orang yang telah menasehatimu, ketahuilah bahwasanya ada sifat takabur (sombong) didalam hatimu.

·         Seberapa banyak amalanmu, seberapa keras mujahadahmu dalam melakukan amalan, jangan pernah merasa aman dari api neraka dengan memiliki itu semua, karena belum ada jaminan engkau bisa masuk sorga dengan amalan itu.

·         Tidak perlu kau sibuk menampak-nampakkan keshalehanmu untuk mendapat wanita shalehah, cukup kau sibukkan dengan menshalehkan dirimu dihadapan Rabb-mu, maka Allah akan mendatangkan wanita shalehah untukmu.
·         Cintailah para ulama dan habaib, karena dengan mencintai mereka kita akan bersama mereka kelak diakherat. Mereka meninggal tapi hanya jasmaninya saja. Hakikatnya mereka masih hidup, dengan menziarahi dan mendo’akan mereka maka mereka juga akan mendo’akan kita.
      __________ 

(15)         SIDI SHEIKH ROHIMUDDIN :

 


·         Siapapun yang menempuh jalan Allah tanpa pembimbing (mursyid), ia akan larut keselama masa 100 tahun untuik perjalanan yang hanya memerlukan 2 hari.

 

·         Jika kamu tidak suka mereka, tinggalkanlah. Jika ucapannya mengganggumu, jangan direspon. Jika mereka menyakitimu, balaslah dengan kebaikan. Dan jika mereka melakukan kesalahan dalam hakmu, maka abaikanlah. Jalani apa yang membuatmu bahagia, bukan sebaliknya.



(16)     RIZKY ALATAS (Muhammad Rizky bin Musthafa alatas) :


·       Awali pagimu dengan rasa sayang. Sayang dengan diri sendiri. Sayang dengan orang di sekitarmu. Maka dunia akan menyayangimu.

·       Hidup ini indah, disaat kunikmati. Dan langsung pusing ketika mulai kupikirkan. 

(17)     HABIB RIDHO YAHYA
(Habib Muhammad Ridho bin Ahmad bin Aqil bin Salim bin Umar bin Hamid bin Aydrus bin Syaikhan bin Umar bin Syaikhan bin Hasan bin Aydrus bin Muhammad bin Hasan bin Yahya bin Husain ahmar bin Ali bin Qhinaz bin Alwi bin Muhammad Mauladawilah .... Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam) :


·   Ikuti saya, maka hidupmu akan membawa keberkahan dan jangan lupa jika mendapatkan rezeki lebih maka bersedekahlah. Inilah yang akan menjadikan hidupmu tenang, dijauhi dari bala’, serta dapat membawa nilai kebaikan dari Allah untukmu dan keluarga (wasiat/ pesan kepada anak-anak beliau).




(18)     SAYYID ABDU ROBAH SULAIMAN al-QALYUBI




·       Tiada pembaiatan kecuali dengan cinta, istighfar dan shalawat, itulah bai’at menurut pemahamanku.


(19)     HABIB AHMAD ROQI bin FUAD BAFAQIH



·       Orang yang riya nanti diakhirat, ketika dia berangan-angan pengin dapat pahala atas apa yang dia kerjakan didunia. (maka) dia ditampar kemuka, kamu minta pahala sama orang yang kamu pengin dipuji, jangan minta sama Aku. Sayang nggak kira-kira ? ya sayang. (makanya) ente di majlis yang mau khidmat, berkhidmatlah karena Allah, bukan pengin dibilang dekat sama habib, bukan ingin dibilang ahli majelis. Bukan karena itu, tapi berkhidmatlah karena Allah Ta’ala. Harus dibiasakan seperti itu.
·       Husnudzan kepada Allah, (misal) kenapa ya ana dikasih penyakit, mungkin ana termasuk orang durhaka, sampai benaran nanti. (misal) ana bermaksiat nih, mungkin Allah sudah nggak sayang sama ana, ntar lagian dapat bala, dapat bala benaran nantinya. Beneran, jangan begitu. Bagi orang yang bermaksiat, berhusnudzanlah, akui sebagai kesalahan diri : Ya Allah, alhamdulillah aku baru sadar, terima kasih ya Allah sudah menyadarin ana, ana kembali bertaubat kepadaMu Ya Allah, aku yakin Engkau maha Rahman, Engkau Maha Pengasih, Maha Penyayang, Engkau Maha Penerima Taubat, taubat dari segala dosa, terimalah tobatku ya Allah. Husnudzan-lah. Minta pada Allah : Ya Allah, aku berdo’a sekarang ini, aku tahu aku banyak dosa, tapi aku tahu yakin suatu saat nanti Allah pasti akan kabulkan keinginanku. Husnudzan-lah. Tetap berprasangka baik kepada Allah.


(20) SAYYID AHMAD AR-RIFA’I

(Ahmad bin Abul Hasan bin Ar-Rifa’I bin Yahya bin Tsabit bin Al-Khazim bin Ahmad bin Ali bin Abi al Makarih al-Hasan (Rifaat al Makki) bin al-Mahdi bin Muhammad abi al-Qasim bin Hasan bin Husin bin Ahmad bin Musa ats-Tsani bin Imam Ibrahim Murthadlo bin Musa al-Kadzim bin Ja’far ash-shadiq bin Husein bin Ali zainal Abidin bin Husin bin Ali dan Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah Saw)

 


·         Tanda keintiman dengan Allah adalah dengan menjauhkan dari seluruh makhluk kecuali para wali, sebab dekat dengan mereka akan mendekatkan pada Allah.

 

·         Dekatkan hatimu dengan majelis dzikir, supaya kamu menyadari kealpaan hatimu.

 

·         Hal yang paling dibenci Allah adalah memperturutkan hawa, dan lebih buruk dari itu adalah meminta upah dari amal perbuatannya.

 

·     Sebaik-baik taat adalah dengan mengawasi kebenaran sepanjang waktu.

 

·         Kedekatan dengan Allah tidak akan tercapai kecuali oleh hamba yang telah suci hatinya, jernih zikirnya, dan menjauhi segala hal yang menyibukkan selain yang berhubungan dengan-Nya.

 

·         Seseorang dikatakan masih konsekuen dengan sunnah selama ia masih menuruti sunnah nabi, kalau ia menentang sunnah maka ia telah menyimpang jalannya. Sesungguhnya orang yang bersama syari’at, lahir maupun bathinnya, Allah akan menjadi bagian dari dirinya. Ia masih kedalam golongan yang sungguh-sungguh di sisi zat yang maha memiliki dan menguasai. 
 
·         Jika Allah ingin mengangkat seorang hamba ke maqam yang tinggi, maka Allah tugaskan untuk mengurus dirinya terlebih dahulu, jika ia istiqamah dengan dirinya, baru kemudian Allah tugaskan untuk mengurus keluarganya, jika ia mampu mengurus keluarganya, maka Allah tugaskan mengurus tetangganya, jika ia mampu berbaik hubungan dengan tetangganya, maka Allah tugaskan mengurus negerinya, jika ia dapat mengurus negerinya dan berbaik hubungan dengan mereka, Allah tugaskan mengurus seluruh makhluk yang ada di antara langit dan bumi, karena sesungguhnya di antara langit dan bumi ada makhluk yang hanya Allah saja yang Maha Tahu.

 

·         Dizaman sekarang ini orang shaleh lebih baik daripada teman duduk, karena memandangnya adalah obat dan tidak ada jalan menuju keselamatan kecuali tauhid.

 

·         Cinta mengantar pada rindu dendam, sementara ma’rifat mengantar pada kefanaan- ketiadaan diri.

 

·         Maka tidaklah aku perduli kepada orang yang meragukan aku, yang penting menurut Allah, aku bukanlah orang yang meragukan.
 

(21)     SAYYID ABDUL RAHIM ASSEGAF PUANG MAKKA




·       Perdamaian itu tidak hanya diajarkan dalam ilmu kenegaraan saja, tetapi juga dalam agama apapun yang juga mengajarkan tentang pengetahuan dan perdamaian.





(22)     RIDWAN, as-SAYYID



·       Jika anda ingin Islam menjadi faktor pemersatu, maka tidak usah membawanya kedalam politik karena itu akan menjadi buruk bagi agama.

·       Dunia Islam sekarang, secara global tertantang oleh 3 hal utama, yaitu menyelamatkan negara- bangsa, mereformasi keagamaan dan memperbaiki hubungan dengan dunia lain.

·       Kita ini sekarang tidak hanya produk modernitas dan westernisasi, tapi juga fundamentalime Islam.
 
 
 

(23)     SAYYID RIZIEQ bin IBRAHIM al-QADRIE

(Sayyid Muhammad Rizieq bin Ibrahim bin Sa’id bin Abubakar bin Abdullah al-Qadrie)

 


 

 

·       Tidak semua orang yang kamu senangi hatinya menyayangimu, tidak semua orang yang kamu cintai mencintaimu. Jika cinta tidak lagi suci, maka tidak ada kebaikan dalam cinta palsu.

 

 

(24) SAYYID RUSLAN ABDULLAH al-MAHDALY

 


 

 

·       Tiada yang abadi dalam hidup ini kecuali perubahan. Namun masalahnya apakah hari ini kita menuju perubahan yang lebih baik atau sebaliknya ? Maka indikatornya tidaklah ditentukan pada kemewahan hidup dengan kepemilikan barang mewah yang serba canggih, atau melimpahnya kekayaan berupa uang dan emas, atau perniagaan yang keuntungannya berlipat-lipat. Sekali lagi bukan. Akan tetapi kemajuan itu harus dengan meneladani dengan semakin dewasanya kita dalam bersikap, semakin dewasanya dalam bertutur sapa, demikian juga semakin dewasanya kita dalam membangun budaya dan peradaban.

 

 

(25) SYED RASHIED AHMAD JAUNPURI

 

 


 

 

·       Everything about this universe had its functin determined by Allah with the lone exception of man. Every thing is dancing its way with the rhythm of a Great Force. If you close your eyes at dead of night and try and feel the pulse of the universe, you will feel that someone is breathing slowly and everything even you are moving gently with its rise and fall.

 

·       His main emphasis as an exponent of islam is that Islam ia incomplete without a harmonious blend of shariat, tariqat, haqiqat and marefat.

 

(26) SYED ROSLI bin SYED HARMAN al-JAMALULLAIL

 


 

 

·       Kita orang melayu saling hormat menghormati dan penuh dengan tata susila. Tak perlu nak cakap (banyak bicara, pen) yang bukan-bukan, seolah-olah kita tiada adat.

 

 
 

(27) KH. RADEN ASNAWI

  (KH. Raden Asnawi/ Raden Ahmad Syamsi bin H. Abdullah Husnin. Adalah termasuk keturunan ke-14 dari Sunan Kudus (Raden Ja’far Shadiq) dan keturunan ke-5 dari KH. Mutamakkin Mergoyoso Pati).

 


 

·       Apabila ada orang yang minta pertolongan dan ada kemampuan untuk memenuhi, laksanakanlah permintaan itu, sebab Allah akan menolongmu.

 

·       Ada disebutkan dalam kitab fiqih : Falaa tajibu ‘alaa kafirin ashliyyin wa shobiyyin wa majnuunin, artiny maka shalat itu tidak wajib dikerjakan oleh orang kafir, anak masih bayi dan orang gila.”

   Dengan demikian, maka siapapun yang tidak melakukan sembayahyang atau yang merasa dirinya tidak dibebani kewajiban sembahyang , samalah artinya menyamakan dirinya dengan orang gila.

 

 

(28)  SYED REZAUL KARIM

 


 

 

·        Seseorang harus berperan dalam menegakkan disiplin Islam dengan melukis diri sendiri dalam warna-warna Allah (keberagaman yang diciptakan Allah, pen). Islam adalah agama kesejahteraan manusia. Kesejahteraan ummat adalah tujuan utama Islam. Untuk mencapai perdamaian, pembebasan dan kesejahteraan, seseorang harus bersatu dalam cita-cita luhur Islam.

 

·       Bulan suci ramadhan datang dengan pesan untuk menahan diri bagi semua untuk melepaskan kebencian, konflik, menceritakan aib orang lain dan belajar kepada Allah dan untuk mengabdikan diri bagi kesejahteraan masyarakat.

 

·       Bulan suci ramadhan adalan bulan maghfirah (pengampunan) dan keselamatan, telah datang ke depan pintu-pintu kita, dengan seruan luhur untuk pemurnian diri, kesetaraan, kasih sayang dan peningkatan kualitas manusia. Ramadhan sangat penting untuk mewariskan semangat kehidupan yang religius. Bulan ramadhan juga bulan turunnya al-Qur’an, bulan berdirinya Islam dan bulan kemenangan.

 
 

 

(29) HABIB RIDHO ASSEGAF

 


·       Kalau hati seseorang itu bersih, pastilah dia ingin selalu mengisinya dengan al-Qur’an.

 

·       Ketahuilah bahwa yang akan meraih rahmat Allah, pengampunan Allah dimalam-malam yang mulia ini adalah orang yang bukanlah dia orang yang memustuskan silaturrahmi, bukanlah dia orang yang durhaka kepada orang tua, bukanlah dia orang yang suka menyebarkan kejahatan diantara sesama muslim, tetapi orang yang meraihnya adalah orang yang selalu menyambung silaturrahmi, yang selalu dia berbakti kepada kedua orang tuanya, orang yang selalu menjaga shalat 5 waktu, dan selalu menjaga hatinya sehingga dia mendapatkan karunia Allah Subhanahu wa ta’ala, rahmat-Nya, dimuliakan Allah Subhanahu wa ta’ala sehingga dia mendapatkan keridhaan Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan disaat dia meninggal dunia, disaat dia mengakhiri hidupnya, ia merasakan menjadi orang yang  sangat bahagia karena mendapatkan keridhaan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. 
 
 
 
(30) HABIB RIDHWAN bin QADRI al-AYDRUS
 
 

 


·       Berbaik sangka kepada siapapun dianjurkan, apalagi kepada seorang waliyullah. Karena hal sedemikian disebutkan dalam sebuah hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa Nabi Shallallahu ini, yaitu ada 2 (dua) perkara yang tidak ada yang lebih baik dari pada 2 (dua) perkara ini, yaitu buruk sangka kepada llah dan baik sangka kepada hamba Allah. Dan sebaliknya tidak ada perkara yang lebih jelek daripada 2 (dua) perkara beriokut, yaitu berburuk sangka kepada Allah dan berburuk sangka kepada hamba Allah.


 
 
(31) SAYYID RIDHO bin SALIM al-BAHR

 


·       Jangan memandang seseorang dari awalnya, pandanglah seseorang tersebut dari akhir hayatnya.
 
 
 
     (32) HABIB AHMAD RIZA al-HABSYI

 


·       Aku telaah setiap ajaran dan pola pikir “Bung Karno”. Aku harus mampu menjadi manusia yang seutuhnya. Mengabdi kepada Tuhan, berguna bagi semua umat dan seluruh ciptaan-Nya. Sehingga pikirku, kerjaku dan seluruh jiwaku bisa berguna bagi banyak orang. Itulah akikat politik bagiku.
 

 

 

(33) HABIB RIZAL bin AZIS SHAHAB (MT. Ramasinta)

 


  ·       Pakai masker juga semua yang masuk ke mulut dan hidung kita, tidak hanya virus saja tapi hakikatnya maskerilah mulut dan hidung kita dengan tidak mudah mengucapkan hal yang buruk dan memakan yang haram; mencuci tangan berfungsi mematikan virus dan bakteri yang ada tapi juga berhati-hati dalam perbuatan tidak mudah melakukan dosa; jaga jarak mempunyai hakekat bahwa kita jangan mudah mendekati penyakit dan  dosa.
 
 
 
 (34) HABIB RIZAL SHAHAB

     (Pendiri Ponpes Jilussalamah al-Islami)

 


 

·       Seorang pengurus adalah sebagai pelayan atau khadim dalam melayani santri untuk mendapatkan haknya selaku penuntut ilmu. Tidak hanya itu, sebagai pengurus kewajiban yang sangat penting adalah memberikan moral etis atau uswah yang baik bagi santri.


 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar