Senin, 10 Juli 2017

KH. RAMLI ANANG




KH. Ramli Anang bin H. Anang Kaderi,  lahir di Guntung, Amuntai Utara, Minggu, 20 Mei 1934 M (bertepatan dengan 5 Shafar 1353 H). Beliau adalah alumnus Normal Islam hingga tingkat Aliyah. Pernah menimba ilmu di Ponpes "Gontor" Ponorogo. Pernah kuliah di Fakultas Ushuluddin IAIN. Selebihnya beliau mengaji kitab dengan tuan guru yang ada di Sungai Banar, Nagara dan Martapura.
Beliau pernah menjadi guru agama di SRN Tahun 1958. Setelah itu ditempatkan di kantor Departemen Agama Kab. HSU, kemudian diangkat menjadi Kepala KUA Kecamatan Lampihong. Beliau ulama yang aktif berdakwah hingga wilayah Lampihong, kelua,banua Lawas, Tabalong dan Kalimantan Tengah.
Dalam keorganisasian, beliau aktif di Nahdlatul Ulama (NU), diantaranya sebagai Ketua GP Ansor Kecamatan Amuntai Utara (1965-1970), Ketua Majelis Wakil Cabang (MWT) NU Amuntai Utara (197101976) hingga menjadi Wakil Ketua Tanfidziyah NU Cabang Amuntai selama 3 periode (1985-2000). Terakhir menjadi anggota Mukhtasyar NU.
Telah berpulang ke rahmatullah pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 M bertepatan dengan 29 Zulhijjah 1441 H.


Diantara kalam beliau:



“Hendaklah pandangan kita  tetap syuhud, ketika  syuhudul wahdah fil kasrah, artinya disaat memandang yang Satu maka kelihatan yang banyak, dan disaat Syuhudul kasrah fil wahdah, maka pada yang banyak itu, semuanya diciptakan, diatur dan dimesrai oleh Allah Swt”.



Kajal (simpan) keyakinan dalam hati, jangan sampai takaluar (menjadi keakuan)”
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar