Sabtu, 05 Agustus 2017

KH. KASYFUL ANWAR



KH. Kasyful Anwar, lahir di Teluk Buluh, Amuntai, Jum'at, 13 Maret 1964 M (bertepatan dengan 27 Syawal 1383 H). Beliau adalah pimpinan Pondok Pesantren “Nurul Muttaqin” Desa Sungai Karias Amuntai.

Diantara kalam beliau:
 
“Dengan ujian seseorang bisa menjadi wali karena naik pangkat. Mun diuji kada sabar maka tidak akan mendapatkan kedudukan dan kemuliaan. Makin baanyak ujian makin tinggi nilai S nya, makin banyak mengikuti ujian naik pulang (jadi) S 2, naik lagi mengikuti ujian, ujian makhluk nih, mendapat lagi S 3, naik lagi tiap ujian dapat lagi kedudukan. Kalau orang sudah anbiya atau auliya, makin diuji makin hebat, makin di uji makin mantap, makin diuji makin tinggi derajat dan martabatnya. Mun kada diuji berarti nilainya kurang kada kawa maumpati ujian. Mun kada kawa mengikuti ujian berarti kada kawa naik pangkat dan kedudukan”.

“Apabila engkau mendapatkan sesuatu yang menggembirakan hati, maka ingatlah dengan yang memberi kesenangan itu, lalu bagaimanakah kesyukuranmu ? Kemudian, jika sesuatu yang engkau dapatkan itu sesuatu yang menyakitkan, maka ingatlah pula dengan yang memberi rasa sakit itu, lalu bagaimanakah kesabaranmu?”

“Ukuran derajat seseorang itu bukan karena amalnya yang banyak tetapi (karena) kesabaran yang ia sandang itulah yang menyebabkan ia menjadi “sami’na wa atha’na” menjadi panutan dan ikutan orang-orang yang sabar”.

“Makhluk dapat menjadi pengganggu kita dalam beribadah serta menghalangi kita dalam beribadah, maka untuk selamat dari pada makhluk yaitu (dengan) uzlah, artinya “jangan pati bagaul lawan makhluk tadi

“Bukan orang alim itu karena banyak haditsnya, bukan orang alim itu karena qur’an dan tafsir menguasai dirinya, tapi yang alim itu saat dia kebodohan lalu datang sesuatu permasalahan baru, (maka) pertolongan Allah datangkan ilmunya, ini yang dinamakan alim hakiki”.

“Sombong dengan ibadah kita atau merasa harat diri dengan ibadah kita tadi maka itu akan berbahaya, hancur amal kita kadada artinya. Amal kada dipandang Tuhan dan diri kita (juga) dalam kemurkaan Tuhan”.

“Orang (manusia) itu ada mempunyai kehidupan 4 macam. ~ ada yang banyak maksiat kepada Allah, tapi hatinya takut lawan Allah Ta’ala, ada harapan dosanya  tu diampuni. ~ ada orang yang banyak maksiatnya kepada Allah, tapi hatinya tidak takut sama sekali malahan dia tertawa sebahak-bahaknya, ini orang maksiat jauh dari keampunan Allah. ~ Ada orang yang ta’at namun dia merasa aman daripada azab Allah dengan ta’at ibadatnya, maka orang ini tertipu dengan amalnya dan azab Allah lebih dekat ketimbang aman dari azab-Nya. ~ Ada orang yang ta’at kepada Allah, namun hatinya takut atas amalannya ini kalau dicabut dan ditiadakan lagi oleh Allah …. Maka dia dengan ta’at namun banyak menangis dengan ta’atnya tadi karena takut kalau nikmat itu akan diambil Allah”.

“Ruang lingkup taffakur adalah sangat luas. Tiada lain yang paling mulia adalah bertafakkur akan keajaiban-keajaiban alam yang diciptakan Allah serta tanda-tanda kebesaran_Nya yang bertebaran di seluruh jagad alam raya ini. Taffakur semacam ini akan menambah kedalaman hati kita makin mengesakan Allah Subhanahu wa ta’ala, sifat dan asma-Nya”.

“Betapa besar ketergantungan kita kepada apa-apa yang tersedia di alam dunia ini. Ketika kita hendak bernafas, yang kita butuhkan adalah oksigen baru untuk memompa paru-paru. Ketika kita hendak melihat dengan jelas, yang kita butuhkan adalah cahaya yang cukup untuk dapat memandang apa yang diinginkan. Ketika kita hendak berjalan, kita membutuhkan landasan untuk berpijak dan melangkah. .. Sungguh luar biasa Allah menciptakan semuanya untuk makhluk-Nya. (semuanya itu) membuat kita tak kuasa selain pujian dan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, melaksanakan puji syukur itu merupakan fardlu ‘ain bagi kita”.

“Sering-seringlah kita bertaffakur. Bertaffakurlah terhadap apa yang sudah kita lakukan, juga hendaknya bertaffakur, merenung tentang apa yang akan kita perbuat untuk hari esok, yaitu untuk hari akhirat”.

“Seseorang akan mendapat rahmat, mendapatkan keampunan dari Allah adalah Barakah ilmunya para ulama”.

“Kita jangan talalu bahimat (terlalu bersungguh-sungguh) mengambil fadhilat dengan menziarahi kubur para wali, sementara untuk mendapatkan keselamatan diri setelah mati, kita kada hakun bahimat (tidak mau bersungguh-sungguh)”

“Percuma kekayaan melimpah kalau sembahyang tidak terselesaikan. Percuma pangkat yang tinggi kalau sembahyang kada dikerjakan. Percuma jadi orang terhormat kalau sembahyang tidak segera dilakukan. Tetapi hidup akan bernilai, walau dalam kemiskinan dan selalu dalam kefakiran, asal sembahyang dikerjakan, itulah nilai kesuksesan dalam kehidupan”.

“Seseorang yang cinta kepada ummat, cinta kepada hambanya Allah supaya menjadi orang yangberimankepada Allah, itulah yang menyebabkan orang itu tinggi martabat dan pangkatnya di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala”.

“Apabila dalam hati ini ada nilai kebencian, berapapun ibadat yang kita lakukan akan ditolak oleh Allah, jauh dari rahmat Allah, penuh dengan laknatnya Allah”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar