Kamis, 17 Agustus 2017

MASLIAN NOOR



Maslian Noor bin H. Masman lahir di Amuntai, Rabu, 10 April 1946 M (bertepatan dengan 8 Jumadil Awwal 1365 H). Beliau hanya lulusan dari PGA Rakha Amuntai, namun beliau mempunyai kelebihan di dalam seni baca al-qur’an. Bahkan keahlian beliau tersebut beliau manfaatkan untuk melatih para qari dan qariah dari anak-anak, remaja hingga dewasa biasanya di ruang induk Mesjid Raya Amuntai.

Pada tahun 1970 pada MTQ yang diselenggarakan oleh GP Ansor di Jakarta, beliau berhasil meraih penghargaan sebagai Peserta Terbaik  I. Kemudian Tahun 1975 pada MTQ ke-VIII Tingkat Propinsi kalsel di Rantau mendapatkan penghargaan  untuk golongan  dewasa. Selanjutnya pada tahun 1977 beliau terpilih mewakili Kalsel untuk mengikuti MTQTingkat Nasional ke-10 di Manado Sulawesi Utara.
Beliau juga beberapa kali ditunjuk untuk menjadi Dewan Hakim pada setiap MusabaqahTilawatil Qur’an (MTQ), pada MTQ di TanahLaut (1981), di Barabai(1985), di Amuntai (1989) serta menjadi Dewan Hakim pada MTQ ke-20Tingkat Propinsi Kalsel (1989).
Disamping punya keahlian di dalam membaca dan mengajarkan al-Qur’an, beliau adalah pensiunan pegawai Dinas Sosial kabupaten Hulu Sungai Utara dan sempat pula menjadi Penghulu (P3NTR) untuk Desa Pamintangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar