Rabu, 12 Juli 2017

KH. DAHLAN USMAN




KH. Dahlan  Usman  bin Usman, lahir di Desa Sungai Luang Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara, pada tahun 1912. Beliau adalah pendidik pada pesantren Rasyidiyah Khalidiyah.

Pada masa remaja gemar mengaji ilmu dengan beberapa ulama sampai ke wilayah Nagara. Dari Babirik menuju Nagara, bersama dengan teman-teman menempuhnya dengan menggunakan sampan atau jukung. Guru-guru beliau di Nagara antara lain KH. Samad (Abdussamad ?) Jagau Nagara dan KH. Abdurrahman.

Adapun teman-teman beliau yang juga turut mengaji ke Nagara, diantaranya adalah Syekh KH. Kaderi (orang tua KH. Haderawi HK) Sungai Luang, Syekh Abdul Muthalib, Syekh Muhammad Rasyid, H. Amir Husin semuanya berasal dari Desa Sungai Luang. Juga KH. Ahmad Dahlan (orang tua KH. Ridwan) Lok Bangkai, KH. Ja’far dari Anjir dan KH. Ahmad Mughni bin Ismail dari Nagara (orang tua Guru Bakhit).

Setelah mengaji ilmu di Nagara, beliau mendalami lagi permasalahan agama di pusat perkembangan agama Islam, yaitu di Makkah al-Mukarramah dan Madinah al-Munawarrah selama kurang lebih 10 tahun. Disini beliau berguru langsung dengan salah seorang murid dari syekh Sayyid Muhammad bin Abdul Karim as-Saman al-Madani.

Setelah pulang dari Mekkah, beliau berkhidmat mengajar di Pondok Pesantren “Rasyidiyah Khalidiyah” Amuntai. Di Ponpes tersebut beliau didaulat sebagai pembina Ponpes Rakha Amuntai. Disamping aktif mengajar di pesantren, beliau juga aktif mengadakan pengajian di kampung-kampung, dan juga di Mesjid Raya Amuntai. Pengajian beliau juga dihadiri ulama-ulama besar lainnya, seperti KH. Ahmad Mansyur dan KH. Muhammad Imran (Bung Tomo).

Murid-murid beliau banyak yang juga menjadi ulama besar, diantaranya KH. Syafriansyah, BA,  DR. KH. Saberan Affandi, KH. Husin Naparin, KH. Muhammad Ilyas, KH. Abdul Hamid Palimbangan, KH. Abdul Wahab Kota Raden, KH. Abdul Wahab Sungai Turak, KH. Muhammad Yusuf (orang tua Muallim Humaidi Lc), KH. Khairan Usman Palampitan, dan lain-lain.

Tuan Guru yang mempunyai banyak karamah ini telah berpulang pada hari Selasa, 5 sya’ban 1398 H (bertepatan dengan 10 Juli 1978 M). Dimakamkan di Desa Murung Karangan, Amuntai Utara.



2 komentar: