Selasa, 25 Juli 2017

Ustadz H. MUHNI, S.Pd.I,M.Pd.I



Ustadz H. Muhni bin Abdul Ghani, lahir di Desa Kandang Halang, Amuntai, Selasa, 15 Juni 1976 M (bertepatan dengan 17 Jumadil Akhir 1396 H). Beliau juga menjadi pendidik pada Pondok Pesantren “Ar-Raudhah” Pasar Senin, Amuntai.

Diantara kalam beliau: 

“Kita itu berusaha untuk mengarasi diri kita dulu, dikarasi dulu, setelah kita karasi hidup kita itu, nanti kita akan sampai kepada tempat dimana kita mudah mengerjakan ibadah. Setelah itu kita akan sampai kepada yang namanya kita itu kecanduan ibadah, mun kada baibadah asa kada nyaman. Jadi yang pertama, mujahadah, bahasa kitanya berusaha mangarasi diri kita dalam beribadah. Lalu yang kedua, masuk kepada bagian kita itu nyaman sudah beribadah, dan yang ketiga, kita masuk kepada asyik beribadah, asa ngalih maninggalakan.”

“Diantara pengabdian kita kepada Allah itu adalah dengan bekerja dan berusaha karena Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan kita (dalam) bekerja dan berusaha itu (harus) ikhlas, tidak mengharapkan hasil kecuali apa yang diberikan oleh Allah. Maka kalau kita bekerja (dengan) ikhlas, (manakala) kita tidak mendapatkan apa-apa dari pekerjaan kita, kita tidak akan menyalahkan orang lain, kita tidak akan menyesal, karena apa yang kita kerjakan adalah bagian dari ibadah kita kepada Allah. Maka hendaklah dari itu kita bekerja dengan ikhlas, artinya hati kita tu sampai lawan Tuhan. Hati orang yang kada sampai lawan Tuhan tu, apabila dia bekerja kadangkala ia tidak ikhlas, dan apabila dia berencana ingin mendapatkan sesuatu, tetapi tidak tercapai keinginan dan rencananya, maka ia akan mencari-cari kesalahan pada orang lain, dalam bahasa kitanya : gara-gara si A, gara-gara si B, gara-gara si anu, seakan-akan orang yang bersalah, padahal apa yang kita inginkan itu memang bukan hak kita, bukan milik kita, jadi bukan salah orang lain, Cuma Allah belum memberikan kepada kita apa yang kita inginkan”

“Hendaknya, bagi orang yang belajar agama harus bisa membedakan mana yang adat dan mana yang (berdasar) hukum agama (syari’at)”

“Orang bahari sepiring nasi gin mahauli lawan kuitan (orang tua). Mahauli kuitan berarti kita berbakti lawan kuitan. Orang bahari kada suah maninggal (melupakan) haul lawan kuitan. Itu ngarannya mendo’akan kuitan. Diantara tanda bakti anak lawan kuitan, menurut kitab Risyadlus shalihin, adalah kita mendo’akan lawan kuitan. Mun satahun sakali kada kawa apalagi saban hari. Amun kada kawa kita saban hari, satahun sakali barang. Satahun sakali kada kawa jua mahauli, talalu kita”.

“Tidak ada yang perlu kita takuti, semua makhluk Allah baik sabarataan (semuanya), jangan dendam. Jika ada sesuatu yang tidak baik, itu ujian dari Allah. Bukan dari inya, tetapi dari Allah. Mun ada orang sarik lawan kita, Allah ta’ala maulah inya sarik. Sabar. Kita ini, hubungan kita ini dengan Allah, bukan dengan manusia, itu pandangan orang-orang yang warid

“Masalah taubat jangan sampai kita ditipu oleh syetan. Jar syetan : “kaena gin ikam bataubat, masih ja kaena tagawi pulang.” Sadangai sudah batobat, soal kaena baasa pulang tagawi, soal lain. Nang penting kita kada baniat dulu maulangi. Mun tagawi, tagawiai. Kada jadi masalah. Nang penting wayahini (sekarang) batobat dulu, supaya dosa kita saat ini terhapus. Seandainya kita kembali tagawi dosa, bawa batobat pulang, tagawi lagi, bertaubat.  Tidak akan berhenti taubat kita sampai berhenti nafas kita. Jangan kita mengira ada waktu nanti. Kaena gin (nanti) bertaubat, waktu masih panjang. Ternyata orang zaman sekarang banyak yang mati belum waktunya”.

“Hendaklah mencari pasangan yang se kufu (sepadan), sama-sama ingin mencari keredhaan Allah, apalah arti kehidupan di dunia, satumatannya (sebentar). Kita hanya hidup sementara, paling kita hidup 50 – 60 tahun, tak terasa kita hidup sudah 15 tahun, kada karasaan kita hidup 20 tahun, kada karasaan kaena 25 tahun, dan ketika ajal datang kepada kita, penyesalan tu sudah terlambat. Jangan sampai kita tergoda oleh bisikan syetan. Jar syetan :  ikam masih anum, kaena gin sembahyang beribadat, tuha kaena hanyar baibadat”. Waktu muda, waktu masih kuat-kuatnya kita kada baibadat, tuha alahan lagi (saat tua apalagi). Apakah kita kira orang tuha tu kawa nyaman baibadat, mereka tu susah baibadat. Tapi hanya karena keinginan mereka yang kuat. Jadi selagi anum inilah waktu nang nyaman gasan baibadah”.

“Jangan sarik lawan manusia. Orang maharung jangan sarik. Kita bisa saja khilaf tapi jangan tenggelam dalam kekhilafan. Kada baiman orang tu apabila orang tu dendam. Kada baiman apabila orang itu dengki”

“Kalau kita tu yaikin Allah yang mengatur, maka kita kada mau dendam, kada mau dengki lawan orang. Kada manyalahakan orang. Nang kita manyalahakan orang tu marga kita kada tahu itu datang dari Allah. Kita manyalahakan orang tu karena hati kita kada sampai lawan Tuhan”

“Kita boleh ketinggalan zaman, tapi tidak boleh ketinggalan iman”.

“Kata “abdihi” berarti budak atau hamba, sebagai isyarat, bahwa manusia sebagai budak atau hamba Allah hendaknya bersifat seperti budak dalam mengabdi kepada Allah, seorang budak hakiki adalah orang yang bekerja dan beramal tanpa pamrih, semata-mata mengabdi kepada tuannya”.

“Manusia pada hakikatnya adalah penduduk sorga, karena moyangnya berasal dari orga, oleh karena itu manusia harus kembali lagi ketempat asalnya. Adapun manusia yang tidak kembali ke sorga, namun malah tamasya ke neraka, maka itulah orang-orang yang tersesat jalan kembali”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar