Ustadz H. Muhni bin Abdul Ghani, lahir di Desa Kandang Halang, Amuntai, Selasa, 15 Juni 1976 M (bertepatan dengan 17 Jumadil Akhir 1396 H). Beliau
juga menjadi pendidik pada Pondok Pesantren “Ar-Raudhah” Pasar Senin, Amuntai.
Diantara kalam
beliau:
“Kita itu berusaha untuk mengarasi diri kita dulu, dikarasi dulu,
setelah kita karasi hidup kita itu, nanti kita akan sampai kepada tempat dimana
kita mudah mengerjakan ibadah. Setelah itu kita akan sampai kepada yang namanya
kita itu kecanduan ibadah, mun kada baibadah asa kada nyaman. Jadi yang pertama,
mujahadah, bahasa kitanya berusaha mangarasi diri kita dalam beribadah. Lalu
yang kedua, masuk kepada bagian kita itu nyaman sudah beribadah,
dan yang ketiga, kita masuk kepada asyik beribadah, asa ngalih
maninggalakan.”
“Diantara pengabdian kita kepada Allah itu adalah dengan bekerja
dan berusaha karena Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan kita (dalam) bekerja dan
berusaha itu (harus) ikhlas, tidak mengharapkan hasil kecuali apa yang diberikan
oleh Allah. Maka kalau kita bekerja (dengan) ikhlas, (manakala) kita tidak
mendapatkan apa-apa dari pekerjaan kita, kita tidak akan menyalahkan orang
lain, kita tidak akan menyesal, karena apa yang kita kerjakan adalah bagian
dari ibadah kita kepada Allah. Maka hendaklah dari itu kita bekerja dengan
ikhlas, artinya hati kita tu sampai lawan Tuhan. Hati orang yang kada sampai
lawan Tuhan tu, apabila dia bekerja kadangkala ia tidak ikhlas, dan apabila dia
berencana ingin mendapatkan sesuatu, tetapi tidak tercapai keinginan dan
rencananya, maka ia akan mencari-cari kesalahan pada orang lain, dalam bahasa
kitanya : gara-gara si A, gara-gara si B, gara-gara si anu, seakan-akan orang
yang bersalah, padahal apa yang kita inginkan itu memang bukan hak kita, bukan
milik kita, jadi bukan salah orang lain, Cuma Allah belum memberikan kepada
kita apa yang kita inginkan”
“Hendaknya, bagi orang yang belajar agama harus bisa membedakan
mana yang adat dan mana yang (berdasar) hukum agama (syari’at)”
“Orang bahari sepiring nasi gin mahauli lawan kuitan
(orang tua). Mahauli kuitan berarti kita berbakti lawan kuitan. Orang
bahari kada suah maninggal (melupakan) haul lawan kuitan. Itu ngarannya
mendo’akan kuitan. Diantara tanda bakti anak lawan kuitan, menurut kitab Risyadlus
shalihin, adalah kita mendo’akan lawan kuitan. Mun satahun sakali kada kawa
apalagi saban hari. Amun kada kawa kita saban hari, satahun sakali barang.
Satahun sakali kada kawa jua mahauli, talalu kita”.
“Tidak ada yang perlu kita takuti, semua makhluk Allah baik sabarataan
(semuanya), jangan dendam. Jika ada sesuatu yang tidak baik, itu ujian dari
Allah. Bukan dari inya, tetapi dari Allah. Mun ada orang sarik
lawan kita, Allah ta’ala maulah inya sarik. Sabar. Kita ini, hubungan
kita ini dengan Allah, bukan dengan manusia, itu pandangan orang-orang yang warid”
“Masalah taubat jangan sampai kita ditipu oleh syetan. Jar syetan :
“kaena gin ikam bataubat, masih ja kaena tagawi pulang.” Sadangai
sudah batobat, soal kaena baasa pulang tagawi, soal lain. Nang penting
kita kada baniat dulu maulangi. Mun tagawi, tagawiai. Kada jadi
masalah. Nang penting wayahini (sekarang) batobat dulu, supaya dosa kita
saat ini terhapus. Seandainya kita kembali tagawi dosa, bawa batobat pulang,
tagawi lagi, bertaubat. Tidak akan
berhenti taubat kita sampai berhenti nafas kita. Jangan kita mengira ada waktu
nanti. Kaena gin (nanti) bertaubat, waktu masih panjang. Ternyata orang
zaman sekarang banyak yang mati belum waktunya”.
“Hendaklah mencari pasangan yang se kufu (sepadan),
sama-sama ingin mencari keredhaan Allah, apalah arti kehidupan di dunia, satumatannya
(sebentar). Kita hanya hidup sementara, paling kita hidup 50 – 60 tahun, tak
terasa kita hidup sudah 15 tahun, kada karasaan kita hidup 20 tahun, kada
karasaan kaena 25 tahun, dan ketika ajal datang kepada kita, penyesalan tu
sudah terlambat. Jangan sampai kita tergoda oleh bisikan syetan. Jar syetan : “ikam masih anum, kaena gin sembahyang
beribadat, tuha kaena hanyar baibadat”. Waktu muda, waktu masih kuat-kuatnya
kita kada baibadat, tuha alahan lagi (saat tua apalagi). Apakah kita
kira orang tuha tu kawa nyaman baibadat, mereka tu susah baibadat. Tapi hanya
karena keinginan mereka yang kuat. Jadi selagi anum inilah waktu nang nyaman
gasan baibadah”.
“Jangan sarik lawan manusia. Orang maharung jangan sarik. Kita bisa
saja khilaf tapi jangan tenggelam dalam kekhilafan. Kada baiman orang tu
apabila orang tu dendam. Kada baiman apabila orang itu dengki”
“Kalau kita tu yaikin Allah yang mengatur, maka kita kada mau dendam,
kada mau dengki lawan orang. Kada manyalahakan orang. Nang kita manyalahakan
orang tu marga kita kada tahu itu datang dari Allah. Kita manyalahakan orang tu
karena hati kita kada sampai lawan Tuhan”
“Kita boleh ketinggalan zaman, tapi tidak
boleh ketinggalan iman”.
“Kata “abdihi” berarti budak atau hamba, sebagai isyarat,
bahwa manusia sebagai budak atau hamba Allah hendaknya bersifat seperti budak
dalam mengabdi kepada Allah, seorang budak hakiki adalah orang yang bekerja dan
beramal tanpa pamrih, semata-mata mengabdi kepada tuannya”.
“Manusia pada hakikatnya adalah penduduk sorga, karena moyangnya
berasal dari orga, oleh karena itu manusia harus kembali lagi ketempat asalnya.
Adapun manusia yang tidak kembali ke sorga, namun malah tamasya ke neraka, maka
itulah orang-orang yang tersesat jalan kembali”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar