KH. Mahlani Hamdan bin KH. Hamdan bin Hasbullah lahir di desa
Kandang Halang, Amuntai, Sabtu, 16
Agustus 1947 M (bertepatan dengan 29 Ramadhan 1366 H). Beliau pernah mondok di Pesantren “Datuk Kalampayan” Bangil Jawa Timur (1972-1974).
Pendidikan formal diantaranya Tamat SR
tahun 1959, Tamat MTs Diniyah
Darussalam Martapura 1968, dan Tamat MA Darussalam tahun 1971. Beliau mengajar
di PP Darussalam Muara Tapus 1967 – 1971
dan selepas mondok di Bangil beliau ikut memimpin Ponpes Darussalam Muara
Tapus 1974 sampai sekarang.
Diantara kalam beliau:
“Seorang wali Allah itu sudah ditentukan oleh
Allah Subhanahu wa ta’ala, Allah pilih orang itu. Dan wali Allah itu membawa
rahasia-rahasia yang disampaikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala kepada orang
yang diilhamkan kepadanya, bukan diwahyukan. (Jadi) orang-orang yang
dikehendaki oleh Allah Subhanahu wa ta’ala menjadi wali itu yaitu sudah
ditentukan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Tentunya (yang demikian( itu didalam
hakikatnya, ada sudah ketentuannya. Tetapi kita didalam usaha, ada yang
diusahakan, didalam syari’at usahanya ada. Berusaha kita, misalnya, hendak
menjadi wali Allah Subhanahu wa ta’ala, maka (bisa) berusaha, banyak beribadah
kepada Allah, bisa saja (kemudian) menjadi wali Allah, (tetapi) kita menjalani
saja dulu, bisa saja menjadi wali Allah kalau Allah sudah menentuakannya”.
“Bila dibaca suatu manaqib, maka akan
diturunkan oleh Allah suatu rahmat atas orang yang membaca dan orang yang hadir
(mendengarkan). Rahmat artinya kebaikan. Maksudnya disini adalah hidayah. Jadi,
bila kita mendengar daripada riwayat seorang waliyullah, maka Allah turunkan
hidayah kepada kita, atau rahmat kepada kita. Cuma, diturunkannya rahmat atau
hidayah itu apakah kita ini layak untuk diandaki (dibukakan) hidayah
atau kada (tidak), dan juga apakah kita bersedia untuk menerima hidayah
itu. (karena) kita itu terkadang, memang bagus rahmat datang, tapi kitanya yang
tidak bersedia menerimannya”.
“Arti hidayah itu geritik
hati (sesuatu yang terbersit, pen) kita untuk memperbuat kebaikan, hidayah namanya, lalu
apabila kita gawi, maka menjadi taufiq ngarannya. Kawa kita
menggawi itu nah taufiq ngarannya. Kalau hidayah itu adalah keinginan
memperbuat kebaikan, umpamanya, aku ini subuh nanti hendak berjama’ah,
umpamanya, nah ini ngarannya hidayah, dan kemudian kawa kita manggawi tu nah
taufiq dari Allah Subhanahu wa ta’ala”.
“Tabi’at itu adalah daripada
perbuatan yang dijalani tertanam diawak kita, pada jisim kita ini, atau
kelakuan yang diandaki Allah itu nah, nang dasarnya tu nah. Berbeda dengan “hal”,
kalau hal itu berubah-ubah. Misal hari ini kaya ini, esok lain pulang, nah yang
seperti ini “hal” ngarannya, tetapi kalau “tabi’at” itu dasar kelakuannya nang
kaya itu. Jaka kita tu umpamanya orang tu pemarah, dasar penyarikan orangnya,
napa haja sarik, tang timbul saurangan”.
“Hakikat itu adalah syuhudul
af’al billah, melihat perbuatan itu billah, melihat sesuatu itu dengan
Allah. Apa saja yang dilihat ingat bahwa itu perbuatan Allah, serta menyerah kada
kawa apa-apa kita itu terhadap kenyataan itu dengan ketentuan Allah dengan
tanpa perantaraan, ini pandangan secara hakikat. Lain lagi dengan pandangan
syari’at. Syari’at itu wujudul af’al, ada
perbuatannya. Seperti sembahyang tu nah ada perbuatannya, nah itu syari’at
ngarannya. Kada kawa sembahyang itu hanya eling (ingat) haja,
kada kawa nang kaya ini, ini lain syari’at. Kalau syari’at itu, wujudul af’al,
adalah perbuatan karena Allah. Seperti kita sembahyang itu nah harus karena
Allah, kalau tidak karena Allah tidak berpahala”.
“Sembahyang itu ada 4 (empat), ada
sembahyang syari’at, ada sembahyang thariqat, ada sembahyang hakikat dan ada
sembahyang ma’rifat. Sembahyang syari’at itu harus menggawi
yang 13 rukun, yang terbagi atas rukun qalbi, rukun qauli dan rukun fi’li.
Rukun qalbi ada 2, pertama niat, kedua tertib. Rukun qauli ada 5, yaitu
takbiratul ihram, membaca al-Fatihah, tahiyyat, shalawat dan salam. Rukun qauli
ini kita haja nang mandangar. Seumpama sembahyang Sirr kaya apa? Artinya kita
haja nang mandanagar bacaan kita, tidak orang lain. Misalnya, membaca fatihah banyaring,
orang lain terganggu maka haram (hukumnya), itu dari segi nisbah bacaannya,
tetapi sah saja sembahyangnya. Rukun qauli ini kita mendangar, orang lain tidak
mendengar, amun orang lain 2 sampai 3 orang mandanagar itu nyaring ngarannya,
maka itu (bisa) makruh dulu, sesudah makruh pang ? mun orang taganggu, maka
haram hukunya, tetapi tetap sah sembahyangnya. Namun, apabila kita bagamat
(pelan) membacanya telinga kita kada mandangar (maka) kada sah sembahyang kita.
Batasannya bagaimana? Dikeheningan malam, sunyi kadada suara apa-apa,
lalu kita baca dan kita mandangar nang dihiga kada mandangar, nah nang kaya itu
tu batasannya. Lalu misalnya kita bawa kalanggar.
Mangguruh suara dilanggar, kita tu kaya
itu tadi pang bacaannya (kerasnya) biar haja lagi talinga kada mandangar, kada
papa, karena terhalang suara guruh motor, misalnya. Jadi sa-apa kita mandangar
rahatan ranai, kaya itulah kerasnya bacaan kita”.
“Sembahyang thariqat itu
digawinya dengan ikhlas dan khudur. Khudur
itu artinya ingat kita akan apa yang dibaca, dan apa yang digawi ingat. Mun
kada khudur sah haja sembahyangnya tapi kadada nilainya. Khusyu’
itu tenteram anggota, jangan bergerak kada tapi kakaruan. Sembahyang
hakikat, itu daya upaya kita, kita kada merasa kita ini, itu sembahyang
hakikat ngarannya. Kawa takumpul (ketiganya itu) syari’at, thariqat dan haqiqat
(maka) itulah yang dinamakan sembahyang ma’rifat. Sembahyang
secara ma’rifat ini, harganya larang (bandingannya) seribu orang lain
manggawinya, kita seraka’at, larang nang seraka’at itu pahalanya disisi Allah
Subhanahu wa ta’ala”.
“mendapati khudur dalam sembahyang itu ngalih
banar. Allahu Akbar... macam-macam datangan. (makanya) makruh sembahyang
bila urusan masih ada. Handak banar makan, bawa makan dahulu, handak bakamih,
kamihakan dahulu, biar ja tatinggal saraka’at, (karena) manahan kamih itu
makruh”.
“Rezki itu ada 4 macam (menurut pembagian Imam Ghazali, pen), ada yang dinamakan madhmun (yang
dijamin), yang dijamin oleh Allah itu ada, misalnya jantung kita yang
berdenyut itu Allah Ta’ala yang menjaminnya, bila ampih berdetak, (berarti) mati.
Itu dari Allah Ta’ala, kada kawa kita menaham pemberian Allah ta’ala tersebut.
Kemudian ada rezki mamluk (yang dimiliki), nang dimiliki, jar kita nang
didalam lemari, nang baandak tu nah ngarannya mamluk, artinya dimiliki, jadi
kita ampunnya (miliknya), maka kita nang mangurusnya. Ada lagi maqsum
(yang dibagikan), seperti baju kita ini, maqsum dibagian ini bila kita
memakainya, tapi bila dipacul jadi mamluk ngarannya, karena terkadang ada nang
memakainya, (misalnya) dijumput orang (diambil maling), jadi orang ampunnya
(milik maling), mamluk ngarannya. Kemudian ada rezki mau’ud (yang
dijanjikan), rezki mau’ud ini rezki yang dijanjikan, bagi siapa? Yaitu bagi
orang yang taqwa, seperti disebutkan didalam al-Qur’an surah Ath-Thalaq (65) :
2-3) : “Barangsiapa yang bertakwa
kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya
rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang
bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). Sesungguhnya
Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah
mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar