Minggu, 30 Juli 2017

KH. MAHLANI HAMDAN



KH. Mahlani Hamdan bin KH. Hamdan bin Hasbullah lahir di desa Kandang Halang, Amuntai, Sabtu, 16 Agustus 1947 M (bertepatan dengan 29 Ramadhan 1366 H). Beliau pernah mondok di Pesantren “Datuk Kalampayan” Bangil  Jawa Timur (1972-1974).   Pendidikan formal diantaranya Tamat SR  tahun 1959,  Tamat MTs Diniyah Darussalam Martapura 1968, dan Tamat MA Darussalam tahun 1971. Beliau mengajar di PP Darussalam Muara Tapus  1967 – 1971 dan selepas mondok di Bangil beliau ikut memimpin Ponpes Darussalam Muara Tapus  1974 sampai sekarang.

Diantara kalam beliau:

“Seorang wali Allah itu sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, Allah pilih orang itu. Dan wali Allah itu membawa rahasia-rahasia yang disampaikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala kepada orang yang diilhamkan kepadanya, bukan diwahyukan. (Jadi) orang-orang yang dikehendaki oleh Allah Subhanahu wa ta’ala menjadi wali itu yaitu sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Tentunya (yang demikian( itu didalam hakikatnya, ada sudah ketentuannya. Tetapi kita didalam usaha, ada yang diusahakan, didalam syari’at usahanya ada. Berusaha kita, misalnya, hendak menjadi wali Allah Subhanahu wa ta’ala, maka (bisa) berusaha, banyak beribadah kepada Allah, bisa saja (kemudian) menjadi wali Allah, (tetapi) kita menjalani saja dulu, bisa saja menjadi wali Allah kalau Allah sudah menentuakannya”.

“Bila dibaca suatu manaqib, maka akan diturunkan oleh Allah suatu rahmat atas orang yang membaca dan orang yang hadir (mendengarkan). Rahmat artinya kebaikan. Maksudnya disini adalah hidayah. Jadi, bila kita mendengar daripada riwayat seorang waliyullah, maka Allah turunkan hidayah kepada kita, atau rahmat kepada kita. Cuma, diturunkannya rahmat atau hidayah itu apakah kita ini layak untuk diandaki (dibukakan) hidayah atau kada (tidak), dan juga apakah kita bersedia untuk menerima hidayah itu. (karena) kita itu terkadang, memang bagus rahmat datang, tapi kitanya yang tidak bersedia menerimannya”.

“Arti hidayah itu geritik hati (sesuatu yang terbersit, pen) kita untuk memperbuat kebaikan, hidayah namanya, lalu apabila kita gawi, maka menjadi taufiq ngarannya. Kawa kita menggawi itu nah taufiq ngarannya. Kalau hidayah itu adalah keinginan memperbuat kebaikan, umpamanya, aku ini subuh nanti hendak berjama’ah, umpamanya, nah ini ngarannya hidayah, dan kemudian kawa kita manggawi tu nah taufiq dari Allah Subhanahu wa ta’ala”.

Tabi’at itu adalah daripada perbuatan yang dijalani tertanam diawak kita, pada jisim kita ini, atau kelakuan yang diandaki Allah itu nah, nang dasarnya tu nah. Berbeda dengan “hal”, kalau hal itu berubah-ubah. Misal hari ini kaya ini, esok lain pulang, nah yang seperti ini “hal” ngarannya, tetapi kalau “tabi’at” itu dasar kelakuannya nang kaya itu. Jaka kita tu umpamanya orang tu pemarah, dasar penyarikan orangnya, napa haja sarik, tang timbul saurangan”.

Hakikat itu adalah syuhudul af’al billah, melihat perbuatan itu billah, melihat sesuatu itu dengan Allah. Apa saja yang dilihat ingat bahwa itu perbuatan Allah, serta menyerah kada kawa apa-apa kita itu terhadap kenyataan itu dengan ketentuan Allah dengan tanpa perantaraan, ini pandangan secara hakikat. Lain lagi dengan pandangan syari’at. Syari’at itu wujudul af’al, ada perbuatannya. Seperti sembahyang tu nah ada perbuatannya, nah itu syari’at ngarannya. Kada kawa sembahyang itu hanya eling (ingat) haja, kada kawa nang kaya ini, ini lain syari’at. Kalau syari’at itu, wujudul af’al, adalah perbuatan karena Allah. Seperti kita sembahyang itu nah harus karena Allah, kalau tidak karena Allah tidak berpahala”.

“Sembahyang itu ada 4 (empat), ada sembahyang syari’at, ada sembahyang thariqat, ada sembahyang hakikat dan ada sembahyang ma’rifat. Sembahyang syari’at itu harus menggawi yang 13 rukun, yang terbagi atas rukun qalbi, rukun qauli dan rukun fi’li. Rukun qalbi ada 2, pertama niat, kedua tertib. Rukun qauli ada 5, yaitu takbiratul ihram, membaca al-Fatihah, tahiyyat, shalawat dan salam. Rukun qauli ini kita haja nang mandangar. Seumpama sembahyang Sirr kaya apa? Artinya kita haja nang mandanagar bacaan kita, tidak orang lain. Misalnya, membaca fatihah banyaring, orang lain terganggu maka haram (hukumnya), itu dari segi nisbah bacaannya, tetapi sah saja sembahyangnya. Rukun qauli ini kita mendangar, orang lain tidak mendengar, amun orang lain 2 sampai 3 orang mandanagar itu nyaring ngarannya, maka itu (bisa) makruh dulu, sesudah makruh pang ? mun orang taganggu, maka haram hukunya, tetapi tetap sah sembahyangnya. Namun, apabila kita bagamat (pelan) membacanya telinga kita kada mandangar (maka) kada sah sembahyang kita. Batasannya bagaimana? Dikeheningan malam, sunyi kadada suara apa-apa, lalu kita baca dan kita mandangar nang dihiga kada mandangar, nah nang kaya itu tu batasannya. Lalu misalnya  kita bawa kalanggar. Mangguruh suara dilanggar, kita tu  kaya itu tadi pang bacaannya (kerasnya) biar haja lagi talinga kada mandangar, kada papa, karena terhalang suara guruh motor, misalnya. Jadi sa-apa kita mandangar rahatan ranai, kaya itulah kerasnya bacaan kita”.

Sembahyang thariqat itu digawinya dengan ikhlas dan  khudur. Khudur itu artinya ingat kita akan apa yang dibaca, dan apa yang digawi ingat. Mun kada khudur sah haja sembahyangnya tapi kadada nilainya. Khusyu’ itu tenteram anggota, jangan bergerak kada tapi kakaruan. Sembahyang hakikat, itu daya upaya kita, kita kada merasa kita ini, itu sembahyang hakikat ngarannya. Kawa takumpul (ketiganya itu) syari’at, thariqat dan haqiqat (maka) itulah yang dinamakan sembahyang ma’rifat. Sembahyang secara ma’rifat ini, harganya larang (bandingannya) seribu orang lain manggawinya, kita seraka’at, larang nang seraka’at itu pahalanya disisi Allah Subhanahu wa ta’ala”.

“mendapati khudur dalam sembahyang itu ngalih banar. Allahu Akbar... macam-macam datangan. (makanya) makruh sembahyang bila urusan masih ada. Handak banar makan, bawa makan dahulu, handak bakamih, kamihakan dahulu, biar ja tatinggal saraka’at, (karena) manahan kamih itu makruh”.

“Rezki itu ada 4 macam (menurut pembagian Imam Ghazali, pen), ada yang dinamakan madhmun (yang dijamin), yang dijamin oleh Allah itu ada, misalnya jantung kita yang berdenyut itu Allah Ta’ala yang menjaminnya, bila ampih berdetak, (berarti) mati. Itu dari Allah Ta’ala, kada kawa kita menaham pemberian Allah ta’ala tersebut. Kemudian ada rezki mamluk (yang dimiliki), nang dimiliki, jar kita nang didalam lemari, nang baandak tu nah ngarannya mamluk, artinya dimiliki, jadi kita ampunnya (miliknya), maka kita nang mangurusnya. Ada lagi maqsum (yang dibagikan), seperti baju kita ini, maqsum dibagian ini bila kita memakainya, tapi bila dipacul jadi mamluk ngarannya, karena terkadang ada nang memakainya, (misalnya) dijumput orang (diambil maling), jadi orang ampunnya (milik maling), mamluk ngarannya. Kemudian ada rezki mau’ud (yang dijanjikan), rezki mau’ud ini rezki yang dijanjikan, bagi siapa? Yaitu bagi orang yang taqwa, seperti disebutkan didalam al-Qur’an surah Ath-Thalaq (65) : 2-3) :  “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar