Jumat, 21 Juli 2017

KH. DJAMHARI ARSYAD



KH. Djamhari Arsyad bin Arsyad, lahir di Amuntai, Rabu,  12 September 1945 M (bertepatan dengan 4 Syawal 1364 H).  Pendidikan yang pernah ditempuh adalah SR (1959) lalu Normal Islam dan PGAN 4  tahun (1966). Setelah itu melanjutkan ke IAIN hingga memperoleh gelar sarjana (1985).


Karir dimulai ketika diangkat menjadi guru agama pada tingkat SD/MI di HSU (1967-1974), selanjutnya bekerja di Kantor Departemen Agama Kab. HSU sebagai Kepala Sub Seksi MTQ, Hari Besar dan Tamaddun.
Mulai tahun 1982 hijrah ke Banjarmasin karena bertugas sebagai staf pada KUA Kecamatan Alalak (1982-1987) hingga terakhir sebagai Kabid Urusan Agama Islam pada Kanwil Departemen Agama Propinsi Kalsel.
Beliau adalah da’i yang berwawasan luas, hingga termasuk penceramah yang laris dimasanya, dan aktivitas dakwahnya sampai ke kalteng dan kaltim.
Beliau meninggalkan beberapa karya tulis, diantaranya Risalah Amal Ma’rifah: Tinjauan antara suatu Ajaran Tasawuf (1985) dan Menuju Keluarga Sakinah (1995).

Diantara kalam beliau:

“Hemat dalam arti yang luas adalah, bagaimana seseorang dalam bertindak berpikir dan bahkan berbuat secara efektif dan efisien, hingga semua menjadi berguna. Ketika orang punya harta, ketika orang punya kesempatan berkuasa dan bahkan ketika orang mempunyai kesempatan untuk berbicara dan sebagainya. Bagaimana kesempatan itu agar jangan sampai tidak membawa kemanfaatan bagi orang lain”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar