Minggu, 16 Juli 2017

KH. AHMAD NABHAN RASYID



KH. Ahmad Nabhan Rasyid bin KH. Abdurrasyid (Pendiri Ponpes Rakha), lahir di Amuntai, Jum'at, 22 November 1929 M (bertepatan dengan 19 Jumadil Akhir 1348 H). Setelah tamat dari Vervolk School beliau belajar di Ma’had Rasyidiyah. Selanjutnya meneruskan pendidikan ke Pondok Pesantren Modern “Gontor” Ponorogo. Tidak berhenti disana, beliau kemudian kuliah di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Yogyakarta.


Pada masa menjadi mahasiswa beliau aktif dalam keorganisasian yang bersifat keagamaan. Karena wawasan keilmuannya luas, beliau dipercaya menjadi asisten pribadi dari seorang pengarang ternama yaitu Prof. Hasby As-shiddiqi dalam penulisan buku-buku beliau. Pada masa ini pula, beliau pernah menjadi qari terbaik tingkat mahasiswa, sehingga sering diundang mengaji di Istana Wakil Presiden.
Selama di Jawa, beliau menjadi tenaga pengajar di Pondok Pesantren “Gontor” Ponorogo.  Pada tahun 1958 menjadi guru di PGAN Mulawarman Banjarmasin.  Selanjutnya sejak tahun 1959 hingga 1979  diangkat menjadi Kepala PGAN 6 Tahun Amuntai.
Karir selanjutnya, beliau diangkat menjadi Kasi Penais pada kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara (1980-1985).
Sebelum  menjadi Anggota DPRD Tingkat II Hulu Sungai Utara hasil pemilu 1971, beliau terlebih dahulu menjadi Ketua Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai.
KH. Ahmad Nabhan Rasyid meninggal pada tanggal 22 November 2002 M (17 Ramadhan 1423 H). Beliau juga seorang penulis. Kitab yang beliau tulis diantaranya, “Bekal Juru Dakwah dan Pesantren Masa Depan”, “ Guruku Kaum Santri” serta “Kumpulan Khutbah Jum’at dan Hari Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar